Sukses

5 Pemain yang Pernah Jadi Kiper Dadakan

dari bek sampai penyerang pernah jadi kiper dadakan.

Liputan6.com, Jakarta - Penjaga gawang memang merupakan jantung terakhir untuk tim, seorang pemain bisa saja menjadi kiper dadakan untuk menggantikan posisi tersebut. Telah beberapa kali pemain yang posisi tadinya bek, gelandang ataupun penyerang terpaksa menjadi kiper.

Hal itu dikarenakan kiper utama maupun cadangan dari klub mengalami cedera atau terkena kartu merah pada pertandingan. Sedangkan pihak klub sudah tidak bisa memainkan kiper cadangan karena stok pergantian pemain sudah habis.

Aksi gemilang seorang kiper dadakan sempat dialami oleh kapten Chelsea, John Terry pada musim 2006-2007. Saat itu ia harus menggantikan posisi Carlo Cudicini yang harus ditarik keluar lapangan akibat cedera. Sebelumnya, Cudicini masuk untuk menggantikan Petr Cech yang cedera ketika pertandingan baru berjalan beberapa menit karena diterjang penyerang Reading, Stephen Hunt.

Akibat kehabisan jatah pergantian pemain, Manajer saat itu Jose Mourinho, menunjuk bek asal Inggris itu menjadi kiper dadakan. Untungnya pada sisa pertandingan Reading tak mampu mendekati gawang Chelsea. Skor 1-0 pun mampu dipertahankan Chelsea hingga laga usai.

Selain Terry berikut ini daftar pemain sepak bola yang pernah menjadi kiper dadakan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rio Ferdinand

Bek Manchester itu menjadi kiper dadakan di pertandingan Piala FA musim 2007/2008. Ia terpaksa menggantikan posisi Tomasz Kuszczak yang terkena kartu merah di menit ke-76, dan jatah pergantian pemain MU udah habis.

Saat itu Ferdinand langsung berhadapan dengan Sulley Muntari yang siap mengeksekusi penalti. Meski telah bergerak ke arah yang benar, pria asal Inggris itu tetap gagal menghalau penalti keras Muntari. Akibat itu Setan Merah telempar dari babak perempat final Piala FA usai kalah 0-1 dari Portsmouth.

3 dari 6 halaman

Cosmin Moti

Ia menjadi pahlawan kemenangan timnya Ludogorets saat bertemu dengan Steaua Bucharest pada leg kedua babak kualifikasi Liga Champions di Vasil Levski, Sofia. Menjadi kiper dadakan, Moti menggagalkan dua tendangan penalti Steaua sehingga Ludogorets memenangi adu tendangan penalti.

4 dari 6 halaman

Jan Koller

Berposisi sebagai penyerang Koller juga pernah merasakan jadi kiper dadakan ketika Borussia Dortmund bertemu Bayern Muenchen pada November 2002. Pemain asal Republik Ceko itu terpaksa menjadi kiper setelah Jens Lehmann diusir keluar lapangan dan tim telah menggunakan seluruh jatah pergantian pemain.

Borussia Dortmund yang tampil dengan 9 pemain sejak awal babak kedua tetap kalah 1-2 di laga tersebut. Namun aksi Koller di bawah mistar cukup memikat.

5 dari 6 halaman

John O'Shea

Bukan hanya Rio Ferdinand yang pernah menjadi kiper dadakan untuk Manchester United pada musim 2006/2007 kala menyambangi markas Tottenham Hotspur, John O'Shea harus mengisi posisi kiper Edwin van der Sar yang mengalami cedera.

Saat itu Setan Merah sudah melakukan tiga kali pergantian pemain, yang membuat manajer Sir Alex Ferguson tak bisa memasukkan kiper cadangan. Keputusan Fergie tak salah karena bek asal Rep. Irlandia itu berhasil menjaga gawang tak kebobolan.

6 dari 6 halaman

Phil Jagielka

Tak hanya sekali menempati posisi sebagai kiper dadakan Jagielka telah beberapa kali disuruh tim mengisi pos penting itu. Tercatat, sudah tiga kali Jagielka menjadi kiper, yakni saat timnya bertemu Crystal Palace, Millwall dan Plymouth.

Awalnya pria yang berposisi sebagai pemain tengah Sheffield United itu dipaksa menjadi kiper menggantikan Pady Kenny yang dibekap cedera saat berhadapan dengan Arsenal, sedangkan jatah pergantian pemain sudah habis. Jagielka beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang serta membawa Sheffield menang 1-0.

Baca Juga:

"MU Gagal Maju di Bawah Van Gaal"

Arsenal Rayu Bek MU Keluar dari Old Trafford

Prakiraan Susunan Pemain Persib vs Persipura, Panggung Tim Inti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini