Sukses

Warnock Kecam Wasit

Kekecawaan selalu mengiringi setiap kekalahan. Manajer Sheffield United, Neil Warnock pun demikian saat timnya dibekuk Manchester City saat pertarungan Boxing Day (26/12). Namun kekecawaannya bertambah karena tindakan wasit yang tidak profesional.

Kekalahan memang amat menyesakkan. Itulah yang saat ini dirasakan oleh manajer Sheffield United, Neil Warnock. Namun selepas kekalahan yang diderita tim besutannya pada pertandingan terakhir, ada satu kekecewaan yang bertambah di benak Warnock.

Pada pertarungan Boxing Day, 26 Desember, The Blades yang bertindak selaku tuan rumah dibekuk Manchester City dengan skor 1-0. Selepas kekalahan tersebut Warnock mengecam wasit Mark Clattenburg yang memimpin jalannya pertandingan tersebut. Ia mengecam Clattenburg telah bertindak tidak profesional dengan pernyataannya menyangkut pertandingan itu.

Pada pertandingan yang dilangsungkan di Bramall Lane, di babak pertama, The Blades lolos dari hukuman penalti ketika pemainnya, Rob Kozluk menyentuh bola dengan sengaja saat menghadang sundulan pemain The Citizens, Micah Richards tepat sebelum bola melewati garis gawang. Saat itu Clattenburg tidak menyaksikan insiden tersebut sehingga pertarungan terus berlanjut.

Tapi di pertengahan pertandingan Clattenburg mengeluarkan pernyataan heboh. Jika melihat rekaman pertandingan, City seharusnya layak mendapat hadiah penalti atas insiden tersebut. Atas pernyataan tersebut Warnock menjadi geram. Ia menganggap Clattenburg tidak sepantasnya menyatakan hal seperti itu menyangkut hand-ball Kozluk.

“Saya kecewa dengan TV people karena telah mengatakan kepada wasit (Clattenburg) tentang insiden yang semestinya diganjar penalti. Itu semestinya tidak boleh terjadi di lorong menuju kamar ganti saat pertandingan memasuki masa turun minum. Kemudian wasit memberitahukan kepada Kozluk bahwa ia beruntung timnya tidak diganjar penalti, itu sungguh tindakan yang tidak profesional,” geram Warnock, seperti dikutip Sky Sports News.

Warnock mengatakan pernyataan dari seorang pengadil tersebut sungguh tidak pantas. “Saya tidak setuju wasit mengeluarkan pernyataan saat pertandingan belum usai kepada seorang pemain yang dapat mengganggu mentalitasnya dalam melanjutkan permainan. Itu membuat Kozluk menjalani sisa permainan dengan rasa khawatir dan tertekan,” tambahnya.

Selain mengecam pernyataan sang wasit, Warnock juga mengecam tindakan yang dilakukan oleh TV people yang dianggapnya telah memprovokasi wasit. Setiap keputusan yang telah terjadi seharusnya tidak perlu disesali dengan ‘menyerang’ mental pemain. Pun keputusan yang salah dari wasit seharusnya dievaluasinya sendiri dan tidak ditimpakan kepada orang lain.

Manajer City, Stuart Pearce juga membenarkan telah menerima pernyataan demikian dari sang wasit. “Saya diberitahukan oleh wasit setelah babak pertama usai kalau salah satu pemain lawan telah melakukan hand-ball sebelum bola melewati garis gawang. Kesalahan wasit adalah hal yang normal. Kami menerima jika ia berbuat kesalahan dan biarkan hal itu menjadi tanggung jawabnya tanpa membebani kami. Pernyataan itu tidak akan mengubah hasil pertandingan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.