Sukses

Indonesia Masuk Grup “Neraka”

Bertempat di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Selasa, 19 Desember 2006, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) melangsungkan undian grup Piala Asia 2007 yang rencananya akan dilangsungkan di empat negara, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, 7-29 Juli 2007. Indonesia mendapat kehormatan sebagai penyelenggara acara puncak atau babak final yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, 29 Juli 2007.

Dalam acara undian yang dipimpin Sekjen AFC Dato Peter Velappan, keempat tim (negara) penyelenggara mendapat kesempatan pertama. Thailand menjadi tim pertama yang muncul dan tergabung dalam Grup A, Vietnam Grup B, Malaysia Grup C, dan Indonesia Grup D.

Sebelumnya, Paniita Penyelenggara Asian Cup 2007 telah mengkonfirmasikan bahwa keberadaan Saudi Arabia, terkait alasan diplomatik, tidak akan tergabung dalam grup dimana Thailand berada.

Hal itu sekaligus menutup kemungkinan Saudi Arabia bergabung bersama Vietnam (Grup B). Sebab, sesuai skedul, runner-up Grup B akan memainkan partai babak perempat final di Bangkok, Thailand. Karena itu, pilihan bagi Saudi Arabia hanyalah bergabung dengan Malaysia atau Indonesia. Akhirnya Saudi Arabia masuk dalam Grup D.

Pertandingan pertama di Grup A antara tuan rumah Thailand dan Irak akan menandai pembukaan turnamen ini yang akan digelar pada 7 Juli 2007, bertempat di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok yang berkapasitas 60 ribu penonton.

Sementara itu, tim favorit juara, Australia, yang juga tergabung dalam Grup akan memainkan partai perdananya melawan Oman di tempat yang sama, 8 Juli 2007. Pertandingan pertama di Grup D akan mempertandingkan big-macth antara tim unggulan Republik Korea dengan Saudi Arabia, juara tiga kali Piala Asia (1984, 1988, dan 1986). Masing-masing juara dan runner-up grup berhak maju ke babak perempat final.

Berikut hasil lengkap pembagian grup Piala Asia 2007.
Grup A: Thailand, Australia, Oman, Irak.
Grup B: Vietnam, Jepang, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA)
Grup C: Malaysia, Iran, Uzbekistan, China
Grup D: Indonesia, Republik Korea, Saudi Arabia, Bahrain