Sukses

Gol Telat Eriksen Selamatkan Muka Spurs

Hasil ini sementara tak merubah posisi Spurs di peringkat ke-6 dengan 60 poin.

Liputan6.com, West Bromwich: Gol telat Christian Eriksen berhasil menyelamatkan muka Tottenham Hotspur saat tandang ke markas West Bromwich Albion, Stadion The Hawthorns dalam lanjutan Liga Premier, Sabtu (12/4/2014). Pasalnya, gol itu membuat kedudukan imbang 3-3.

Pada laga yang masuk pekan ke-34 itu, Spurs tertinggal tiga gol lebih dulu akibat gol Mateja Vydra, Chris Brunt, dan Stephane Sessegnon di babak pertama. Sementara ketiga gol balasan Spurs diciptakan melalui bunuh diri Jonas Olsson, tandukan Harry Kane, dan sepakan Christian Eriksen.

Pada pertandingan ini, Spurs menggunakan skema yang tak biasa yakni formasi 4-4-2, dengan duat Emmanuel Adebayor dan Harry Kane di lini depan. Sementara, West Brom mengandalkan duet Matej Vydra da Stephane Sessegnon dalam skema yang sama.

Peruibahan skema tersebut melahirkan blunder lini pertahanan yang harus dibayar mahal. Pertandingan belum berjalan semenit, tuan rumah berhasil menjebol jala Hugo Lloris. Amalfitano mengirimkan umpan silang datar dan disambut sontekan Matej Vydra. 1-0 WBA memimpin.

Empat menit kemudian, lini belakang Spurs kembali membaut blunder yang berbuah gol bagi WBA. Bola sapuan bek Spurs jatuh di kaki Chris Brunt dan disambut oleh tembakan first time keras ke pojok kiri gawang. 2-0 WBA unggul.

Pada menit ke-16, Spurs mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Reid terhadap Danny Rose. Adebayor yang maju sebagai algojo, gagal memperkecil ketertinggalan karena sepakannya terlalu lemah dan mudah diantisipasi kiper Ben Foster.

Pada menit ke-31, WBA mampu memperbesar keunggulan melalui serangan balik cepat. Sessegnon berhasil menang adu fisik Chriches yang kemudian menaklukkan kiper Lloris dalam situasi satu lawan satu.

Spurs baru dapat memperkecil ketertinggalannya di menit ke-34. Lennon bermaksud mengirimkan umpan silang datar ke dalam kotak penalti, lalu Olsson melakukan sliding untuk membuang bola. Akan tetapi bola justru masuk ke dalam gawang sendiri. Skor berubah menjadi 3-1 dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Spurs berupaya meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar defisit dua gol. Mereka memfokuskan serangan melalui sayap. Danny Rose melepas tembakan jarak jauh di menit ke-52. Namun, bola mampu ditepis kiper Ben Foster.

Terus menyerang, gol yang ditunggu Spurs akhirnya hadir di menit ke-70. Aaron Lennon mengirim umpan silang dari sisi kiri pertahanan WBA, Harry Kane yang tak terkawal menyundul bola ke pojok kiri gawang. Skor berubah menjadi 3-2.

Sherwood melakukan usaha menambah tajam lini penyerangan timnya dengan memasukkan Gylfi Sigurdsson pada menit ke-78 menggantikan Nacer Chadli. Masuknya pemain asal Islandia itu membuat pola serangan Spurs dari sisi sayap menjadi lebih tajam. Babak kedua  mutlak menjadi milik Spurs dengan penguasaan bola mencapai 69 persen.

Gol penyama kedudukan Spurs akhirnya tercipta di masa perpanjangan waktu. Christian Eriksen menahan bola dan kemudian melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang melewati tiga pemain bertahan WBA. Skor 3-3 bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil ini sementara tak merubah posisi Spurs di peringkat ke-6 dengan 60 poin. Sementara WBA berada di posisi ke-16 dengan 33 poin.

Susunan Pemain:

West Bromwich Albion: Foster; Reid, McAuley, Olsson, Ridgewell; Amalfitano, Mulumbu, Brunt, Dorrans; Sessegnon; Vydra.

Tottenham Hotspur:  Lloris; Naughton, Chiriches, Kaboul, Rose; Lennon, Chadli, Paulinho, Eriksen; Adebayor, Kane

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.