Sukses

Kisah Messi: Rival Abadi Cristiano Ronaldo [5-Habis]

Persaingan keduanya meliputi level pribadi, klub, hingga Tim Nasional masing-masing.

Liputan6.com, Barcelona: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua pemain terbaik dari generasi saat ini. Persaingan keduanya meliputi level pribadi, klub, hingga Tim Nasional masing-masing.

Messi dan Ronaldo merupakan ikon dua raksasa sepakbola dunia, Barcelona dan Real Madrid. Perbandingan keduanya sering dilakukan sebagai bentuk lain pertempuran antara kedua klub tersebut.

Selama bertahun-tahun, Messi dan Ronaldo bersaing secara intens untuk menentukan siapa yang terbaik. Mulai dari level La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Eropa hingga Piala Dunia.

Ada kalanya Messi menang, dan ada kalanya Ronaldo yang berjaya. Intinya, keduanya bersaing secara sehat.



Saling Memuji

Meski rivalitas itu terlihat jelas, Messi selalu berusaha meredam perbandingan dirinya dan Ronaldo. Pemain asal Argentina itu bahkan tak segan memuji rivalnya tersebut.

"Aku pikir Ronaldo orang yang baik. Dia pemain bagus, yang memberikan banyak hal untuk Madrid, dan ia dapat menentukan pertandingan," puji Messi seperti dilansir Time.

"Tidak ada rivalitas antara kami. Aku tidak pernah membandingkan diriku dengan pemain lain. Mentalitasku adalah untuk lebih baik setiap tahun dan untuk tumbuh baik sebagai individu dan sebagai sebuah tim, dan jika Ronaldo tidak ada, aku tetap melakukan hal yang sama," kata Messi.



Setali tiga uang, Ronaldo juga kurang suka dibandingkan dengan Messi. Namun, pemain asal Portugal itu tak membantah bahwa bersaing dengan Messi memaksa ia meningkatkan level permainannya.

"Anda tidak bisa membandingkan Ferrari dengan Porsche karena mesinnya berbeda. Messi melakukan hal-hal terbaik untuk Barcelona, dan aku juga begitu untuk Madrid," kata Ronaldo kepada CNN.

"Aku pikir kami mendorong satu sama lain dalam kompetisi, itulah mengapa kompetisi berada di level tertinggi. Itulah sebabnya mengapa Madrid dan Barcelona adalah tim terbaik di dunia, karena semua pemain mendorong diri mereka, bukan hanya aku dan Messi."

"Tapi siapa yang benar-benar layak diakui sebagai pemain paling berbakat di planet ini? Melihat setiap aspek dari permainan masing-masing, sebenarnya sulit dinilai karena kemampuan kami tak jauh berbeda."



Terakhir, keduanya kembali bersaing soal rekor gol di Liga Champions. Ronaldo sukses menyamai rekor gol Messi dalam semusim. Itu berkat satu golnya ke gawang Roman Weidenfeller setelah Real Madrid menang 3-0 atas Borussia Dortmund pada leg pertama perempat final di Santiago Bernabeu, Kamis (3/4/2014) dinihari WIB.

Gol itu merupakan yang ke-14 bagi Ronaldo di Liga Champions musim ini, sama dengan yang dibukukan Messi untuk Barca pada dua musim lalu. Namun, Ronaldo melakukannya dalam delapan pertandingan, sementara Messi 11 laga.

Dengan demikian, Ronaldo mencetak satu gol setiap 50,71 menit. Ini menjadi rasio tertinggi sepanjang sejarah pergelaran Liga Champions.



Baca Juga
Kisah Messi: Cinta Bersemi di Hari Natal [4]
Kisah Messi: Murid Ronaldinho yang Jadi Raja Dunia [3]
Kisah Messi: Bocah Cengeng yang Mencuri Hati Rijkaard [2]
Kisah Messi: Suntik Hormon Hingga Kontrak di Atas Serbet [1]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini