Sukses

Satu Sikap yang Pasti Bikin Anda Gagal

Pintu kesuksesan senantiasa terbuka lebar bagi siapapun yang tak pernah lelah mencoba dan mau bekerja keras.

Pintu kesuksesan senantiasa terbuka lebar bagi siapapun yang tak pernah lelah mencoba dan mau bekerja keras. Akan tetapi terdapat satu sikap yang sudah pasti membuat Anda gagal, baik dalam berbisnis maupun berkarir.

Seperti dikutip dari Inc.com, Senin (10/2/2014), Direktur Pelaksana DFJ Growth, perusahaan investasi, Barry Schuler mengatakan, takut mencoba merupakan sikap yang menjadi penentu kegagalan seseorang. Dia menyebutnya sebagai Auto-Preemption Syndrome (APS).

APS merupakan gejala di mana Anda meyakinkan diri sendiri bahwa suatu hal mustahil untuk berhasil. Selain itu, Anda juga menjamin adanya kegagalan tanpa pernah mencoba sedikit pun.

Mantan CEO American Online Inc. ini menjelaskan, orang-orang yang tidak pernah mau mencoba akan menggiring dirinya pada kegagalan. Orang-orang tersebut juga cenderung memiliki sifat keras kepala dan tidak mau menerima pendapat orang lain.

APS menyebabkan otak membeku. Itu lantaran banyak orang merasa tak perlu repot-repot mencoba pada sesuatu yang diyakininya akan gagal.

Sementara calon pengusaha yang memiliki sifat tersebut akan takut mencoba rencana bisnis apapun karena yakin tak ada seorang pun yang mau mendanainya.

Perlu disadari, kesuksesan berkarir maupun berbisnis tergantung pada kemauan Anda untuk terus berusaha dan bukan justru menghindarinya. Kadang, melihat banyak orang gagal melakukan suatu usaha, mereka yang memiliki gejala APS langsung menolak untuk mencobanya.

Kunci untuk keluar dari karakter negatif tersebut adalah dengan percaya pada kemampuan, keahlian dan semua upaya yang telah dikerahkan. Pikiran Anda kadang juga berperan sebagai salah satu faktor kesuksesan. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.