Sukses

Steve Cohen, Miliarder yang Abadikan Hiu Raksasa di Rumahnya

Miliarder Steve Cohen yang tak segan-segan mengeluarkan dana Rp 1,68 triliun untuk seekor hiu yang diawetkan dari seorang seniman.

Memiliki harta bergelimang membuat banyak orang kaya seolah bisa memperoleh apapun yang diinginkannya dengan mudah. Miliarder Steve Cohen yang tak segan-segan mengeluarkan dana sebesar US$ 137,5 juta atau Rp 1,68 triliun (kurs: Rp 12.213 per dolar AS) untuk bisa membeli seekor hiu raksasa yang diawetkan dari seniman ternama, Damien Hirst.

Seleranya memang tidak buruk. Dia telah menjelajahi berbagai pameran dan galeri seni untuk memburu berbagai karya terbaik dunia selama 20 tahun terakhir.

Dengan total harta sebanyak US$ 9,4 miliar atau Rp 114,8 triliun, koleksinya tak sembarangan. Semua karya seni yang dibelinya selalu merupakan buah tangan para seniman ternama. Dia bahkan disebut-sebut telah membeli lukisan termahal kedua di dunia dari sebuah rumah lelang di Amerika Serikat (AS).

Namun sayang, hingga akhir 2013, Cohen tercatat lebih sering menjual koleksinya dibandingkan membeli seperti yang telah dilakukannya selama bertahun-tahun. Meski demikian, ikan raksasa tersebut masih bertengger sebagai salah satu koleksinya.

Lantas siapa miliarder dunia yang hobi mengkoleksi karya seni ini? Mengapa dia memilih membeli hiu tersebut? Berikut kisahnya seperti dikutip dari The Guardian, Forbes, Financial Times dan Business Insider, Jumat (31/1/2014):



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sekilas tentang Steven Cohen

Seteven Cohen merupakan salah satu miliarder terkaya di dunia dan menyandang peringkat ke-41 di Amerika Serikat (AS). Pria berusia 58 tahun ini meraup banyak harta dari perusahaan yang didirikannya, SAC Capital Advisors.

Pria yang memiliki tujuh anak ini merupakan penduduk asli AS yang lahir pada 11 Juni 1956 dan mencetak kekayaannya dari bisnis pakaian. Sebelumnya dia bekerja sebagai guru piano.

Ketertarikannya di bidang keuangan dimulai saat dia tengah menyenangi permainan poker. Dalam berbagai turnamen poker yang diikutinya, dia sering sekali mempertaruhkan uangnya. Permainan itu mengajarkan dia untuk mengambil risiko.

Disamping keahliannya mengelola keuangan, dia juga terkenal karena proses perceraiannya yang super mahal hingga US$ 14,8 juta atau Rp 180,75 miliar. Jumlah itu tentu tak banyak jika dibandingkan dengan total kekayaannya yang mencapai US$ 9,4 miliar atau Rp 114,8 triliun.




Cohen terkenal sebagai kolektor karya seni

3 dari 5 halaman

Pengusaha di bidang investsasi ini juga terkenal memiliki hobi untuk mengkoleksi berbagai karya seni. Dia tercatat telah membeli berbagai karya seni dengan harga tinggi selama 20 tahun terakhir.

Tak hanya terkenal sebagai pemburu dan pembeli, dia juga populer sebagai penjual karya seni. Hingga akhir 2013, sebagian karya seni miliknya telah berhasil jatuh ke kolektor lain dalam berbagai lelang yang digelarnya. Banyak yang mengira, aksi Cohen menjual koleksinya tersebut sebagai salah satu bentuk penggalangan dana untuk membayar utang-utang yang dimilikinya.

Koleksinya sangat banyak mulai dari lukisan hingga patung-patung antik. Tak sembarangan, berbagai karya seni yang dimiliki Cohen merupakan milik seniman-seniman ternama seperti rice Marden, Rudolf Stingel dan Cy Twombly. Bicara soal harga, Cohen telah mengeluarkan dana hingga ratusan miliar rupiah untuk memperoleh seluruh koleksinya.





 Salah satu koleksinya adalah hiu raksasa

4 dari 5 halaman


Sebagai seorang pengusaha dengan total kekayaan mencapai Rp 114,8 triliun, tampaknya Cohen bisa memperoleh apapun yang dia inginkan. Buktinya dengan mudah Cohen bisa memiliki hiu raksasa seharga US$ 137,5 juta atau Rp 1,68 triliun.

Ikan raksasa tersebut disimpan di diawetkan dengan menggunakan senyawa kimia berbentuk gas Formaldehida. Harga tersebut termasuk murah karena sebelumnya hiu tersebut sempat mengalami kerusakan serius.

Namun berkat keahlian seniman, Damien Hirst, ikan tersebut tampil sangat baik. Saat ini, hiu tersebut masih menjadi salah satu koleksi seni mahal milik Cohen.






Beli lukisan termahal kedua di dunia

5 dari 5 halaman

Selera seni Cohen memang telah teruji dengan baik. Terbukti dengan hartanya yang melimpah dia tak segan-segan membeli lukisan de Kooning's Woman III dari sebuah rumah lelang.

Lukisan tersebut tercatat sebagai karya seni termahal kedua di dunia yang berhasil terjual dari rumah lelang. Namun sayang, pada 2013 Cohen terlihat semakin aktif menjual berbagai koleksi karya seninya.

Dia menjual tiga karya besar di rumah lelang Sotheby. Ketiga karya tersebut termasuk sebuah lukisan abstrak karya Gerhard Ricther dan dua lukisan mahal lain. Total lukisan yang dijualnya saja telah mencapai ratusan miliar rupiah. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.