Sukses

Sosok Gita di Mata Karyawan Kementerian Perdagangan

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan telah secara resmi mundur dari jabatannya. Lalu apa kata kalangan di Kementerian Perdagangan soal dirinya?

Gita Wirjawan telah secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Perdagangan. Sejumlah kalangan di Kementerian Perdagangan pun memiliki kesan tersendiri terhadap Gita Wirjawan selama menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi menyampaikan, kesannya selama kepemimpinan pendiri perusahaan Ancora Capital tersebut. Dia menilai, kinerja Gita sebagai Menteri Perdagangan sangat baik, terbukti dengan dikeluarkannya beberapa peraturan dan kesuksesan dari penyelenggaraan pertemuan penting dunia seperti WTO.

"Saya kira sangat baik, ada beberapa kebijakan yang dihasilkan seperti WTO, Permendag, kebijakan fundamental dilihat dari kepentingan rakyat," ujar Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2014).

Selain komentar dari orang nomor 2 di Kemendag, seorang satpam yang bekerja di kementerian tersebut, bernama Apriyanto juga menyampaikan kesannya mengenai Gita. Menurut Apriyanto, mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tersebut merupakan orang perfeksionis.

Salah satu contohnya mengenai renovasi bagian gedung Kemendag yang sudah ditargetkan selesai satu bulan namun molor hingga tidak dapat selesai sesuai target, maka biasanya langsung melakukan teguran.

"Pak Gita itu suka sidak-sidak keliling sini, ini misalnya kalau bangunan diminta selesai dalam satu bulan, tidak selesai bisa-bisa ditegur," kata Apriyanto.

Namun selain itu, diakui Apriyanto, Gita juga sering memberikan hadiah kepada bawahannya. "Sering nyapa, untuk urusan ngasih bingkisan itu diserahkan Kasubag kita, tapi kita sering dikasih," tandasnya.

Adapun keputusan Gita Wirjawan mundur dari jabatannya,  lantaran dirinya ingin berkonsentrasi pada konvensi calon presiden dari Partai Demokrat. (Dny/Ahm)


Baca juga:

Gita Wirjawan Resmi Mundur dari Menteri Perdagangan

Gita Wirjawan Mundur Bukan Karena Beras Ilegal asal Vietnam

Mundur dari Mendag, Gita Wirjawan: Ini Langkah Terbaik


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.