Sukses

Diikuti 1,2 Juta Orang, Pemerintah Cuma Jaring 218 Ribu CPNS K2

Banyak orang rela menjadi tenaga honorer selama belasan bahkan puluhan tahun. Harapannya hanya satu yaitu suatu saat diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Gaji yang cukup dan jaminan di hari tua menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal itu membuat jumlah tenaga honorer kategori 2 (K2) mengikuti seleksi CPNS membludak.

Dari lowongan yang dibuka sebanyak 218 ribu, ternyata jumlah peserta tes CPNS K2 mencapai 1.213.649 orang. Para peserta tes itu yang meliputi tenaga teknis/administratif, tenaga pendidik dan tenaga penyuluh atau kesehatan.

"Itu jumlah peserta tes yang mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB)," jelas Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB  Herman Suryatman saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (28/1/2014).

Herman menyebutkan, para peserta tes tersebut berasal dari 555 instansi pemerintah yang terdiiri dari 39 instansi pemerintah pusat, 32 pemerintah provinsi serta 484 kabupaten/kota.

Berbeda dengan tes CPNS dari pelamar umum, untuk honorer pesertanya diusulkan instansi terkait dan memenuhi syarat tertentu.

"Rata-rata yang ikut tes itu yang memiliki Surat Keputusan (SK) Penempatan sejak 2005. Meski SK-nya baru didapat 2005, tapi ada yang udah jadi pegawai honorer sejak 1990-an," terang dia.

Herman menjelaskan pihaknya berencana mengumumkan hasil tes CPNS K2 pada 4 Februari 2014. Pengumuman tersebut mundur dari jadwal yang sebelumnya direncanakan pada akhir Januari 2014. (Ndw)

Baca Juga:


Alasan Mundurnya Pengumuman CPNS K2 untuk Tenaga Honorer

Pengumuman CPNS K2 untuk Tenaga Honorer Mundur Jadi 4 Februari


Wawancara Khusus Menteri PAN-RB: Jadi PNS Nggak Perlu Nyogok!

RI Contek Sistem Birokrasi dari 4 Negara

Kriteria PNS Ideal versi Menteri PAN-RB

[VIDEO] Wawancara Menteri PAN-RB: PNS Jangan Persulit Birokrasi

Maret, Pemerintah Buka Lowongan 100 Ribu CPNS