Sukses

Bisnis Penerbangan Belum Terganggu Cuaca Buruk

Kondisi cuaca yang buruk beberapa hari belakangan ini masih belum mengganggu penerbangan di Indonesia.

Kondisi cuaca yang buruk beberapa hari belakangan ini masih belum mengganggu penerbangan di Indonesia. Kondisi cuaca dengan hujan yang turun hampir setiap saat dinilai masih cukup aman bagi maskapai untuk menerbangkan pesawatnya.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Carriers Air Assosiation (INACA) Arif Wibowo mengatakan, sejauh ini kondisi cuaca masih belum memberikan pengaruh besar terhadap penerbangan di Indonesia.

"Kalau sejauh ini belum ada masalah apa-apa, semuanya masih normal. Penerbangan masih belum terganggu," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Kamis (16/1/2014).

Menurut Arif, kondisi cuaca yang belum terlalu ekstrem dan banjir di Ibukota yang belum menyebabkan banyak jalan lumpuh membuat penerbangan dari dan menuju Jakarta tidak terganggu.

"Ini karena cuacanya juga belum begitu ekstrem dan banjir juga masih belum parah. Kalau dulu ketika hujan dan banjir beberapa kali terjadi delay karena crew pesawat terlambat sampai bandara karena banjir ini. Penumpang juga banyak yang tertinggal pesawat karena banjir, tapi kalau sekarang belum ada," lanjutnya.

Dia juga mengatakan, untuk mengatasi kondisi cuaca seperti saat ini, setiap maskapai penerbangan telah memiliki prosedur tertentu agar penerbangannya tidak terganggu.

"Kan ada prosedurnya, yang baku dan standar. Kalau memang cuaca sangat ekstrem mereka harus bagaimana, itu sudah ada standarnya. Jadi para penumpang tidak perlu khawatir," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini