Sukses

Benarkah Jadi PNS Bikin Hidup Terjamin?

Ribuan bahkan jutaan orang rela menyita waktu, tenaga dan pikiran untuk memperebutkan kursi abdi negara meskipun jumlahnya sangat terbatas.

Siapa yang tak ingin menyandang status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Terbukti, ratusan ribu bahkan jutaan orang rela menyita waktu, tenaga dan pikiran untuk memperebutkan kursi abdi negara meskipun jumlah yang diterima sangat terbatas setiap tahunnya.

Fenomena ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Sah-sah saja memang, karena banyak orang menganggap bekerja sebagai PNS dapat memberikan kesejahteraan dan menjamin hidup seseorang hingga tua nanti.

Lalu apa tanggapan pemerintah mendengar anggapan yang sudah mengakar dalam benak masyarakat tersebut?

Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsa Atmaja mengakui bahwa menjadi PNS tidak melulu enak seperti anggapan masyarakat.

"Tidak juga (enak). Penghasilannya cuma segitu dan remunerasi berfluktuasi tergantung prestasi dia (PNS)," ungkap dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Rabu (25/12/2013).  

Soal pendapatan, kata Setiawan, seorang pegawai negeri lulusan sarjana (fresh graduate) menerima gaji sekitar Rp 3 juta per bulan. Sedangkan tunjangan sekitar Rp 1,8 juta per bulan.

"Kalau saya bekerja di perusahaan swasta dengan pengalaman kerja 25 tahun, mungkin saya sudah tidak mikir apa-apa. Tapi di sini (PNS) tidak terlalu tinggi (penghasilan). Pasti ada plus minusnya," jelasnya.

Meski begitu, dia mengakui, PNS merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat dalam memperoleh pekerjaan, terutama di daerah.

"Bagi sebagian besar orang, PNS masih memiliki daya tarik karena di beberapa daerah alternatif pekerjaan sangat kurang. Beda dengan Jakarta dengan tawaran gaji di atas PNS banyak sekali," terang Setiawan.(Fik/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013


Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

Pertanyaan-pertanyaan Terhadap Hasil Pengumuman CPNS 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.