Sukses

Obama Tandatangani Kesepakatan Anggaran, PNS Kerja Lagi

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menandatangani kesepakatan Kongres pada menit terakhir Kamis pagi untuk mencegah gagal bayar utang dan membuka kembali operasional pemerintah setelah dua minggu shutdown.

The Office of Management and Budget mengatakan, pegawai pemerintah yang sebelumnya cuti harus melaporkan bekerja pada Kamis pagi. Direktur The Office of Management and Budget, Sylvia Mathews Burwell menuturkan, pegawai federal Amerika diharapkan untuk kembali bekerja pada Kamis pagi. Para pemimpin Kongres mulai menunjuk negosiator anggaran untuk menemukan solusi anggaran jangka panjang.

"Saya ingin berterima kasih kepada pemimpin kedua partai hingga mencapai ke titik ini. Kami akan segera kembali mulai membuka pemerintah, dan mengangkat ketidakpastian dan kegelisahan bisnis dan orang Amerika Serikat," tutur Obama, mengutip dari CNBC, Kamis (17/10/2013).

US House of Representatives melakukan voting pada Rabu malam. 285 anggota memilih mendukung rancangan undang-undang dan 144 menentangnya. Senat pun melewati voting 81-18.

Menteri Keuangan Amerika Serikat, Jack Lew juga senang dengan kesepakatan itu. "Kami menyambut aksi bipartisan Kongres untuk menyelesaikan krisis ini. "Pada saat yang sama kami tetap berkomitmen untuk mencapai kesepakatan pada paket fiskal yang seimbang sehingga menciptakan lapangan kerja, menumbuhkan perekonomian dan menempatkan kita pada jalan yang menuju keberlanjutan fiskal jangka panjang," ujar Jack. (Ahm)