Sukses

Cara PNS di AS Bertahan Hidup Tanpa Gaji Karena Shutdown

Sebanyak 800 ribu pekerja pemerintah alias PNS di Amerika Serikat sejak 1 Oktober 2013 diberhentikan sementara dan tidak digaji karena pemerintahan lumpuh akibat tak punya anggaran. (Baca Juga: Kronologi Detik-detik Tutupnya Pemerintah Amerika Serikat)

Seperti dilaporkan media AS, sejumlah pegawai tersebut mengalami stres yang tinggi terlebih yang sudah punya kelurga. Mereka harus bertahan hidup walau gaji tidak turun.

Beberapa pegawai pemerintah Amerika Serikat yang dirumahkan memiliki cara-cara tertentu untuk mendapatkan penghasilan mulai dari menjual barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi, menjual gaun malam yang berharga mahal, dan menawarkan diri untuk membantu pekerjaan di tempat lain.

Akan tetap sebagian besar pegawai pemerintah Amerika Serikat itu memilih situs iklan untuk menjual beberapa barang-barang miliknya.

Begini cara yang dilakukan pegawai pemerintah Amerika untuk mendapatkan uang seperti dikutip dari CNBC, Minggu (6/10/2013):
2 dari 6 halaman


Mekayla Coleman: Jual kebutuhan bayinya

Mekayla Coleman, salah satu pegawai pemerintah Amerika Serikat yang cuti, memilih tak berdiam diri. Dirinya sangat membutuhkan dana tunai.

Untuk mendapatkan dana, pegawai yang bekerja di Departemen Pertahanan Divisi Teknologi Informasi, beralih ke situs iklan craighlist dengan menjual beberapa kebutuhan bayi yang tidak dibutuhkannya.

"Harga dapat negosiasi, tetapi tolong ini untuk penawaran yang serius. Saya membutuhkan uang, hal itu tertulis di dalam daftar iklan Coleman. Setiap barang yang diiklankan harganya mencapai US$ 300," demikian mengutip CNBC, Minggu (6/10/2013).

Coleman membutuhkan dana karena baru-baru ini ia telah mengeluarkan tabungannya untuk membeli rumah. Coleman tidak menabung untuk menghadapi sebagian penghentian operasional sementara pemerintah (shutdown) Amerika Serikat.

"Ini tidak begitu baik. Suami saya bekerja, tetapi saya juga harus menghasilkan uang agar dapat bertahan," ujar Coleman.
3 dari 6 halaman


Richard: Jual 5 Set Drum Yamaha

Sementara Richard, salah satu kontraktor pemerintah federal mendapatkan dana US$ 1.200 dari hasil penjualan lima set drum Yamaha. Saat ini dia berharap dapat dana US$ 500 dari iklannya di Craiglist.

Richard semakin gugup dengan keadaan bahwa ia tidak mendapatkan gaji. Ia mengaku tidak siap dengan kondisi shutdown ini.

"Jika hal ini berlangsung terlalu lama lagi. Saya harus meninggalkan industri. Saya sudah bekerja di industri ini selama 25 tahun. Ini sangat menegangkan. Saya telah menjalani operasi jantung pada 2008, dan kondisi stres ini tidak baik untuk saya," kata Richard.

Untuk mendapatkan penghasilan, Richard juga beralih ke survei online. Ia dan istrinya telah memotong pengeluarannya. "Biasanya kami pergi bersenang-senang dalam satu minggu. Sekarang kami berhenti melakukannya. Kami menghitung setiap sen, dan menjelajahi kupon seperti orang gila. Kami juga harus memotong kembali untuk setiap tagihan," tutur Richard.
4 dari 6 halaman


Natalie S: Jual papan setrika, sepatu, selimut

Akibat shutdown, pegawai pemerintah Amerika Serikat pun bertanya-tanya. Kapan shutdown ini akan selesai. Mereka harus bertahan dan memutar otak untuk mendapatkan dana tunai.

Pegawai tersebut salah satunya, Natalie S, yang telah bekerja untuk pemerintah sejak enam tahun lalu. Ketidakpastian tentang durasi shutdown telah membuat dirinya tertekan.

"Saya menjadi suka cemas. Saya tidak tahu apakah ini selama beberapa minggu atau beberapa bulan," tutur Natalie.

Untuk menghadapi ketidakpastian terutama keuangan dan kegiatan, Natalie pun beralih ke Craiglist. Ia membongkar rak buku dengan buku-buku, papan seterika, sepatu hujan, selimut, dan tanda membaca untuk dijual.

"Saya masih memiliki cadangan dana setidaknya satu bulan. Orangtua saya telah menelpon dan mengatakan senang untuk meminjamkan uang," kata Natalie.
5 dari 6 halaman


Lisa Braswell: Jual Gaun Malam

Sejak cuti, PNS yang bekerja sebagai analis manajemen National Institutes of Health, Lisa Braswell mengatakan, diringa telah mendaftarkan 28 barang di eBay. Sebagian besar barang itu merupakan gaun malam high-end dengan nilai sekitar US$ 15 ribu-US$ 20 ribu.

"Satu atau dua minggu, saya mungkin tidak akan berpikir tentang uang. Akan tetapi jadi pertanyaan, saya tidak tahu kapan itu berakhir terutama dengan musim liburan datang," kata Lisa.

Lisa yang bekerja selama lima tahun sebagai pegawai pemerintah mengharapkan negosiasi di Washington DC tidak berakhir dengan shutdown. Akan tetapi sebagian besar rekan kerjanya mengharapkan shutdown.
6 dari 6 halaman


Jadi Tenaga Service Rumah Tangga

Banyak pegawai pemerintah yang menjual barang lewat situs seperti Craiglist dan eBay untuk menjual tiket olah raga, pakaian rancangan designer, dan lebih banyak lagi.

PNS yang sedang menganggur itu juga banyak melamar ke salah satu lembaga seperti TaskRabbit. Lembaga ini memungkinkan orang untuk melakukan tugas rumah tangga dan tugas lainnya dengan imbalan uang.

"Beberapa pegawai pemerintah telah melamar, dan siap untuk menjalankan tugas. Latar belakang mereka bervariasi," ujar Senior Manajer Pemasaran Task Rabbit, Johnny Brackett.

Johnny menuturkan, aplikasi yang masuk ke TaskRabbit pada pekan ini meningkat. Aplikasi dapat masuk lebih dari 13 ribu dalam satu hari. "Saat ini total yang aktif di TaskRabbits mencapai 15 ribu dari 15 pasar kami," tutur Brackett. (Amh/Igw)