Sukses

Mendag dan Menlu Pimpin APEC Ministerial Meeting

APEC Ministerial Meeting digelar sebagai persiapan akhir sebelum para pemimpin ekonomi APEC menggelar APEC Economic Leaders Meeting.

Menteri Pedagangan (Mendag) Gita Wirjawan dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa selama 2 hari, Jumat dan Sabtu (4-5 Oktober 2013) ini dijadwalkan bersama-sama memimpin APEC Ministerial Meeting (AMM).

Agenda ini digelar sebagai persiapan akhir sebelum para pemimpin ekonomi APEC menggelar perhelatan puncak APEC atau APEC Economic Leaders Meeting (AELM).

Dalam AMM ini, Ketua Pejabat Senior APEC atau SOM Chair yang pada tahun ini dijabat Direktur Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Thamrin akan melaporkan kemajuan yang dicapai sepanjang 2013 beserta rekomendasi untuk lebih mendorong kerjasama APEC menuju Bogor Goals 2020.

Menurut Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Imam Pambagyo, AMM ini merupakan satu-satunya pertemuan menteri pedagangan terpenting yang masih tersisa tahun ini sebelum penyelenggaraan KTM WTO ke-9.

Indonesia sendiri berkepentingan agar KTM WTO nanti bisa menelurkan paket kesepakatan yang meskipun kecil namun kredibel untuk menumbuhkan kembali kepercayaan dunia terhadap WTO dan sistem perdagangan multirateral yang dikawalnya.

"Sudah 11 tahun WTO menggulirkan Putaran Perundingan Doha untuk menyempurnakan berbagai perjanjian dan kesepahaman agar lebih tanggap terhadap kapasitas negara berkembang yang masih terbatas untuk memenuhi komitmennya," ujar Imam melalui keterangan persnya di Jakarta, seperti ditulis Jumat (4/9/2013).

Di sela-sela AMM ini, Mendag dijadwalkan juga akan melakukan beberapa pertemuan bilateral antara lain dengan USTR (Amerika Serikat), Menteri Perdagangan dan Investasi Australia, Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia, dan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea.

Selain itu, Mendag juga dijadwalkan untuk berbicara dalam kegiatan paralel seperti APEC Youth Summit, Pre-CEO Summit Conference on Invest Indonesia dan APEC CEO Summit. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.