Sukses

Pameran UMKM di 4 Kota Sedot 273 Ribu Pengunjung

Empat daerah yakni Mataram, Pontianak, Palembang dan Cirebon menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran produk dalam negeri 2013.

Empat daerah yakni Mataram, Pontianak, Palembang dan Cirebon menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran produk dalam negeri 2013.

Pameran  keempat daerah ini berhasil mendatangkan 273 ribu pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,5 miliar.

"Dari empat kota yang ada, bisa terkumpulkan 273 ribu pengunjung. Semua pengunjung datang secara antusias untuk melihat pameran produksi dalam negeri nasional 2013," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina ketika ditemui di acara pameran produk dalam negeri nasional 2013 di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Sri menjelaskan, dari empat kota yang ada pontianak berhasil menarik 35.904 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp 1 miliar, daerah Palembang berhasil menarik 107 ribu pengunjung dengan nilai transaksi hampir sebesar Rp 1 miliar.

Untuk daerah Cirebon berhasil menarik 71 ribu pengunjung dengan total Rp 1,5 miliar, sedangkan Mataram bisa menarik 60 ribu pengunjung dengan nilai transaksi sebesar Rp 1 miliar.

Selain itu, ia menjelaskan, tujuan dari pameran untuk menambah serta mempermudah akses pasar dan promosi produk-produk unggulan daerah. Sehingga produk UKM yang ada di dalam negeri bisa dapat dikenal dan di luar negeri.

Adapun provinsi DKI Jakarta merupakan kota kelima yang diikutsertakan dalam pameran ini. Sebagai kota terakhir dalam pameran kali ini, diharapkan bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi dan bisa mendapatkan raihan nilai transaksi yang lebih tinggi, jika dibandingkan empat kota tersebut.

"Kami harapkan DKI Jakarta bisa menyerap pengunjung pameran lebih banyak lagi. Karena Jakarta merupakan pusat kota, sehingga kami mengharapkan Jakarta bisa menyerap pengunjung dan nilai transaksi yang lebih tinggi," tegasnya. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini