Sukses

Pantauan Pasar: Harga Daging Sapi Turun Tapi Sepi Pembeli

Harga daging sapi di pasar tradisional mulai berangsur turun di pasar tradisional.

Dua pekan seusai Lebaran, harga daging sapi di pasar tradisional mulai berangsur turun. Harga daging sapi yang sempat mencapai Rp 120 ribu per kilogram (kg) menjelang lebaran kini turun menjadi Rp 100 ribu per kg.

"Sudah seminggu lalu mulai turun, dulu kan sebelum Lebaran sempat sampai Rp 120 ribu per kg," ujar Suryadi (60), salah satu pedagang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Menurut dia, jika harga daging sudah menyentuh level Rp 100 ribu per kg ini, akan sulit untuk turun kembali. Harga daging baru akan turun jika masyarakat mengurangi konsumsi dagingnya.

"Kalau daging sudah nggak laku, bisa saja turun, tapi kalau masih banyak beli, ya paling mentok di harga segitu, malah bisa saja naik lagi. Daging tuh harganya susah turun," lanjut dia.

Namun meskipun harga telah turun, Suryadi mengatakan jumlah pembelian daging di pasar tersebut belum stabil, bahkan menurun drastis dibanding bulan Ramadan kemarin.

Menurutnya, hal tersebut karena daya beli masyarakat yang belum kembali normal. "Turunnya kira-kira 50% dibanding biasa. Mungkin karena anak sekolah sudah mulai masuk, jadi masyarakat juga uangnya lebih dihabiskan buat keperluan sekolah," tutur dia.

Untuk pasokan, dia mengaku suplainya saat ini sudah kembali aman, setelah sebelumnya sempat langka menjelang Lebaran.

"Kalau sekarang sudah normal lagi pasokannya, kemarin pas mau Lebaran kan sempat susah. Tapi saya rasa itu cuma permainan di pemotong saja, kan bos-bosnya ada disana," tandas dia. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini