Sukses

Pengiriman Uang Melonjak 30% Jelang Lebaran

Pada hari normal, PT Pos Indonesia melaksanakan transaksi pengiriman yang bernilai Rp 20 miliar per hari.

PT Pos Indonesia cabang kantor pusat mencatatkan kenaikan pengiriman uang (wesel) instan dalam negeri hingga 30% menjelang Lebaran dibandingkan hari-hari normal.

Asisten Manajer Pelayanan Pos Indonesia, Jakarta Pusat, Rika Rusita Apriyanti mengatakan, pengiriman uang di dalam negeri khusus di kantor Pos Jakarta Pusat mencapai Rp 20 miliar per hari pada hari normal.

"Tapi kalau menjelang lebaran seperti ini, ada kenaikan 30% pengiriman uang dari hari biasa. Itu biasanya kiriman dari berbagai daerah di Indonesia," ujar dia saat ditemui Liputan6.com di kantor pusat Pos Indonesia sekitaran Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (5/8/2013).

Jika dihitung, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa melayani pengiriman uang menjadi Rp 26 miliar menjelang Lebaran. Pengiriman wesel dalam negeri menyebar ke seluruh tanah air dengan mayoritas daerah di Pulau Jawa.  

Sementara itu, Rika menjelaskan, pertumbuhan pengiriman uang (wesel) internasional dari Indonesia ke luar negeri tidak terlalu drastis sekitar 10% dari hari normal sebesar Rp 6 miliar.

"Peningkatan pengiriman wesel internasional tidak setinggi dalam negeri sebesar 10%. Mayoritas pengiriman uang adalah ke negara Afrika," tandas dia. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini