Sukses

10 Bank Terbesar di Asia

Bagi Anda yang suka menabung atau berutang dalam jumlah besar, pergi ke bank tentu bukan hal yang aneh. Berikut 10 bank terbesar di Asia.

Bagi Anda yang suka menabung atau berutang dalam jumlah besar, pergi ke bank tentu bukan hal yang aneh.  Bank sendiri juga dikenal sebagai lembaga komersil untuk berbagai bisnis di seluruh dunia. Bank memainkan peranan penting untuk berbagai transaksi baik komersil maupun pribadi.

Seperti dilansir dari The Richest, Rabu (31/7/2013), jasa yang disediakan bank sangat variatif termasuk diantaranya fasilitas pengelolaan keuangan. Kebanyakan bank juga merasakan manfaat teknologi yang membuatnya lebih efisien dalam melakukan transaksi dengan nasabahnya seperti transfer uang lewat ATM atau online.

Meskipun bisa melakukan transaksi lewat internet, tapi orang tak lantas berhenti mengunjungi bank. Hal inilah yang membuat berbagai bank terus berkembang dan jaya.

Berikut 10 bank terbesar di Asia yang didominasi oleh China:

1. Industrial & Commercial Bank of China

Sejak didirikan pada 1984, Industrial & Commercial Bank of China dikenal sebagai salah satu bank terbesar di dunia berdasarkan keuntungan dan kapitalisasi pasarnya. Bank ini juga tercatat sebagai anggora Big Four di China.

Lembaga keuangan ini telah mempekerjakan sekitar 394 ribu orang. Seluruh pegawainya tersebar di 18 ribu outlet domestik dan sekitar 106 cabangnya di luar negeri. Industrial & Commercial Bank of China pernah sekali memimpin deretan perusahaan milik negara terbesar di dunia versi Forbes.




2. China Construction Bank

Berdasarkan kapitalisasi pasarnya, China Construction Bank merupakan yang terbesar kedua di dunia. Sama dengan Industrial & Commercial Bank of China, bank tersebut juga menjadi anggota Big Four, atau kumpulan bank besar di China.




Saat ini bank tersebut telah memiliki 13.629 cabang domestik dan juga mengelola beberapa cabangnya di Hong Kong, Singapura, Seoul, Tokyo, Sydney, Melbourne, Frankfurt, dan Johannesburg. Total asetnya tercatat mencapai US$ 1,64 triliun dengan jumlah pegawai sekitar 311 ribu orang.

3. Agricultural Bank of China

Bank yang lebih dikenal dengan sebutan AgBank ini menjadi salah satu bagian dari bank Big Four di negaranya. Lembaga keuangan yang berdiri sejak 1951 ini bermarkas di Beijing.

Cabangnya telah tersebar di China daratan, Hong Kong, Seoul, Tokyo, Singapore, Frankfurt, London, dan Sydney. Mengacu pada jumlah pegawainya yang mencapai 441 ribu orang, AgBank tercatat sebagai bank terbesar di dunia. Sementara dalam peringkat dunia, AgBank berada di posisi ke-8.



4. Bank of China

Berlokasi di Beijing, Bank of China menjadi yang terbesar ketiga di dunia berdasarkan jumlah pegawainya yang diperkirakan mencapai 389.800.

Bank ini juga merupakan yang tertua di China untuk menggantikan Government Bank of Imperial China. Pada 2009, bank ini pernah menempati peringkat ke-5 untuk kategori kapitalisasi pasar terbesar di dunia.


5. State Bank of India

Perusahaan perbankan multinasional, State Bank of India merupakan bank terbesar di India. Perusahaan keuangan ini didirikan pemerintah sejak 1955. Setelah beberapa kali berganti nama, pemerintah akhirnya memutuskan namanya menjadi State Bank of India.

Bank tersebut diketahui telah melebarkan jangkauannya dengan mendirikan 13 ribu outlet di seluruh dunia dengan pegawai sebanyak 223 ribu orang.



6. Bank of Communications

BoComm atau Bank of Communications merupakan salah satu bank terbesar di seluruh China. Negara ini telah memiliki 2.800 cabang di lebih dari 80 kota besar.

Bisnis keuangannya pun telah merambah ke luar negeri Singapore, Tokyo, dan New York. Kantor perwakilannya pun tersedia di Frankfrut dan
London. Golobal Finance menilainya sebagai bank terbaik di China dua tahun berturut-turut yaitu pada 1998 dan  1999.



7. China Merchants Bank

Salah satu lembaga keuangan terbesar di China ini didirikan pada 1987 dan dimiliki oleh entitas berbadan hukum. Hingga saat ini bank tersebut tercatat telah membangun 500 cabang di China dan membuka sebuah cabang di Hong Kong.

Ekspansinya merupakan langkah strategis untuk pertumbuhan internasional. China Merchants Bank telah melayani berbagai kebutuhan masyarakat seperti perdagangan emas, mata uang asing, perbankan personal dan pinjaman perusahaan.


8. Shanghai Pudong Development Bank

Bank komersil yang didirikan pada 9 Januari 1993 di Shanghai, China ini diketahui mempekerjakan 31 ribu orang dengan pendapatan mencapai sekitar US$ 418 juta. Bank ini juga diketahui akan menawarkan sahamnya pada publik bernilai 400 juta di bursa saham Shanghai.

9. Shinhan Bank

Di tahun-tahun pertamanya, Shinhan hanyalah perusahaan kecil dengan hanya 279 pegawai dan tiga cabang saja. Namun seiring perkembangannya, Shinhan Bank telah mendirikan 1.026 cabang di seluruh negeri dengan jumlah pegawai berkisar 10.741 orang.


10. Kookmin Bank

Didirikan pada 1963, Kookmin Bank atau yang lebih dikenal dengan KB, merupakan bank terbesar di Korea Selatan berdasarlam nilai aset dan kapitalisasi pasarnya.

Pada akhir 2006, KB sempat berencana untuk mengambil alih Korea Exchange Bank yang dimiliki pemerintah. Langkah ini diambil guna memfasilitasi sejumlah aktivitas pertukaran mata uang dan perbankan. Namun hal ini tak pernah terjadi akibat pembatalan yang dilakukan pihak kedua.




(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.