Sukses

10 Negara dengan Reputasi Terbaik di Dunia

Reputasi sangat penting bagi sebuah negara untuk menarik para wisatawan asing, investor, dan negara lain untuk menanamkan investasinya.

Perusahaan konsultan swasta global, Reputation Institute, melakukan wawancara online pada 27 ribu konsumen di berbagai negara G8 guna memperoleh daftar negara dengan reputasi terbaik. Survei ini dilakukan selama tiga bulan dari Januari hingga Maret 2013.

Seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (29/6/2013), perusahaan yang berbasis di New York dan Copenhagen ini melibatkan 50 negara terbesar dengan populasi tertinggi. Negara-negara tersebut juga dipilih berdasarkan peristiwa-peristiwa alam, ekonomi, dan politiknya.

Survei ini fokus  menilai reputasi keseluruhan 50 negara yang menjadi objek, tak masalah jika para responden menyukai, mengagumi, atau menghormatinya.

Yang paling mencolok dari hasil survei tersebut adalah Amerika Serikat (AS) yang ternyata hanya menempati posisi ke-22. AS tertinggal di bawah Brazil dan sedikit di atas peringkat Peru.

Menurut salah seorang pengelola Reputation Institute Fernando Prado, para responden mengatakan pemerintah yang efektif dan lingkungan yang menarik lebih penting dari sekadar ekonomi maju dalam mengukur reputasi sebuah negara. Indikator tersebut tak banyak meningkat di AS dan meyebabkannya berada di posisi itu.

Tak hanya itu, dari 16 kategori yang ditanyakan Reputation Institute, AS hanya masuk sepuluh besar untuk tiga diantaranya yaitu, memproduksi merek-merek ternama, berkontribusi pada budaya global dan mendorong kemajuan teknologi.

Beberapa negara Eropa yang terus berupaya menahan parahnya gejolak ekonomi justru berada di atas AS tahun ini seperti Italia di peringkat ke-16, Perancis ke-17, Spanyol ke-18 dan Portugal di peringkat 19.

Sementara negara-negara yang berada di urutan terendah sudah bisa ditebak. Irak berada di peringkat 50 di bawah Iran, Pakistan dan Nigeria. Sementara China dengan perkembangan ekonominya diketahui hanya menempati posisi ke-44.

Prado mengatakan, peringkat-peringkat reputasi negara ini luar biasa penting, karena semua negara bersaing untuk menarik para wisatawan asing, investor, para pembeli asing dan negara-negara lain yang mau mengalirkan dana investasinya.

Sebagai referensi bagi Anda, berikut daftar 10 negara dengan reputasi terbaik di seluruh dunia:


1. Kanada
2. Swedia
3. Swiss
4. Australia
5. Norwegia
6. Denmark
7. Selandia Baru
8. Finlandia
9. Belanda
10. Austria

(Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini