Sukses

Kepikiran Mau Beli Rumah Lelang Bank? Ini 7 Tips yang Harus Anda Ketahui!

Tips beli rumah lelang bank yang pertama, Anda perlu mencari tahu harga pasaran rumah di sekitar properti yang diminati sebelum lanjut ke proses berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta Kini, memiliki rumah impian bukan lagi sekadar harapan. Jika Anda ingin memiliki rumah idaman lewat ‘jalur’ sistem lelang bank, segera manfaatkan kesempatannya. Itu karena rumah dengan sistem lelang bank, memberikan berbagai keuntungan, mulai dari harga yang lebih terjangkau, proses yang cepat, hingga properti siap huni (full furnished) atau yang hanya memerlukan sedikit perbaikan.

Artinya, Anda dapat memaksimalkan biaya dan mendapatkan rumah terbaik. Tapi mungkin Anda ingin mengetahui lebih jauh, apa sih sebenarnya rumah lelang bank itu? Jadi, rumah lelang bank adalah rumah atau properti yang disita oleh bank dan dijual melalui proses lelang.  

Rumah tersebut dijual dengan sistem lelang, ketika pemilik sebelumnya gagal dalam membayar hipotek, sehingga bank sebagai pemberi pinjaman mengambil alih properti tersebut, untuk diperjualbelikan melalui sistem lelang. Maka, rumah lelang bank dapat menjadi alternatif menarik untuk mendapatkan properti dengan harga lebih terjangkau dibandingkan pembelian melalui pasar konvensional.

Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai tips membeli rumah lelang bank dari Info Lelang BRI, Anda juga perlu tahu keuntungan membeli rumah lelang bank. Ada empat keuntungan dari pembelian rumah lelang bank, yaitu:

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Salah satu keuntungan utama dari membeli rumah lelang bank adalah harga rumah yang cenderung lebih rendah, dibandingkan dengan harga di pasar konvensional. Bagi pembeli, kondisi ini dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan properti dengan nilai investasi yang lebih terjangkau.

2. Kualitas Bangunan

Anggapan yang seringkali beredar adalah rumah lelang bank memiliki kualitas yang tidak sebaik rumah di pasar konvensional. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Ada banyak properti lelang bank memiliki kualitas bangunan yang baik, terutama jika Anda melakukan penelitian dan pemeriksaan dengan saksama. Terlebih, rumah yang dilelang oleh bank pastinya telah diperiksa sebelumnya oleh pihak bank.

Salah satu platform lelang online terdepan, Info Lelang BRI misalnya yang menyediakan berbagai fitur unggulan yang dapat membantu Anda, dalam memilih rumah lelang idaman. Tidak hanya disuguhkan gambar properti, Info Lelang BRI juga menyediakan informasi penting lain terkait setiap aset bangunan yang dilelang. 

Mulai dari harga, fasilitas properti, akses, hingga kelengkapan dokumen rumah bisa Anda periksa dengan mudah melalui Info Lelang BRI. Caranya sederhana: Anda hanya perlu mengunjungi halaman Aset Lelang Bangunan dan mulai menjelajahi rumah lelang bank sesuai kriteria Anda.  

3. Peluang Investasi

Tidak sekadar mendapatkan properti dengan harga miring, membeli rumah lelang bank juga dapt menjadi peluang investasi properti yang menguntungkan. Dengan harga yang lebih rendah, Anda dapat meraih keuntungan apabila Anda mengolahnya dengan baik. Di masa depan, bukan tidak mungkin nilai properti tersebut mengalami peningkatan dibanding ketika Anda pertama kali membelinya.

4. Proses Cepat

Proses pembelian rumah lelang bank seringkali lebih cepat, dibandingkan dengan pembelian properti secara konvensional. Hal ini dapat menghemat waktu dan memberikan Anda keunggulan dalam mendapatkan properti yang diinginkan.

5. Dapat dibiayai KPR

Proses pembelian rumah lelang bank ini juga bisa dibiayai oleh Kredit KPR, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang mudah serta promo gimmick suku bunga yang menarik. Hal ini dapat mempermudah calon investor dalam memiliki aset lelang bank

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini 7 Tips Membeli Rumah Lelang Bank

1. Harga Pasaran Rumah

Tips beli rumah lelang bank yang pertama, Anda perlu mencari tahu harga pasaran rumah di sekitar properti yang diminati sebelum lanjut ke proses berikutnya. Ini bisa membantu Anda menetapkan batas harga dan memastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu mahal untuk properti tersebut dalam proses lelang.

2. Lokasi Rumah

Tips beli rumah lelang bank berikutnya, terkait dengan lokasi rumah sebagai faktor penting dalam nilai properti. Pastikan memilih rumah lelang bank yang berada di lokasi strategis, dekat dengan fasilitas umum, terhubung dengan transportasi umum, dan memiliki potensi apresiasi nilai yang baik di masa depan.

3. Cek Kelengkapan Dokumen Rumah

Sebelum mengikuti lelang, pastikan Anda telah meneliti dan memeriksa dokumen-dokumen properti dengan cermat. Hal ini mencakup sertifikat, surat-surat tanah, dan mencari informasi penting terkait kepemilikan properti.

4. Latar Belakang Properti

Pahami latar belakang dan kondisi properti yang akan dibeli. Anda perlu mencari tentang kondisi fisik bangunan, potensi perbaikan, dan apakah ada masalah hukum yang perlu jadi bahan pertimbangan.

5. Pilih Sesuai Kemampuan Finansial

Tips beli rumah lelang bank selanjutnya berkaitan dengan budget. Pastikan untuk menentukan batas finansial Anda untuk mengikuti lelang. Tentukan anggaran maksimum yang dapat Anda keluarkan. Ingat, untuk tidak melebihi batas tersebut agar Anda tidak terjebak dalam utang yang bisa membawa masalah di kemudian hari.

Di Info Lelang BRI, Anda bisa mengetahui harga dari setiap aset properti yang dilelang secara transparan. Selain itu, Anda pun bisa menentukan batas bawah dan batas atas harga aset melalui fitur Filter Harga. Ini pun masih ditambah fitur unggulan Info Lelang BRI, yakni Hot Deals dan Clean & Clear yang kian membantu Anda menemukan rumah lelang bank idaman.

6. Pahami Syarat & Ketentuan Lelang

Setiap lelang memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu membaca dan memahami semua aturan lelang secara cermat. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan menghindari kebingungan selama mengikuti proses lelang.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli rumah lelang bank, perhatikan besaran uang jaminan yang harus disiapkan. Umumnya, uang jaminan termasuk ke dalam persyaratan lelang. Pastikan juga untuk mencari informasi tentang bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang mungkin dikenakan pada transaksi tersebut.

Selain itu, periksa juga kewajiban pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) sebagai pemilik rumah baru nantinya. Kewajiban membayar PBB digunakan untuk pembiayaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur serta layanan publik di lingkungan tempat tinggal. 

7. Pilih Platform Lelang Terpercaya

Tips beli lelang rumah bank yang terakhir adalah memilih platform lelang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Info Lelang BRI menjadi salah satu platform yang bisa Anda pertimbangkan untuk membeli aset lelang, termasuk properti. Platform Info Lelang BRI selalu berusaha memberikan layanan yang handal dan transparan dalam proses lelang properti. 

Selain melalui platform online seperti Info Lelang BRI, Anda juga bisa mengunjungi kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang, tempat di mana informasi lengkap tentang properti yang akan dilelang tersedia.

Nah, itulah informasi lengkap tentang tips beli rumah lelang bank. Dalam memilih platform lelang, Info Lelang BRI dapat menjadi pilihan terbaik. Dengan fitur-fitur unggulan seperti transparansi informasi, jadwal lelang, dan berbagai aset lelang, platform ini memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan rumah lelang bank dengan aman dan nyaman.

Di halaman Aset Bangunan Info Lelang BRI, Anda dapat menelusuri berbagai properti dari berbagai daerah yang dilengkapi dengan informasi, fasilitas, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat membuka halaman tersebut, Anda dapat melihat gambar-gambar rumah, memungkinkan untuk melakukan verifikasi terhadap kondisi bangunan dan memastikan bahwa rumah tersebut layak ditempati. 

Dengan demikian, Info Lelang BRI menyajikan informasi menyeluruh terhadap aset lelang pilihan sekaligus memberikan kepercayaan bagi Anda. Jadi Anda tidak perlu merasa ragu atau khawatir ketika memilih aset rumah impian!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.