Sukses

Indonesia Serukan Kesetaraan Akses Air Bersih di Pulau-Pulau Kecil

High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 Bali turut menyerukan komitmen bersama agar pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh dunia berhak mendapat akses atau fasilitas air bersih.

Liputan6.com, Jakarta High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 Bali turut menyerukan komitmen bersama agar pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh dunia berhak mendapat akses atau fasilitas air bersih.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sebagian besar negara kepulauan kecil memiliki permasalahan yang sama.

Mulai dari keterbatasan sumber daya, urbanisasi, pertanian, keterpencilan, kerentanan terhadap bencana alam karena pusat ekonomi dekat garis pantai, dan lingkungan alam yang rentan.

"Di negara-negara kepulauan kecil yang sedang berkembang, tantangan-tantangan ini semakin diperburuk oleh kurangnya sumber daya keuangan dan kapasitas teknis, sehingga mengganggu implementasi rencana ketahanan iklim," kata Basuki dalam keterangan resmi yang dirilis panitian WWF ke-10, Jumat (24/5/2024).

Dampak Perubahan Iklim

Lebih lanjut, ia menyatakan, untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait air, maka sangat penting untuk membangun dan memfasilitasi pemahaman berbasis pengetahuan mengenai dampak perubahan iklim terhadap negara-negara kepulauan kecil, pulau-pulau kecil, dan negara bagian.

"Pertemuan High Level Panel ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja sama dalam mendorong dan menerapkan pengelolaan sumber daya air terintegrasi di pulau-pulau kecil," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Indonesia

Sementara Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury mengatakan, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan akses air bersih merata di seluruh pulau, termasuk di pulau-pulau kecil.

Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci tercapainya tujuan aksesibilitas air bersih di pulau-pulau kecil.

"Melalui World Water Forum ke-10 ini, Pemerintah Indonesia dan perwakilan delegasi dari negara yang hadir mempunyai komitmen dalam mendorong pemerataan akses air bersih untuk pulau kecil," sebut Pahala.

Chief Financial Officer of the Water and Energy Company the Island of Bonaire, Joanne Balentien menambahkan, Pulau Bonaire merupakan negara kepulauan yang sangat peduli terhadap akses air bersih. Kehadiran World Water Forum ke-10 diharapkan memberikan langkah nyata pada keberlangsungan sumber daya air di pulau kecil.

"World Water Forum ke-10 ini menjadi sarana bersinergi di mana kita bisa saling bertukar pengalaman dan wawasan terkait air. Pemerintah Bonaire sendiri memastikan pemasangan pipa merata agar penduduk yang tinggal merasa aman dan bebas memakai dan mengkonsumsi air bersih," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.