Sukses

Kuasai Skill Ini Supaya Tetap Relevan saat Berkarier, Apa Itu?

Meskipun banyak profesional (45%) khawatir AI akan menggantikan pekerjaan mereka, mayoritas (55%) pemimpin mengkhawatirkan kurangnya talenta untuk mengisi posisi yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Pemenang dalam bidang bisnis masa ini adalah mereka yang belajar bagaimana memanfaatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk tetap kompetitif dan relevan, tak peduli pekerja maupun pelaku bisnis.

"AI tidak akan menggantikan Anda. Anda akan digantikan oleh seseorang yang menggunakan AI untuk mengungguli Anda," ujar Direktur Inovasi AI di AI Singapore, Laurence Liew, sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Rabu (22/5/2024).

Menurut Microsoft Work Trends Index 2024, meskipun banyak profesional (45%) khawatir AI akan menggantikan pekerjaan mereka, mayoritas (55%) pemimpin mengkhawatirkan kurangnya talenta untuk mengisi posisi yang ada.

71% pemimpin mengatakan mereka lebih suka mempekerjakan kandidat yang kurang berpengalaman dengan keterampilan AI daripada kandidat yang lebih berpengalaman tapi tidak memiliki keterampilan tersebut.

Indeks Tren Kerja Microsoft 2024

Terdapat kelangkaan talenta, dan akibatnya terdapat peluang besar bagi orang-orang yang mempelajari keterampilan Artificial Intelligence, dengan sebanyak 71% pemimpin perusahaan mengatakan mereka lebih memilih kandidat yang kurang berpengalaman dengan keterampilan AI daripada kandidat yang lebih berpengalaman tanpa keterampilan tersebut.

AI  meski telah menjadi sorotan sejak peluncuran ChatGPT dari OpenAI pada November 2022, perusahaan-perusahaan besar masih lambat dalam mengintegrasikan teknologi tersebut untuk membantu meningkatkan kemampuan talenta mereka.Ada kesenjangan di tempat kerja modern antara apa yang dianggap perlu dan apa yang dianggap layak.

Studi Microsoft menunjukkan meskipun 79% para petinggi perusahaan percaya perusahaan harus mengadopsi AI agar tetap kompetitif, tekanan untuk menghasilkan laba atas investasi dengan segera telah memperlambat transisi AI.

Akibatnya, karyawan di seluruh dunia mengambil tindakan sendiri, yaitu belajar menggunakan AI secara mandiri. Meskipun meningkatkan keterampilan AI di rumah dapat menghasilkan keunggulan kompetitif, hal ini juga menimbulkan beberapa masalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Belajar AI secara Mandiri

Para ahli mengatakan salah satu masalah terbesar dalam meningkatkan keterampilan AI di rumah adalah banyak orang yang tidak tahu cara melakukannya dengan aman dan efektif.

Secara kasat mata, ada banyak sumber daya AI "gratis" yang tersedia secara online seperti ChatGPT dan alat lain yang menggunakan model bahasa besar (LLM), tetapi para ahli mengatakan bahwa alat ini sebenarnya tidak gratis. LLM adalah algoritma yang dapat mengidentifikasi, meringkas, menerjemahkan, meramalkan, dan menghasilkan informasi dengan menggunakan kumpulan data yang sangat besar.

"Tidak ada yang gratis di dunia ini. Data Anda adalah komoditas yang diperdagangkan," kata Liew. " Jangan gunakan data perusahaan Anda atau data pribadi sendiri [saat menggunakan alat AI online gratis]."

Melakukan hal tersebut dapat membahayakan data pribadi atau data perusahaan yang sensitif. Bagian dari peningkatan keterampilan pada alat AI adalah mempelajari cara melakukannya dengan aman dan efektif.

3 dari 4 halaman

Keterampilan AI yang Harus Dimiliki

Keterampilan utama yang harus dipelajari saat ini adalah berkomunikasi secara efektif dengan LLM bertenaga AI yang sudah ada, menurut Liew. ChatGPT milik Open AI, Copilot milik Microsoft, dan Gemini milik Google menggunakan LLM.

"Orang-orang salah menggunakan ChatGPT - karena tampilannya mirip sekali dengan pencarian Google," kata Liew kepada CNBC Make It.

Saat bekerja dengan LLM, kuncinya adalah untuk lebih spesifik dalam memberikan perintah.

"Anda harus memberikan banyak konteks kepada AI - perlakukan AI seperti pekerja magang yang sesekali akan melakukan kesalahan.Jika Anda [meminta] seorang pemagang untuk melakukan sesuatu, maka Anda harus memberikannya arahan yang jelas dan spesifik. Jika tidak, pemagang mungkin akan menggaruk-garuk kepala tentang apa yang harus dilakukan," katanya.

4 dari 4 halaman

Memberikan Pelatihan Terbaik bagi AI Anda

Menurut Liew, cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan pada alat AI di rumah adalah dengan menggunakannya. Melalui latihan, Anda bisa belajar bagaimana memberikan perintah yang lebih deskriptif kepada LLM yang akan membantu menghasilkan hasil yang diinginkan.

"Anda masih perlu mengetahui [domain Anda] dengan sangat baik [tetapi] bagian yang biasa seperti melihat-lihat 20 file sekarang dilakukan oleh sistem AI - bayangkan jika Anda bisa membalikkan [pekerjaan] dengan kecepatan seperti itu - jenis transformasi yang bisa terjadi," kata Liew.

Meskipun alat bantu AI mungkin masih tampak asing dan seperti susah untuk digunakan, pada tahun depan, belajar menggunakan AI "akan seperti mengetahui cara menggunakan pemeriksa ejaan di Microsoft Word," kata Liew.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.