Sukses

Pakai 3 Bahan Dapur, Ini Cara Sederhana Bersihkan Kerak di Kloset yang Membandel

Kerak kloset yang membandel ternyata bisa diatasi dengan bahan-bahan yang ada di dapur rumah loh! Yuk simak apa saja dan bagaimana caranya!

Liputan6.com, Jakarta Kerak membandel di kloset kamar mandi tentu menjadi masalah yang cukup mengganggu. Ini karena kerak yang muncul dapat mengganggu estetika kamar mandi dan membuat kloset terlihat kotor meskipun sebenarnya bersih. 

Meskipun sudah banyak beredar produk-produk pembersih dengan klaim ampuh bersihkan kerak membandel pada kloset, nyatanya daya bersihnya pun tetap tidak maksimal. Oleh karena itu, seringkali cara-cara alternatif banyak menjadi pilihan.

Berikut ini, dirangkum melalui kanal YouTube Ompram Channel, Minggu (16/6/2024), tips ampuh membersihkan kerak kloset dengan 3 bahan yang ada di rumah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Penyebab Kerak di Kloset

Dilansir dari sebuah sumber, ternyata ada setidaknya 5 penyebab utama timbulnya kerak di kloset dan kamar mandi, yaitu:

  • Masalah kelambaban. Kamar mandi yang tidak dilengkapi dengan ventilasi yang memadai akan membuat suhu di dalam nya menjadi sangat lembab. Kondisi inilah yang kemudian akan mengakibatkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang membentuk kerak.
  • Jarang dibersihkan. Kamar mandi dan kloset yang jarang dibersihkan mengakibatkan sisa-sisa kotoran mengendap sehingga membentuk kerak.
  • Residu alat mandi. Residu atau sisa-sisa sabun, shampo, pasta gigi, dan lain sebagainya yang bereaksi dengan mineral air juga bisa menjadi membentuk lapisan kerak.
  • Kualitas Air. Kualitas air yang buruk juga bisa memicu pembentukan kerak.
  • PH yang tidak seimbang. PH air yang tidak seimbang bukannya membersihkan dengan baik, justru akan memicu pembentukan kerak. 
3 dari 11 halaman

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Berdasarkan tips yang dibagikan Ompram Channel, bahan-bahan utama yang perlu disiapkan diantaranya:

  •  Cuka
  • Baking soda 
  • Sabun cuci piring

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Kuas
  • Sabut kawat / batu apung

Bahan tambahan jika ada:

  • Citric acid (sitrun)
4 dari 11 halaman

Cara Menghilangkan Kerak Kloset yang Membandel

  1. Campurkan ketiga bahan utama dan aduk menjadi satu 
  2. Taburi kloset dengan citric acid untuk meningkatkan tingkat keasaman bahan utama agar lebih ampuh membersihkan noda
  3. Oleskan campuran bahan utama tadi pada kloset menggunakan kuas
  4. Kemudian, gosok-gosok kloset menggunakan sabut kawat/batu apung
  5. Terakhir, guyur kloset dengan air
5 dari 11 halaman

Cara Mencegah Timbulnya Kerak di Kamar Mandi

Sebagai bentuk preventif terhadap munculnya lapisan kerak di kamar mandi, beberapa tips berikut ini bisa dipraktikkan.

  1. Pastikan ventilasi kamar mandi selalu bagus
  2. Pastikan untuk rutin membersihkan kamar mandi setidaknya seminggu sekali
  3. Gunakan air lunak, yaitu air dengan kandungan mineral yang sedikit, untuk mengurangi risiko endapan mineral penyebab kerak
  4. Setiap membersihkan kamar mandi, usahakan untuk menggunakan pembersih dengan kandungan anti kerak agar pembersihan bisa maksimal sehingga tidak ada penumpukan kerak.
6 dari 11 halaman

Cara Mengatasi Bau Kamar Mandi

  • Memanfaatkan CukaCampurkan cuka dengan air.

Lalu semprotkan ke bagian-bagian kamar mandi yang dirasa berbau. Diamkan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  • Memanfaatkan Kopi

Cukup letakkan secangkir kopi di kamar mandi, untuk menyerap bau tidak sedap yang timbul.

  • Memanfaatkan Jeruk atau Lemon

Cukup potong jeruk atau lemon, dan letakkan di kamar mandi, atau peras airnya untuk digunakan sebagai campuran semprotan kamar mandi seperti pada penggunaan cuka di atas.

7 dari 11 halaman

Pembersih Lantai Kamar Mandi Pakai Apa?

Cara membersihkan kamar mandi yang tepat dan membuat lantai kamar mandi tidak licin adalah menggunakan sabun cuci piring, cuka atau produk pembersih lantai khusus lantai yang mudah licin. 

8 dari 11 halaman

Apakah Vixal Bisa Membersihkan Kerak Kamar Mandi?

Vixal Pembersih Porselen Ekstra Kuat 800ml, cairan pembersih porselen dengan formula hydrochloric acid yang efektif untuk membersihkan noda membandel bahkan karat sekalipun di kamar mandi.

9 dari 11 halaman

Apa Efek Samping dari Sitrun?

Pasalnya beberapa masalah keselamatan dan kesehatan dicatat oleh National Institute for Occupational Safety and Health's (NIOSH) International Chemical Safety Card (ICSC) tentang asam sitrat. NIOSH mencatat, menghirup sitrun dapat menyebabkan gejala pernapasan, seperti batuk, sesak napas, dan sakit tenggorokan.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Mendiamkan Sitrun?

Kalau kamar mandi sudah basah, taburkan sitrun secara merata pada seluruh bagian yang ingin dibersihkan. Anda bisa menambahkan jumlah sitrun pada bagian tertentu yang lebih kotor atau mengandung kerak membandel. Diamkan selama 1 jam supaya kinerja sitrun lebih efektif.

11 dari 11 halaman

Apakah Bahaya Citric Acid?

Asam sitrat (asam 2-hidroksi-1,2,3-propanatrikarboksilat) adalah asam organik lemah yang banyak digunakan dalam industri makanan, cairan pembersih, sabun/ detergen, dan sebagainya. Jika digunakan dengan tepat, asam sitrat seringnya tidaklah berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.