Sukses

Miliarder Warren Buffett Sebut AI Dapat Beri Manfaat tapi Membahayakan, Ini Alasannya

Salah satu penerapan AI yang menarik perhatian investor legendaris Warren Buffett adalah potensi pemanfaatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepertinya pasar tidak akan melihat Chairman Berkshire Hathaway Warren Buffett  menambahkan saham-saham artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke dalam portofolionya dalam waktu dekat.

Pada pertemuan tahunan pemegang saham Berkshire pada Sabtu pekan lalu, Warren Buffett mengajukan pertanyaan tentang dampak AI terhadap industri tradisional, dan mengatakan ia tidak tahu apa-apa tentang teknologi ini. Namun, Warren Buffett tidak menyangkal keberadaan AI, kepentingan dan apapun.

Salah satu penerapan AI yang menarik perhatian investor legendaris ini adalah potensi pemanfaatannya bagi para penipu.

"Ketika Anda berpikir tentang potensi menipu orang. Jika saya tertarik untuk berinvestasi dalam industri penipuan, ini akan menjadi industri yang paling berkembang sepanjang masa karena didukung oleh AI," ujar Buffett sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Rabu (8/5/2024).

Pengalaman Buruk Warren Buffett dengan AI

Buffett menceritakan pengalamannya ketika menemukan versi dirinya yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan secara online.

"Saya melihat sebuah gambar di depan mata saya di layar, dan itu adalah saya, dan itu adalah suara saya," kata dia.

"Dan mengenakan pakaian yang saya kenakan, dan istri saya atau putri saya tidak akan bisa mendeteksi perbedaan apa pun. Dan itu menyampaikan pesan yang sama sekali bukan berasal dari saya."

Buffett melihat langsung apa yang telah diperingatkan oleh Komisi Perdagangan Federal dan pihak-pihak lain: potensi besar bagi para pelaku kejahatan untuk menggunakan teknologi deepfake dan kloning suara untuk mencuri uang masyarakat.

"Berdasarkan yang saya lihat baru-baru ini, saya bisa saja mengirim uang ke negara lain," canda Buffett.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buffet Paham AI Membawa Berbagai Manfaat, tapi Ada Sisi Buruk

Sebagai seorang kapitalis, Buffett paham AI dapat menjadi teknologi yang dapat mengubah dunia dan dapat digunakan untuk hal yang baik maupun buruk.

Buffett menyamakan AI dengan pengembangan senjata nuklir, sebuah teknologi yang ia gambarkan sebagai "jin": kuat dan mengubah dunia, serta tidak dapat dikembalikan ke botol asalnya.

"AI agak mirip. AI seperti sudah di ujung botol dan seseorang akan menggunakannya," kata dia.

"Kita mungkin berharap kita tidak pernah melihat jin itu, atau jin itu mungkin melakukan hal-hal yang mengerikan," ia menambahkan.

Ia menuturkan, masa depan AI akan bergantung pada cara mereka yang berkuasa menggunakannya.

"Saya tidak memiliki saran apa pun terkait cara menangani hal ini, karena saya rasa kita saja belum tahu bagaimana menangani teknologi nuklir," ujarnya.

"Tetapi saya pikir, sebagai seseorang yang tidak mengerti apa-apa tentang hal itu, bahwa hal itu memiliki potensi yang sangat besar untuk hal yang baik dan potensi yang sangat besar untuk hal yang buruk dan saya tidak tahu bagaimana hal itu akan terjadi."

 

 

 

3 dari 4 halaman

Perusahaan Warren Buffett Tempatkan 43% Portofolio Investasinya di Saham Apple

Sebelumnya, dikenal sebagai salah satu investor terbesar di dunia, tidak mengherankan jika investor individu senang melihat portofolio raksasa perusahaan investasi milik miliarder Warren Buffett yakni Berkshire Hathaway senilai USD 364 miliar atau sekitar Rp 5.661 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.553) untuk ide memiliki saham.

Dikutip dari Yahoo Finance, ditulis Rabu (13/3/2024), di antara kepemilikan saham teratas Berkshire Hathaway yakni raksasa teknologi Apple yang menguat menguasai 43 persen dari keseluruhan portofolio.

Berkshire Hathaway pertama kali membeli saham Apple pada awal 2016 dan sejak awal tahun itu hingga 8 Maret, sahamnya sudah meroket 375 persen. Dengan lonjakan saham tersebut, hal itu menjadi salah satu taruhan Warren Buffett yang paling menguntungkan.

Seperti dikutip dari Motley Fool, meski tidak bisa membaca pikiran Buffett, tapi investor tahu kalau miliarder tersebut sangat menghargai bisnis berkualitas tinggi. Apple pun dinilai memenuhi kriteria itu pada 2016.

Bagian penting ekonominya yakni merek yang kuat. Apple adalah ikon teknologi dan budaya, berkat perangkat kerasnya yang sangat populer yakni iPhone. Produk ini hasilkan penjualan USD 201 miliar pada tahun fiskal 2023.

Selain Apple, Warren Buffett juga apresiasi merek-merek yang kuat. Coca Cola dan American Express adalah dua perusahaan besar yang mereknya sangat disukai konsumen.

Merek Apple memiliki bobot sangat besar sehingga memungkinkan perusahaan untuk melenturkan kekuatan penetapan harganya, sifat lain yang disukai Buffett.

4 dari 4 halaman

Kinerja Keuangan Jadi Pertimbangan

Konsumen tidak mempunyai masalah membayar untuk produk mahal, sering kali hanya untuk tingkatkan ke versi terbaru. Penawaran layanan Apple yang terus berkembang dan perusahaan akan mampu menjaga penggunanya tetap terlibat dan setia.

Pada tahun fiskal 2015, sebelum Buffett membeli saham Apple untuk pertama kalinya, Apple melaporkan margin kotor sebesar 39 persen dan margin operasi sebesar 30 persen. Apple juga dulunya menjadi perusahaan yang sangat menguntungkan dengan hasilkan USD 81 miliar arus kas operasional pada tahun ini.

Kinerja keuangan yang baik adalah sesuatu yang diinginkan Buffett dari bisnis. Neraca Apple yang murni juga mengurangi risiko perusahaan mengalami masalah keuangan. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa Buffett begitu nyaman membiarkan kepemilikan Apple menjadi posisi yang sangat besar dalam portofolionya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini