Sukses

Menaker Lepas 500 Peserta Mudik Gratis Adira Finance

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menghadiri pemberangkatan 500 peserta mudik gratis yang difasilitasi Adira Finance melalui program KURMA (Kembali Seru Bersama), Minggu (7/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah  menghadiri pemberangkatan 500 peserta mudik gratis yang difasilitasi Adira Finance melalui program KURMA (Kembali Seru Bersama), Minggu (7/4/2024).

Menaker menyebut tradisi mudik untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga di kampung halaman hanya dimiliki Indonesia dan tak dimiliki oleh negara Islam sekalipun. Ia pun menyambut positif, nilai-nilai budaya yang tumbuh di masyarakat untuk mempererat silaturrahmi tersebut, hingga saat ini masih terus dilestarikan.

"Tentu akar budaya itu bersumber dari ajaran agama untuk mempererat silaturrahmi. Salah satu cara untuk mempererat silaturrahmi yakni dengan cara mudik," ujar Menaker.

Adapun ke-500 orang peserta mudik gratis berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang akan menggunakan 10 bus dengan 2 rute jalur mudik sesuai kebutuhan masyarakat. Yaitu jalur Utara meliputi Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang, Solo dan Jalur Selatan meliputi Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang, Banjar.

Beri Kesempatan Pekerja

Ida Fauziyah berpendapat tak semua pekerja di perantauan punya kesempatan untuk kembali ke kampung halaman saat merayakan Idulfitri setahun sekali.

"Libur lebaran adalah sarana untuk memberikan kesempatan bagi siapapun pekerja atau warganegara di perantauan untuk dapat menikmati indahnya Idulfitri bersama keluarga," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Perusahaan Selenggarakan Mudik Gratis

Lebih lanjut, kata Menaker pemerintah mendorong perusahaan-perusahaan agar membantu meringankan para pekerja dengan mengadakan mudik gratis bersama, sebagai salah satu upaya  mengatasi berbagai persoalan.  

"Pekerja dan pengusaha adalah mitra dan sama-sama memperjuangkan keberlangsungan perusahaan, maka di saat bahagia, kebahagiaan itu disokong bersama, " ujarnya.

Direktur  Adira Finance, Sigit Hendra Gunawan selaku mengatakan mudik bersama yang digelar sejak 2022 ini, menyatakan Mudik ceria 2024 'Pergi- Pulang, Sehat, Lancar, Selamat'  sebagai upaya untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat yang ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. 

"Harapan kami, dengan fasilitasi mudik gratis ini, dapat lebih dekat dan bisa membantu masyarakat untuk bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halamannya," pungkas Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.