Sukses

Sifat Kecil yang Selalu Diperhatikan HR saat Rekrut Karyawan, Apa Itu?

Ketelitian adalah sifat utama yang selalu dicari oleh pemberi kerja pada karyawan baru. Inilah artinya, dan mengapa sifat ini diminati.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai psikolog tempat kerja dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Dr. Benjamin Granger mengkhususkan diri dalam membantu perusahaan menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi karyawan dan calon karyawan mereka.

Dikutip dari CNBC, Selasa (9/4/2024), Granger berbicara dengan ratusan eksekutif dan profesional SDM setiap tahun tentang apa yang paling penting bagi mereka.

Meskipun mereka terkadang memiliki kekhawatiran tentang bagaimana menghadapi tren seperti "Quiet Quitting", merekrut talenta yang baik selalu berada di urutan teratas dalam daftar prioritas mereka.

Ketelitian adalah sifat utama yang selalu dicari oleh pemberi kerja pada karyawan baru. Inilah artinya, dan mengapa sifat ini diminati.

Sifat yang paling dihargai: Ketelitian

HR di berbagai perusahaan mungkin sudah tidak asing lagi dengan model lima faktor, yang juga dikenal sebagai kumpulan ciri-ciri kepribadian Big Five.

  1. Keterbukaan terhadap pengalaman: Rasa ingin tahu yang tinggi dan imajinasi yang luas 
  2. Ketelitian: Teratur, bertanggung jawab, dan pekerja keras
  3. Ekstraversi: Periang dan berenergi oleh interaksi sosial
  4. Loyalitas: Kooperatif dan tidak egois
  5. Stabilitas emosional: Emosi yang stabil dan memiliki reaksi emosional yang dapat diprediksi

Meskipun masing-masing ciri kepribadian ini bisa jadi penting untuk posisi tertentu, ketelitian seseorang dapat memprediksi kinerjanya selama bekerja. Hal ini menjadikannya sangat berharga bagi para pemberi kerja.

Ketelitian melampaui tugas-tugas pekerjaan tertentu. Sering kali, peran awal seseorang dipekerjakan akan berubah seiring dengan berkembangnya kebutuhan organisasi. Jadi, karyawan yang memiliki sifat ini akan mudah menyelesaikan tugas apapun yang diberikan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Tonjolkan Ketelitian

Selama proses perekrutan, ada beberapa cara sederhana untuk menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa anda memiliki sifat kunci ini.

Banyak penilaian kepribadian sebelum perekrutan yang berakar pada Big Five, dan perekrut  menggunakannya untuk lebih memahami pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan karakteristik kandidat.

Lalu ada wawancara itu sendiri. Pertanyaan wawancara yang efektif akan sering menanyakan tentang pengalaman anda yang relevan dengan pekerjaan sebagai cara untuk mengukur kemampuan organisasi dan etos kerja Anda dengan lebih baik.

Ketika dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan seperti ini, gunakan struktur yang konsisten untuk menunjukkan ketelitian anda: Jelaskan konteksnya, jelaskan apa yang anda lakukan, ceritakan hasilnya dan apa yang anda pelajari dari pengalaman tersebut.

Perekrut dan manajer akan mengamati daya tanggap kandidat terhadap panggilan telepon dan email, ketepatan waktu dan profesionalisme - hal-hal kecil yang merefleksikan ketelitian. Jadi, datanglah tepat waktu dan koreksilah semua materi tertulis untuk menunjukkan bahwa anda dapat diandalkan untuk melakukan pekerjaan dengan serius.

Hal ini terus berlanjut bahkan setelah anda mendapatkan pekerjaan. Para pemberi kerja dan manajer memperhatikan perilaku kecil yang menunjukkan sifat kepedulian, ketelitian, dan proaktif.

3 dari 3 halaman

Menjadi Lebih Teliti

Jika anda tidak yakin dengan tingkat ketelitian Anda, lakukanlah refleksi. Anda dapat berbicara dengan teman atau kolega tepercaya, atau mengikuti tes kepribadian Big Five secara online.

Jika anda menemukan bahwa anda adalah orang yang teliti, itu bagus. Tekankan ketekunan dan etos kerja anda.

Namun, bukan menjadi suatu masalah jika sifat-sifat ini tidak muncul secara alami pada diri anda. Anda mungkin dapat membangun dukungan di mana anda membutuhkannya. Introvert, misalnya, cenderung lelah dengan interaksi sosial yang konstan yang biasa terjadi di tempat kerja. Namun, mereka masih bisa menjadi sangat sukses dengan menetapkan batasan untuk diri mereka sendiri dan menyediakan waktu khusus untuk fokus dan memulihkan diri.

Hal yang sama juga berlaku untuk ketelitian. Jika anda bukan karyawan yang paling terorganisir secara alami, gunakan alat untuk membantu anda tetap berada di atas segalanya, seperti asisten digital, pelatihan manajemen waktu, atau tinjauan kalender mingguan.

Ketelitian adalah sifat yang tahan lama dan dapat ditransfer yang akan selalu dicari oleh pemberi kerja. Bagi orang yang serius mencari pekerjaan yang memuaskan, sangat penting untuk jujur pada diri sendiri.

Jika ketelitian bukanlah kekuatan anda, jangan berpura-pura. Meskipun demikian, dengan latihan, ada cara untuk mengembangkan sifat tersebut. Ini akan membutuhkan usaha, namun mungkin saja bisa membantu anda mendapatkan pekerjaan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.