Sukses

Kena PHK? Ini Langkah Susun Rencana Baru

PHK adalah situasi yang sulit dan menantang bagi siapa pun yang mengalaminya. Namun, di tengah kekecewaan dan ketidakpastian, langkah awal yang diambil setelah PHK dapat menjadi kunci untuk membangun kembali karier dan memperoleh kembali kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah situasi yang sulit dan menantang bagi siapa pun yang mengalaminya. Namun, di tengah kekecewaan dan ketidakpastian, langkah awal yang diambil setelah PHK dapat menjadi kunci untuk membangun kembali karier dan memperoleh kembali kepercayaan diri.

Dikutip dari CNBC Selasa (9/4/2024), setelah pandemi, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia banyak melakukan PHK. Menurut Layoffs.fyi, lebih dari 57.000 orang telah di-PHK di seluruh dunia sejak awal 2019.

Perusahaan-perusahaan internet besar, termasuk Alphabet, Meta, Amazon, dan Microsoft, telah mengalami dampak yang signifikan tahun ini, dengan sekitar 230 perusahaan kehilangan posisi.

Menurut pemerintah Singapura, lebih dari 14.500 orang di Singapura di-PHK pada 2023, lebih dari dua kali lipat rekor terendah yang ditetapkan pada tahun 2022. Banyak orang yang mencari pekerjaan baru sebagai akibat dari PHK baru-baru ini.

"Mengalami PHK adalah pengalaman yang sangat emosional," menurut spesialis karier LinkedIn, Pooja Chhabria.

Sangat mudah untuk merasa bingung setelah mengalami kejadian tersebut, jadi luangkan waktu untuk merenung dan menyusun strategi untuk melangkah maju.

Berikut adalah lima rekomendasi yang ia tawarkan tentang cara mendapatkan pekerjaan Anda selanjutnya:

Perkuat Jaringan di Komunitas

Di-PHK pasti akan menimbulkan rintangan baru. Hal pertama dan terpenting, Anda harus terlibat dengan komunitas dan berusaha memperkuat jaringan Anda.

"Tetaplah berhubungan dengan kolega Anda di pekerjaan Anda sebelumnya," saran Chhabria kepada CNBC.

Ia juga merekomendasikan untuk menghadiri acara-acara industri dan menghubungi kontak Anda di perusahaan tempat Anda ingin bekerja.

"Kami telah melihat peningkatan 4x lipat pada seseorang yang mendapatkan kesempatan jika mereka direkomendasikan oleh seseorang yang mereka kenal di perusahaan tersebut," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Ketrampilan Diri

Saat berada di sela-sela pekerjaan, sangat penting untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memajukan karier. Ia juga menekankan perlunya menunjukkan kemajuan Anda.

Chhabria merekomendasikan untuk menekankan keahlian saat meningkatkan CV dan platform profesional online Anda.

"87% perekrut mengatakan kepada kami bahwa mereka memprioritaskan keterampilan saat mereka memeriksa kandidat untuk sebuah posisi." Lanjutnya.

Metode lain untuk menonjolkan diri adalah dengan mulai memposting konten online tentang pengetahuan profesional Anda, pengalaman kerja sebelumnya, atau tujuan karier di masa depan.

"Konten benar-benar mengarah pada pembangunan komunitas," jelas Chhabria.

"Jika saya berbicara tentang pekerjaan saya, saya bisa membuat pekerjaan saya menjangkau lebih banyak orang." tambahnya.

Bersiaplah untuk Pertanyaan 'Ceritakan Tentang Diri Anda'.

"Selalu siapkan diri Anda untuk pertanyaan pertama yang biasanya ditanyakan dalam sebuah wawancara, yaitu: Ceritakan tentang diri Anda," tambahnya.

"Saya rasa banyak orang meremehkan pertanyaan itu," ujarnya,

seraya menambahkan bahwa "pertanyaan itu adalah pernyataan Anda tentang mengapa Anda adalah orang yang paling tepat untuk pekerjaan itu."

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini dapat membantu Anda tampil menonjol dan memengaruhi hasil wawancara.

Chhabria merekomendasikan agar Anda mempersiapkan jawaban Anda dengan mendiskusikan pengalaman Anda dan mengaitkannya dengan mengapa pengalaman tersebut relevan dengan posisi dan tugas yang ada.

Ia mengklaim bahwa jawaban kandidat atas pertanyaan tersebut dapat membantunya memutuskan apakah mereka cocok untuk posisi tersebut atau tidak.

 

3 dari 3 halaman

Jujur pada Perjalanan Karier

Membicarakan jeda karier Anda setelah di-PHK bisa jadi menakutkan. "Jeda karier juga dipandang sebagai sesuatu yang sangat wajar bagi para profesional," lanjutnya. "Jujurlah dan transparanlah mengenai hal ini."

Bersikap jujur bisa membantu Anda membangun kepercayaan dengan pewawancara.

Dia juga mendorong untuk mendiskusikan bagaimana Anda menggunakan waktu Anda secara efektif.

"Apakah Anda berinvestasi untuk mempelajari keahlian baru, mengambil beberapa kursus pembelajaran di LinkedIn, atau melakukan beberapa pekerjaan lepas," bebernya.

Sangat penting untuk mendiskusikan bagaimana Anda menggunakan waktu Anda.

Jangan KritikTempat Kerja Sebelumnya

Setelah di-PHK, sangat mudah untuk berbicara negatif tentang perusahaan Anda sebelumnya.

Namun, Chhabria menyarankan untuk tidak mengkritik dalam diskusi.

"Saya menyarankan orang-orang untuk tidak menghabiskan waktu untuk itu," lanjutnya. "Banyak orang yang mengalami PHK pertama kali. Saya akan menanggapinya secara positif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.