Sukses

Daftar Terbaru Miliarder Termuda Dunia, Ada yang Usianya 19 Tahun

Menjadi seorang miliarder adalah sebuah prestasi yang luar biasa, terutama di usia yang begitu muda. Rata-rata miliarder berusia 66 tahun, dengan yang tertua berusia 102 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang miliarder adalah sebuah prestasi yang luar biasa, terutama di usia yang begitu muda. Rata-rata miliarder yang ada saat ini usianya 66 tahun. Bahkan yang tertua berusia 102 tahun.

Meskipun demikian, sejumlah kecil orang telah menjadi sangat kaya pada usia dini dan menjadi miliarder muda. Beberapa di antaranya merupakan hasil usaha sendiri, setelah mendirikan perusahaan terkemuka dan beberapa dari mereka ada yang menerima banyak bantuan.

Mengutip Forbes Kamis (4/4/2024), untuk pertama kalinya sejak 2009, sejumlah miliarder yang berusia di bawah 30 tahun memperolehkekayaannya dari warisan.  Sebuah hasil dari sejumlah pengusaha muda ini mencapai usia 30-an sebagai miliarder dari "transfer kekayaan yang besar".

Livia Voigt, dari Brasil, adalah miliarder termuda di dunia. Dia baru berusia 19 tahun dan masih kuliah, namun saham minoritasnya di WEG, perusahaan pembuat peralatan listrik yang didirikan oleh almarhum kakeknya, telah menghasilkan sekitar USD 1,1 miliar.

Ia dan kakaknya, Dora Voigt de Assis yang saat ini berusia 26 tahun, adalah dua dari tujuh wajah baru di antara  miliarder termuda, dan juga dua dari 18 ahli waris kelompok ini.

Mistry bersaudara, berusia 25 dan 27 tahun, adalah pewaris dari ornag terkaya di Irlandia, dengan perkiraan kekayaan masing-masing sebesar USD 4,9 miliar yang dimiliki oleh konglomerat Tata Sons yang berbasis di Mumbai, yang bergerak di bidang TI dan komunikasi, teknik, dan energi.

Mereka mewarisi kepemilikan minoritas mereka di Tata setelah kematian ayah mereka, Cyrus Mistry, pada tahun 2022, kurang dari tiga bulan setelah kakek mereka yang dihormati, Pallonji Mistry.

Adanya regenerasi warisan ini menandai dimulainya transfer kekayaan generasi yang telah lama ditunggu-tunggu di antara populasi yang menua di seluruh dunia.

Menurut Bank Sentral AS atau Federal Reserve (Fed), generasi Baby Boomers dan orang tua mereka (mereka yang lahir pada tahun 1964 atau lebih awal) memiliki USD 95,9 triliun dari USD 147,1 triliun kekayaan rumah tangga di AS.

Setiap tahun, triliunan dolar diprediksi akan berpindah tangan ketika para lansia kaya ini meninggal dunia dan mewariskan kekayaannya kepada keturunan mereka. Miliarder yang sudah menua seperti Charles Koch, 88 tahun, dan Phil Knight, 86 tahun, berencana mewariskan kekayaannya kepada anak-anak mereka.

Alasan lain mengapa banyak miliarder sangat muda yang menjadi ahli waris adalah Banyak milarder muda yang sukses secara mandiri, termasuk  Mark Zuckerberg dari Meta (39, Amerika Serikat),yang kini telah menjadi dewasa dan mereka tidak akan tergantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Miliarder Termuda 2024

Berikut adalah daftar 10 Miliarder Termuda menurut data Forbes 2024 :

1. Lilia Voigt

Usia: 19 tahun

Kewarganegaraan: Brasil

Sumber Kekayaan: Mesin Industri

Kekayaan Bersih: USD 1,1 Miliar

Pedro de Godoy Bueno adalah miliarder termuda di dunia, lahir di Brasil. Dia memiliki saham di perusahaan mesin industri WEG dan sedang mengejar gelar dalam bidang psikologi di universitas.

2. Clemente Del Vecchio

Usia: 19 tahun

Kewarganegaraan: Italia

Sumber Kekayaan: Kacamata

Kekayaan Bersih: USD 4,7 Miliar

Clemente Del Vecchio adalah pewaris keempat dari kekayaan kacamata. Dia memiliki saham di Delfin, perusahaan yang memiliki saham di EssilorLuxottica dan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

3. Kim Jung-youn

Usia: 20 tahun

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Sumber Kekayaan: Game Online

Kekayaan Bersih: USD 1,4 Miliar

Kim Jung-youn dan saudaranya memiliki saham di pengembang game Nexon, yang menghasilkan kekayaan besar bagi mereka melalui dividen dan kepemilikan saham.

4. Kevin David Lehmann

Usia: 21 tahun

Kewarganegaraan: Jerman

Sumber Kekayaan: Toko Obat

Kekayaan Bersih: USD 3,3 Miliar

Kevin David Lehmann mewarisi saham di merek toko obat terkemuka di Jerman dari ayahnya. Meskipun tidak terlibat secara operasional, kepemilikan sahamnya membuatnya menjadi miliarder muda.

5. Kim Jung-min

Usia: 22 tahun

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Sumber Kekayaan: Game Online

Kekayaan Bersih: USD 1,4 Miliar

Kim Jung-min adalah pewaris saham di Nexon, penerbit game online terkemuka Korea Selatan-Jepang, yang didirikan oleh ayahnya.

3 dari 3 halaman

Urutan 6 sampai 10

6. Luca Del Vecchio

Usia: 22 tahun

Kewarganegaraan: Italia

Sumber Kekayaan: Kacamata

Kekayaan Bersih: USD 4,7 Miliar

Luca Del Vecchio adalah saudara kandung Clemente Del Vecchio dan memiliki saham di perusahaan yang sama, Delfin.

7. Remi Dassault

Usia: 22 tahun

Kewarganegaraan: Prancis

Sumber Kekayaan: Warisan

Kekayaan Bersih: USD 2,5 Miliar

Remi Dassault mewarisi kekayaannya dari ayahnya, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter. Kekayaannya berasal dari saham di perusahaan perangkat lunak dan perusahaan pesawat.

8. Zahan Mistry

Usia: 25 tahun

Kewarganegaraan: Irlandia

Sumber Kekayaan: Terdiversifikasi

Kekayaan Bersih: USD 4,9 Miliar

Zahan Mistry memiliki saham di konglomerat Tata dan perusahaan konstruksi Shapoorji Pallonji Group.

9. Stanley Tang

Usia: 31 tahun

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Sumber Kekayaan: DoorDash

Kekayaan Bersih: USD 1,2 Miliar

Stanley Tang adalah salah satu pendiri DoorDash, sebuah perusahaan pengiriman makanan yang berhasil di AS.

10. Palmer Luckey

Usia: 31 tahun

Kewarganegaraan: Amerika Serikat

Sumber Kekayaan: Realitas Virtual, Teknologi Pertahanan

Kekayaan Bersih: USD 2,3 Miliar

Palmer Luckey adalah pendiri Oculus VR dan Anduril, dua perusahaan yang sukses di bidang realitas virtual dan teknologi pertahanan.

Para miliarder muda ini menunjukkan bahwa usia bukanlah halangan untuk meraih kesuksesan finansial yang besar. Dengan bakat, kesempatan, dan kerja keras, mereka telah berhasil membangun kekayaan yang mengesankan, menempatkan mereka di posisi puncak dalam dunia bisnis global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini