Sukses

Kasih Diskon Tarif Tol 20 Persen saat Mudik Lebaran 2024, Jasa Marga Mau Tambah Lagi?

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menuturkan, Jasa Marga memberikan diskon sebesar 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol pada momen mudik Lebaran 2024. Kali ini diterapkan diskon sebesar 20 persen.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana menjelaskan, ini jadi satu kemudahan yang diberikan. Lantas, apakah besaran diskon bisa bertambah lebih besar?

Lisye tak berkomentar banyak ketika ditanya kemungkinan pemberian diskon tarif tol lebih besar. Dia hanya menegaskan Jasa Marga memberikan diskon sebesar 20 persen dan tak ada perubahan.

"Jasa Marga sejak awal memberlakukan potongan tarif tol sebesar 20 persen, tidak ada yang berubah," ucap Lisye kepada Liputan6.com, Rabu (3/4/2024).

Perlu diketahui, Jasa Marga bersama kelompok usahanya beserta sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya di Jalan Tol Trans Jawa mulai memberlakukan potongan tarif sejak 3-5 April 2024 mendatang. Ini dimulai pada 05.00 WIB pagi tadi.

Potongan tarif tol 20 persen tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik.

Lisye menekankan, tujuan pemberlakuan potongan tarif tol ini untuk menghindari terkonsentrasi satu titik waktu pada puncak arus mudik yang diprediksi jatuh pada Sabtu, 6 April 2024.

"Hal yang penting untuk diingat oleh pengguna jalan adalah potongan tarif hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll). Potongan tarif tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo e-toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan,” ujar Lisye.

"Untuk itu sebelum memulai perjalanan, sekali lagi pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Kalikangkung untuk menghindari antrean di gerbang tol,” ia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semua Golongan Kendaraan

Lisye menyebut, potongan tarif 20 persen akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan. Untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati beberapa ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group di antaranya Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang dan Semarang Seksi ABC serta jalan tol Non Jasa Marga Group di antaranya Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang.

"Pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung pada saat melakukan tap out di gerbang tol keluar yaitu di GT Kalikangkung pada periode arus mudik atau GT Cikampek Utama pada periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan," kata dia.

"Sehingga potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan _tap out_ pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB. Maka dari itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan waktu perjalanan pada arus mudik dan arus balik sebaik mungkin agar dapat memanfaatkan potongan tarif 20 persen," ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Rincian Tarif Diskon

Besaran potongan tarif tol 20 persen untuk tarif perjalanan menerus arus mudik dari Jakarta menuju Semarang (hanya berlaku pada Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB, hanya untuk asal GT Cikampek Utama menuju GT Kalikangkung). Rinciannya;

Kendaraan Golongan I: Semula Rp400.000 menjadi Rp320.000, potongan tarif sebesar Rp80.000

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp617.500 menjadi Rp494.000, potongan tarif sebesar Rp123.500

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp813.500 menjadi Rp650.800, potongan tarif sebesar Rp162.700

Potongan tarif tol 20 persen akan kembali berlaku pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445/Tahun 2024 yaitu mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta (hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama) dengan besaran tarif sebagai berikut:

Kendaraan Golongan I: Semula Rp421.500 menjadi Rp337.200, potongan tarif sebesar Rp84.300

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp649.500 menjadi Rp519.600, potongan tarif sebesar Rp129.900

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp856.500 menjadi Rp685.200, potongan tarif sebesar Rp171.300

 

4 dari 4 halaman

Jasa Marga Siap Beri Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran 2024

Sebelumnya diberitakan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana untuk memberikan diskon tarif tol pada musim Mudik Lebaran 2024. Pemberian diskon tarif tol di mudik kali ini sesuai dengan permintaan pemerintah.

"(Terkait) potongan tarif tol, jadi asosiasi jalan tol sudah berkirim surat ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)," kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Fitri Wiyanti, dalam konferensi pers Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024 di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Sayangnya, Fitri enggan mengungkapkan besaran diskon tarif tol yang akan diberikan pada saat perayaan mudik Lebaran tahun ini. Termasuk ruas-ruas jalan tol yang akan menerapkan diskon tarif tol bagi pengguna.

"Kami akan memberikan jawaban rencananya nanti memang dari asosiasi akan melakukan pers release gitu ya. Nanti akan disampaikan besaran potongan tarif tol, ruas yang akan diberlakukan, kemudian periode waktunya di tanggal berapa aja," beberapa Fitri.

Saat ini, masing-masing pengelola ruas jalan tol masih menghitung besaran diskon tarif tol yang akan diberlakukan saat mudik lebaran. Selanjutnya, pengelola ruas jalan tol juga harus melaporkan besaran diskon tarif kepada ke badan usaha jalan tol (BUJT).

"Saat ini, masih proses di asosiasi jalan tol mengungkapkan informasi dari seluruh BUJT yang ruasnya akan dilakukan potongan tarif tol. Karena mereka harus berhitung dan izin ke stakeholder nya juga ya pak," tegas Fitri.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini