Sukses

Malaysia Gratiskan Tarif Jalan Tol saat Libur Lebaran 2024

Pemerintah Malaysia mengungkapkan akan memberlakukan bebas tarif pada jalan tol pada tanggal 8 dan 9 April untuk menyambut Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Malaysia mengungkapkan akan memberlakukan bebas tarif pada jalan tol pada tanggal 8 dan 9 April untuk pengguna kendaraan pribadi, menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran di negara itu.

Mengutip laman Bernama, Senin (1/4/2024) Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi mengatakan bahwa tarif gratis jalan tol akan diberlakukan di seluruh gerbang tol kecuali yang berada di perbatasan negara, yakni Tol Gedung Sultan Iskandar (BSI) dan To Plaza Tanjung Kupang di Johor.

Dia menerangkan, periode bebas tarif jalan tol akan dimulai pada tanggal 8 April (Senin) dan berakhir pada pukul 23.59 waktu setempat pada tanggal 9 April (Selasa), dengan alokasi kompensasi sebesar 37,6 juta Ringgit.

Keputusan tarif gratis ini diambil dalam rapat Kabinet Malaysia pada 7 Februari laluz

“Dengan adanya pembebasan tol ini, diharapkan jumlah kendaraan meningkat 2,46 juta per hari di seluruh jaringan jalan tol,” ungkap Nanta kepada wartawan usai meninjau tempat istirahat dan pelayanan arah selatan Seremban.

Pakai Aplikasi

Nanta pun memberi semangat kepada pengendara di jalan tol Utara-Selatan untuk merencanakan perjalanan mereka dengan mengikuti jadwal Travel Time Advisory (TTA) yang disarankan melalui aplikasi MyPLUS-TTA.

Aplikasi ini memungkinkan wisatawan di Malaysia untuk memilih waktu perjalanan yang paling sesuai berdasarkan pintu masuk dan keluar jalan tol.

“Saya juga ingin memberi saran kepada pengguna bahwa meskipun undang-undang dan fasilitas sudah ada untuk menjamin keselamatan, hal ini masih bergantung pada kita. Kita harus berhati-hati dan tidak bergantung sepenuhnya pada perusahaan pemegang konsesi,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Pereda Kemacetan Selama Periode Libur Idul Fitri

Nanta menegaskan, dalam upaya mengurangi kemacetan selama libur Idul Fitri, Otoritas Jalan Tol Malaysia dan perusahaan konsesi akan mengaktifkan Jalur Cerdas di 18titik-titik strategis di sepanjang Jalan Raya PLUS, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan menjamin kelancaran arus lalu lintas.

Ia mencatat, ini mencakup tiga lokasi baru dibandingkan dengan 15 lokasi Smart Lane yang diterapkan saat Tahun Baru Imlek pada Februari lalu.

Rambu-rambu yang jelas untuk aktivasi Jalur Cerdas dipasang dengan interval 500 meter, dengan rambu peringatan 200 meter sebelum dimulainya dan berakhirnya serta lampu indikator berkedip setiap 1 kilometer, tambahnya.

“Selanjutnya, tampilan Variable Message Sign (VMS) seluler dikerahkan untuk menginformasikan kepada pengguna tentang pengaktifan/penghentian pengoperasian Smart Lane. Hanya diaktifkan pada jam sibuk untuk mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Selain itu, Ia mengingatkan agar pengendara sepeda motor untuk berhati-hati saat menggunakan jalur darurat karena bisa saja tidak menyadari jika jalur tersebut sudah diaktifkan sebagai Jalur Pintar dan ada kemungkinan ada kendaraan lain yang menggunakan jalur tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini