Sukses

Mudik Lebaran 2024, Garuda Indonesia dan Citilink Siapkan 1,4 Juta Kursi

Selama arus mudik dan balik lebaran, maskapai Garuda Indonesia dan Citilink siapkan 1.4 juta kursi penumpang.

Liputan6.com, Jakarta Selama arus mudik dan balik lebaran, maskapai Garuda Indonesia dan Citilink siapkan 1.4 juta kursi penumpang. Jumlah tersebut juga termasuk untuk extraflight yang diajukan ke otoritas penerbangan.

"Dari waktu ke waktu kita lihat peningkatan yg memadai kita sih berharap 1,4 juta itu lebih dari cukup," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, Selasa (26/3/2024).

Irfan juga menyebut, saat musim mudik lebaran tiba, tren yang terjadi yakni para pengguna transportasi udara mayoritas ramai pada rute-rute tujuan wisata seperti Bali dan Surabaya untuk domestik dan Singapura untuk internasional.

"Memang beberapa tahun terakhir ini kami menyaksikan bahwa yang dengan Garuda ini gak semuanya mudik sebagian dari tahun ke tahun penumpang meningkat yang berlibur, karena memang masa liburannya panjang," jelas Irfan.

Pihaknya pun memprediksi, pada 6 April akan menjadi peak time atau puncak arus mudik Lebaran 2024 dari Jakarta. Sementara, arus balik pada 14 April 2024 sesuai hari cuti bersama.

"Tentu saja kita akan memonitor khususnya destinasi tertentu yang memang tuntutannya lebih banyak dan memungkinkan kita terbang ke sana. Memungkinkan ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya apakah ada pesawat yang tersedia, dan apakah ada slot yang tersedia. Jadi slot yang cukup dan pas untuk para penumpang kita," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia sepanjang 2023

PT Garuda Indonesia Tbk masuk dalam jajaran maskapai paling tepat waktu di dunia sepanjang 2023. Pengakuan internasional ini diberikan oleh OAG Flightview, lembaga independen Inggris yang menilai tingkat ketepatan waktu (on-time performance) untuk maskapai penerbangan global.

Garuda Indonesia menduduki peringkat pertama dari Top 20 Global Airlines sekaligus menjadi maskapai dengan tingkat ketepatan waktu terbaik di Asia Pasifik yang direpresentasikan melalui persentase On-Time Performance (OTP) mencapai 95,28% untuk total lebih dari 49 ribu penerbangan yang dioperasikan selama 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, pencapaian ini jadi optimisme tersendiri bagi Garuda Indonesia sebagai flag carrier untuk terus mengoptimalkan berbagai lini layanan dan operasional agar dapat menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi masyakat.

Selain itu, pengakuan ini juga menjadi salah satu cerminan semangat dan komitmen yang dipegang teguh oleh seluruh karyawan Garuda Indonesia dalam memberikan sebuah layanan penerbangan aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat selama lebih dari 7 dekade.

“Bertepatan dengan peringatan HUT Garuda Indonesia yang ke-75, kami meyakini bahwa kepercayaan pengguna jasa secara berkelanjutan terhadap layanan penerbangan Garuda terbentuk dari core value yang terus kami jaga baik itu aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan termasuk di dalamnya ketepatan waktu berangkat dan tiba sesuai jadwal,” jelas Irfan dalam keterangan tertulis, Rabu (31/1/2024).

 Lebih lanjut Irfan, Garuda Indonesia menyadari bahwa di tengah fase pascapandemi, ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh industri penerbangan di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.