Sukses

Mantan Istri Jeff Bezos Kembali Beramal Besar-besaran, Nilainya Rp 10 Triliun

Miliarder pegiat filantropi, MacKenzie Scott kembali mengeluarkan dana bernilai fantastis dalam kegiatan amal.Mantan istri Jeff Bezos itu menyumbangkan dana hingga USD 640 juta atau setara Rp 10 triliun kepada organisasi nirlaba.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder pegiat filantropi, MacKenzie Scott kembali mengeluarkan dana bernilai fantastis dalam kegiatan amal. Mantan istri Jeff Bezos itu menyumbangkan dana hingga USD 640 juta atau setara Rp 10 triliun kepada organisasi nirlaba, lebih dari dua kali lipat jumlah donasi yang direncanakan sebelumnya untuk tahun ini.

Melansir BBC, Kamis (21/3/2024) MacKenzie Scott mengumumkan minggu ini bahwa dia akan memberikan uang tersebut kepada 361 kelompok kecil, dari lebih dari 6.000 organisasi yang mengajukan permohonan pendanaan.

Scott awalnya berencana untuk memberikan 250 pendanaan sebesar USD 1 juta setiap tahun.

 

Sejauh ini, Scott telah menyumbangkan USD 16,5 miliar atau Rp. 258,3 triliun sejak perceraiannya dengan Jeff Bezos pada tahun 2019.

 

Majalah bisnis Forbes mencatat, Scott memiliki kekayaan bersih sebesar USD 37,5 miliar atau Rp 587,1 triliun, yang menempatkannya sebagai perempuan terkaya keempat di dunia, dan telah berjanji untuk menyumbangkan setengah dari kekayaannya selama hidupnya.

Sebagian besar kekayaan Scott berasal dari 4 persen saham Amazon yang termasuk dalam penyelesaian perceraiannya dengan Bezos.

Beberapa organisasi penerima dana dari Scott antara lain American Civil Liberties Union (ACLU) Alabama, Justice for Migrant Women, Sacramento LGBT Community Center, dan Mental Health Advocacy Services.

Pendanaan Sebagai Bentuk Apresiasi

Scott menulis di media sosial bahwa uang tersebut telah diberikan kepada kelompok-kelompok "atas kerja luar biasa mereka dalam memajukan suara dan peluang individu dan keluarga yang tidak mampu, dan kelompok yang mengalami diskriminasi dan hambatan sistemik lainnya".

Tahun ini, Scott memutuskan pendekatannya di masa lalu dalam mencari organisasi dan kemudian menghubungi mereka secara diam-diam untuk menawarkan pendanaan dalam jumlah besar dan tidak terbatas.

Setelah meninjau semua permohonan, dia memberi 279 organisasi nirlaba USD 2 juta per lembar, sementara 82 kelompok diberi masing-masing USD 1 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mantan Istri Jeff Bezos, Miliarder Mackenzie Scott Jual Saham Amazon Setara Rp 157,77 Triliun

Mantan istri orang terkaya dunia Jeff Bezos, MacKenzie Scott terus menjual saham Amazon senilai miliaran dolar Amerika Serikat.

Dikutip dari CNN, Sabtu (27/1/2024), pada 2023, MacKenzie Scott melepas hampir 65,3 juta saham Amazon, yang saat ini bernilai lebih dari USD 10 miliar atau sekitar Rp  157,76 triliun (asumsi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.776), menurut sebuah pengajuan.

Setelah perceraian MacKenzie Scott dengan pendiri Amazon Jeff Bezos selesai pada 2019, Scott menjadi perempuan terkaya di dunia yang menerima sekitar 19,7 juta saham setara dengan 4 persen dari total saham beredar Amazon.

Sejak saat itu, ia telah menjual sebagian sahamnya di Amazon dan menyumbangkan miliaran dolar AS untuk amal.

Bezos mempertahankan hak suara atas saham Scott sebagai bagian dari perjanjian, itulah sebabnya ia melaporkan kepada SEC ketika mengungkapkan 11,5 persen sahamnya di perusahaan tersebut.

Pada 2019, Scott menandatangani Giving Pledge, sebuah janji yang ditandatangani oleh ratusan orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka. Janji tersebut telah ditandatangani oleh raksasa bisnis seperti Warren Buffett, Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Jeff Bezos bukan salah satu pihak yang ikut menandatangani perjanjian itu. Kepada CNN pada 2022, ia menuturkan berencana untuk mencurahkan sebagian besar kekayaannya untuk memerangi perubahan iklim dan mendukung orang-orang yang dapat mempersatukan umat manusia.

Pada Desember, Scott mengumumkan telah memberikan sumbangan sebesar USD 2,15 miliar selama setahun terakhir melalui yayasannya, Yield Giving. Organisasi nirlaba itu telah menyumbang kepada 360 organisasi, menurut pengumuman tersebut.

Mackenzie Scott telah jual saham Amazon senilai miliaran dolar Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir, kekayaan bersihnya masih lebih dari USD 37 miliar atau sekitar Rp 583,51 triliun, menurut indeks Bloomberg Billionaire.

3 dari 3 halaman

Mantan Istri Jeff Bezos, Miliarder MacKenzie Scott Sumbang Rp 33,4 Triliun untuk 360 Organisasi

Sebelumnya diberitakan, filantropis sekaligus miliarder MacKenzie Scott telah menyumbangkan sebesar USD 2,15 miliar atau sekitar Rp 33,47 triliun (asumsi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.567) dalam setahun terakhir.

Mantan istri Jeff Bezos ini mengumumkan hal tersebut melalui situs webnya Yield Giving. MacKenzie Scott menuturkan, organisasi nirlaba itu menyumbang kepada 360 organisasi. Setiap organisasi dapat menggunakan lebih banyak rekan. Penyebabnya sangat beragam.Demikian mengutip laman CNN, ditulis Sabtu (9/12/2023).

Ia memberikan sumbangan kepada Asian American Journalists tetapi jumlah tidak diungkapkan. Ia memberikan sumbangan USD 12 juta atau sekitar Rp 186,81 miliar kepada Howard University College of Medicine. Organisasi yang memberikan bantuan kepada masyarakat pedesaan di Indonesia, dan beberapa layanan bantuan hukum menerima sumbangan.

Yield Giving menyimpan database jumlah donasi dari filantropi. Hampir semua yang diungkapkan mencapai jutaan dan beberapa di antaranya antara lain Canopy Planet (environmental justice), Start Early (perkembangan anak) menerima USD 10 juta atau sekitar Rp 155,67 miliar. Beberapa sumbangan mencapai USD 20 juta atau sekitar Rp 310,93 miliar.

Pada 2022, MacKenzie Scott mengatakan, timnya telah menyumbang lebih dari USD 3,8 miliar kepada 465 organisasi selama sembilan bulan. Ia menyumbangkan sekitar USD 436 juta kepada Habitat for Humanity dan USD 84,5 juta kepada Girl Scouts of the USA yang merupakan sumbangan terbesar dari satu individu.

Scott dikenal dengan aksi filantropisnya dan sumbangan mengejutkan ke organisasi. Sebelumnya ia membantu membangun raksasa teknologi Amazon bersama suaminya Jeff Bezos. Pasangan itu bercerai pada 2019. Namun, ia menjadi miliarder. Saat ini, ia memiliki kekayaan sekitar USD 33,7 miliar atau sekitar Rp 524,27 triliun, menurut indeks Bloomberg Billlionaires.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.