Sukses

Setelah 17 Tahun, Bank of Japan Kerek Suku Bunga ke 0,1 Persen

Bank of Japan memperingatkan bahwa mereka tidak akan memulai kenaikan suku bunga secara agresif.

Liputan6.com, Jakarta Bank sentral Jepang menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2007, mengakhiri satu-satunya rezim suku bunga negatif di dunia karena tanda-tanda awal kenaikan upah yang kuat tahun ini.

Sebagai informasi, rezim suku bunga negatif di Jepang telah berlaku sejak tahun 2016. Namun Bank of Japan memperingatkan bahwa mereka tidak akan memulai kenaikan suku bunga secara agresif.

Mengutip CNBC International, Selasa (19/2/2024) BOJ mengatakan bahwa pihaknya mengantisipasi kondisi keuangan yang akomodatif untuk saat ini, mengingat rapuhnya pertumbuhan negara ekonomi terbesar keempat di dunia tersebut.

BOJ menaikkan suku bunga jangka pendeknya menjadi sekitar 0 persen menjadi 0,1 persen dari -0,1 persen menurut pernyataannya pada akhir pertemuan kebijakan dua hari di bulan Maret.

BOJ juga menghapuskan kebijakan pengendalian kurva imbal hasil (yield curve control) yang radikal untuk obligasi negaranya, yang digunakan bank sentral untuk menargetkan suku bunga jangka panjang dengan membeli dan menjual obligasi jika diperlukan.

Namun BOJ akan terus membeli obligasi pemerintah dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya; saat ini sekitar 6 triliun yen per bulan.

Respon Cepat

Pemerintah akan menggunakan respon yang cepat dalam bentuk peningkatan pembelian JGB dan pembelian JGB dengan suku bunga tetap, antara lain, jika terjadi kenaikan pesat dalam suku bunga jangka panjang, kata BOJ.

Selain itu, BOJ juga mengatakan akan berhenti membeli dana yang diperdagangkan di bursa dan dana investasi real estat Jepang (J-REITS).

BOJ juga menyatakan akan secara perlahan mengurangi pembelian surat berharga dan obligasi korporasi, dengan tujuan menghentikan praktik ini dalam waktu sekitar satu tahun.

Perubahan-perubahan ini menandai perubahan bersejarah dan mewakili kemunduran paling tajam dalam salah satu upaya pelonggaran moneter paling agresif di dunia, yang bertujuan untuk mengangkat perekonomian Jepang keluar dari spiral deflasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yen Jepang Loyo Setelah Berita Kenaikan Suku Bunga BOJ

Yen Jepang melemah hingga 149.92 terhadap greenback, sedangkan Nikkei, indeks saham berayun antara untung dan rugi setelah keputusan suku bunga BOJ.

Pasar keuangan telah melakukan reposisi selama sepekan terakhir karena laporan berita lokal Jepang dan hasil awal negosiasi upah meningkatkan spekulasi bahwa BOJ dapat menormalisasi suku bunga sebulan sebelumnya, menjelang pertemuan bulan April.

Sebelumnya, BOJ hampir tidak beranjak dari postur kebijakan moneternya yang sangat longgar meskipun inflasi inti, yang tidak termasuk harga pangan dan energi melebihi target 2 persen selama lebih dari setahun, karena para pembuat kebijakan memandang kenaikan harga sebagian besar disebabkan oleh impor.

3 dari 3 halaman

Negosiasi Upah

Gubernur BOJ Kazuo Ueda telah berulang kali mengatakan hasil negosiasi upah tahunan “shunto” tahun ini akan menjadi kunci bagi kenaikan harga yang berkelanjutan.

Bank of Japan memperkirakan gaji yang lebih tinggi akan mengarah pada spiral yang baik karena permintaan domestik akan memicu inflasi.

"Harga jasa terus meningkat secara moderat, sebagian disebabkan oleh kenaikan upah moderat yang terlihat sejauh ini," kata BOJ dalam sebuah pernyataan.

"Seiring dengan data terkini dan informasi anekdot yang secara bertahap menunjukkan bahwa siklus baik antara upah dan harga telah menjadi lebih solid, Bank Dunia menilai bahwa target stabilitas harga akan tercapai secara berkelanjutan dan stabil menjelang akhir tahun, periode proyeksi laporan prospek Januari 2024," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini