Sukses

Dividen Perusahaan Global Sentuh USD 1,66 Triliun pada 2023, Microsoft Pembayar Terbesar

Lima perusahaan Amerika Serikat masuk dalam 10 besar pembayaran dividen terbesar pada 2023. Microsoft kembali sebagai pembayar dividen terbesar.

Liputan6.com, Jakarta - Dividen perusahaan global naik 5 persen ke rekor USD 1,66 triliun pada 2023, didorong oleh pertumbuhan pembayaran dividen bank mengkompensasi distribusi yang lebih rendah dari sektor pertambangan.

Melansir MarketWatch, Kamis (14/3/2024)  Microsoft merebut kembali posisi sebagai pembayar dividen terbesar pada 2023. Lima perusahaan AS masuk dalam daftar 10 besar, dengan dua raksasa teknologi Microsoft MSFT dan Apple AAPL masing-masing menempati posisi pertama dan kedua.

Meskipun imbal hasil dividen kedua perusahaan kecil, yaitu masing-masing 0,74 persen dan 0,56 persen, kapitalisasi pasar perusahaan tersebut menyentuh USD 3 triliun dan USD 2,6 triliun membuat pembayaran tunai tersebut sangat besar.

Dalam survei kuartalan terhadap 1.200 perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, fund manager yang berbasis di Inggris Janus Henderson mengatakan, 86 persen perusahaan menaikkan dividen atau mempertahankannya tetap stabil selama periode tersebut.

Kuartal keempat 2023 tergolong kuat, dengan pertumbuhan dasar sebesar 7,2 persen. Janus Henderson pun memperkirakan dividen perusahaan global akan lanjut tumbuh hingga USD 1,72 triliun pada 2024, naik 3,9 persen secara headline dan setara dengan pertumbuhan dasar sebesar 5,0 persen.

Janus Henderson mengatakan tingkat pertumbuhan mendasar menyesuaikan perubahan utama untuk memperhitungkan dampak nilai tukar, dividen khusus yang mudah berubah dan faktor teknis yang terkait dengan kalender dividen dan perubahan indeksnya.

"Pesimisme terhadap perekonomian global terbukti tidak berdasar pada tahun 2023 dan meskipun prospeknya tidak pasti, dividen tetap didukung dengan baik. Arus kas perusahaan di sebagian besar sektor tetap kuat dan memberikan banyak kekuatan untuk dividen dan pembelian kembali saham,” kata Kepala Riset Janus Henderson, Ben Lofthouse.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Pembayar Dividen Tertinggi

Lofthouse menambahkan, meskipun efek tertinggal dari kenaikan suku bunga akan terus berdampak pada pembayaran melalui pertumbuhan ekonomi global yang lebih lamba,  dan biaya pendanaan yang lebih besar bagi perusahaan, dia tetap optimis terhadap dividen pada tahun 2024.

"Tingkat pertumbuhan dividen AS pada kuartal keempat menjadi pertanda baik selama setahun penuh, perusahaan-perusahaan Jepang telah memulai proses pengembalian lebih banyak modal kepada pemegang saham, Asia tampaknya akan meningkat, dan dividen di Eropa juga baik. tertutup,” ungkapnya.

Indonesia Masuk Daftar Pembayaran Dividen Tertinggi

22 negara, termasuk Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Italia, Kanada, Meksiko dan Indonesia, memberikan pembayaran yang mencapai rekor tertinggi, ungkap Janus Henderson.

Eropa, kecuali Inggris, menyumbang 40 persen dari peningkatan global karena pembayaran di wilayah tersebut meningkat 10,4 persen menjadi rekor USD 300,7 miliar.

Jepang juga merupakan kontributor utama pertumbuhan dividen global, dengan 91 persen perusahaan menaikkan pembayaran atau mempertahankannya.

Amerika Serikat memberikan kontribusi paling signifikan terhadap pertumbuhan dividen global, meskipun kenaikannya sebesar 5,1 persen sejalan dengan rata-rata global, kata Janus Henderson.

Dalam hal sektor bisnis, banklah yang paling banyak melakukan pekerjaan berat, dengan memberikan dividen sebesarUSD 220 miliar pada 2023, melonjak 15 persen dari tahun sebelumnya, dan menyumbang 26 persen dari total pembayaran global. 

China Construction Bank 601939 dan JPMorgan Chase JPM termasuk dalam sepuluh besar pembayar dividen global untuk 2023.

 

3 dari 4 halaman

Setengah Portofolio Bill Gates Diinvestasikan pada Tiga Saham Dividen Ini

Sebelumnya diberitakan, banyak miliarder dunia menyukai saham dividen. Selain Warren Buffett dan Ken Griffin, rupanya Bill Gates juga termasuk. Meskipun dia tidak mengelola perusahaan publik atau hedge fund seperti yang dilakukan Buffett dan Griffin, Bill Gates menyumbangkan sejumlah besar uang kepada Bill & Melinda Gates Foundation Trust.

Lebih dari separuh portofolio yayasan amal senilai USD 42 miliar ini diinvestasikan dalam tiga saham dividen. Saham-saham tersebut, pertama, Microsoft. Tidak mengherankan jika Microsoft (MSFT) tetap menjadi saham favorit Gates.

Bagaimanapun, dia ikut mendirikan perusahaan teknologi bersama Paul Allen dan memimpinnya selama bertahun-tahun. Microsoft menempati peringkat teratas dalam Gates Foundation Trust sejauh ini, menyumbang 33,98% dari total portofolionya pada akhir tahun 2023.

Banyak perusahaan teknologi tidak membayar dividen, namun Microsoft merupakan pengecualian. Perusahaan memulai program dividen pada 2003. Selama 10 tahun terakhir, Microsoft telah meningkatkan pembayaran dividennya hampir 168%. Namun hasil dividennya masih hanya 0,74%.

Salah satu alasan utama mengapa imbal hasil begitu rendah adalah harga saham Microsoft yang melonjak. Stoknya telah meningkat pesat selama 10 tahun terakhir dan naik hampir 60% selama 12 bulan terakhir.

 

4 dari 4 halaman

Saham Caterpillar

Melansir Motley Fool, Senin (11/3/2024), saham dividen yang dikempit Gates selanjutnya adalah Perusahaan Kereta Api Nasional Kanada (Canadian National Railway/CNI) menempati peringkat ketiga perusahaan induk terbesar, yang menyumbang hampir 16,3% dari total portofolio.

CNI tidak terbatas hanya di Kanada. Negara ini juga memiliki jalur kereta api sepanjang 20.000 mil atau lebih yang mengangkut barang di AS bagian tengah. Perusahaan juga menawarkan layanan transportasi dan logistik selain pengoperasian kereta api.

Perusahaan transportasi ini telah meningkatkan dividennya selama 28 tahun berturut-turut, yang terakhir meningkatkan pembayaran dividennya sebesar 7% pada kuartal pertama tahun 2024. Hasil dividennya saat ini mencapai 1,94%.

Selanjutnya, saham Caterpillar (CAT) bertengger di posisi terbesar kelima untuk Gates Foundation. Itu merupakan 5,14% dari total portofolio. Hal ini membuat bobot gabungan ketiga saham dividen tersebut menjadi 55,41%.

Caterpillar telah menghasilkan pendapatan dividen yang bagus untuk Gates Foundation selama bertahun-tahun. Perusahaan telah membayar dividen setiap kuartal sejak 1933 dan telah meningkatkan pembayarannya selama 29 tahun berturut-turut. Dividennya sekarang menghasilkan imbal hasil 1,55%.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.