Sukses

Harga Emas Dunia Tembus Level Tertinggi dalam Sejarah Lagi

Harga emas menguat ke rekor tertingginya pada hari Rabu

Liputan6.com, Jakarta Harga emas menguat ke rekor tertingginya pada hari Rabu, membangun momentum luar biasa yang sebagian besar didorong oleh spekulasi pelonggaran moneter AS. 

Dikutip dari CNBC, Kamis (7/3/2024), harga emas batangan naik 0,8% menjadi USD 2,145.49 per ounce setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa USD 2,152.09 di awal sesi.

Sementara itu, harga emas berjangka AS ditutup 0,8% lebih tinggi pada USD 2,158.2.

Harga emas batangan mendapat dorongan tambahan karena dolar AS melemah setelah Ketua Fed Jerome Powell mengindikasikan penurunan suku bunga pada akhir tahun ini.

“Emas kemungkinan akan terdorong lebih tinggi karena sentimen bullish masih dominan. Namun, emas batangan mungkin memerlukan sedikit waktu untuk mencerna komentar Powell secara keseluruhan serta melihat laporan ketenagakerjaan pada hari Jumat,” kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

Emas menderita ketika suku bunga AS yang tinggi meningkatkan imbal hasil aset pesaing seperti obligasi dan meningkatkan nilai dolar, sehingga membuat emas batangan menjadi lebih mahal bagi pembeli di luar negeri.

“Pastinya terdapat data makro yang mendorong kita ke arah ini dan tindak lanjut dari ekspektasi kebijakan dari The Fed... namun respons di pasar emas jauh lebih besar dibandingkan dengan apa yang disarankan oleh model nilai wajar jangka panjang,” kata Michael Hsueh, Analis Strategi Valas & Komoditas di Deutsche Bank.

Penurunan Suku Bunga AS

Pedagang sekarang melihat peluang 70% untuk penurunan suku bunga Fed pada bulan Juni.

“CTA sekarang melakukan aksi beli pada semua silinder emas, dengan dana memegang sekitar 80% dari posisi max long bersejarah mereka,” tulis Ryan McKay, ahli strategi komoditas senior di TD Securities.

Patokan harga emas London mencapai titik tertinggi sepanjang masa di USD 2,142.85 per troy ounce pada lelang sore hari, kata London Bullion Market Association.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Emas Pekan Ini

 Harga emas di pasar spot global mendekati harga USD 2.100 per ounce, tepatnya di kisaran USD 2.082 per ounce pada Minggu, 3 Maret 2024, kemarin. 

Sedangkan untuk pergerakan harga emas dunia pekan ini para analis menyebut pasar bersiap menghadapi minggu besar, yang penuh dengan risiko makroekonomi yang signifikan.

Reli pasar emas dimulai pada Kamis karena harga melampaui resistensi awal di atas USD 2.050 per ounce setelah alat pengukur inflasi Federal Reserve menunjukkan kenaikan harga konsumen yang tidak terlalu besar.

Prediksi Analis

Analis pasar senior di FxPro, Alex Kuptsikevich mengatakan reli terbaru ini menunjukan kemampuan emas untuk tetap naik. 

“Keuntungan pada hari Kamis dan Jumat (pekan lalu) menegaskan kembali kemampuan emas untuk naik di atas rata-rata pergerakan 50 hari, yang gagal dilakukan sebulan lalu,” kata Kuptsikevich, dikutip dari Kitcoi, Senin (4/3/2024).

Sementara emas telah berhasil menembus resistensi di USD 2,050, Kuptsikevich menambahkan bahwa level resistensi utama berikutnya yang harus diperhatikan adalah USD 2.088. 

“Pada saat yang sama, pasar dapat melihat kenaikan yang signifikan jika momentum ini bertahan,” jelasnya. 

Dalam sebuah catatan, Kepala Strategi Logam di MKS PAMP, Nicky Shiels mencatat pergerakan emas ke luar mungkin merupakan hasil dari konsolidasi selama berbulan-bulan. Ia mengatakan momentum dapat mendorong harga emas lebih tinggi, namun gambaran fundamentalnya tetap sama untuk saat ini.

“Dengan posisi emas dan perak yang masing-masing berjalan netral & pendek, pergerakan harga yang terkompresi secara teknis dan sentimen keseluruhan pada logam mulia habis, hal ini benar-benar merupakan cara untuk pergerakan besar yang tidak dapat dijelaskan,” ujar Shiels.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini