Sukses

Jokowi Rencana Berkantor di IKN Mulai Juli, Progress Pembangunan Sampai Mana?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggu penyelesaian bandara dan jalan tol di IKN sehingga dapat berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli 2024. Ia menunggu penyelesaian bandara dan jalan tol dahulu.

“Juli (nanti). Saya nunggu airport dan jalan tolnya jadi (dahulu),” ujar Jokowi dikutip dari Antara, Jumat, 1 Maret 2023.

Jokowi menuturkan, bila infrastruktur bandara dan jalan tol telah selesai dibangun, waktu tempuh dari Bandara Nusantara ke IKN hanya 15 menit.

Selain itu, pembangunan jalan tol akan mempersingkat waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke IKN dari semula sekitar dua jam menjadi sekitar 45 menit.

"Jadi, betul-betul nanti kita harapkan dengan adanya fasilitas jalan tol, fasilitas bandara, maka airport traffic ke IKN ini menjadi semakin ramai," kata Jokowi secara terpisah, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Bank Negara Indonesia (BNI) di IKN.

Saat ditanya wartawan tentang rencana untuk mulai ber-kantor di IKN bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Juni, Jokowi menjawab Basuki yang terlebih dahulu akan berkantor di ibu kota baru Indonesia itu. "Itu Pak Basuki," ujar dia.

Adapun Jokowi meninjau langsung perkembangan pembangunan Kantor Presiden di Kawasan IKN, Kalimantan Timur pada Jumat, 1 Maret 2024. Jokowi mengecek pembangunan infrastruktur yang kini telah mencapai 74 persen.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti menuturkan, pembangunan struktur bangunan utama telah selesai. Kini, pihaknya tengah fokus pada pemasangan baja serta bilah-bilah sayap Garuda yang menjadi bagian penting dari konstruksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembangunan Kantor Presiden

"Saat ini bilah-bilah ini sudah terpasang 1.282 dari 4.650, jadi kira-kira sepertiganya. Dan kami harapkan nanti untuk sayap burung Garuda ini bisa selesai di akhir Maret ini," ujar Diana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat.

Selain itu, dia menekankan pentingnya pembangunan Kantor Presiden yang ramah lingkungan dan cerdas, di samping pembangunan interiornya. Diana berharap, Kantor Presiden di IKN bisa selesai dan fungsional pada Juni untuk digunakan dalam Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI.

Kendati menghadapi beberapa kendala, terutama terkait logistik dan pemasangan baja dan bilah, Diana tetap optimistis, pembangunan akan selesai tepat waktu.

"Saya masih optimistis untuk bisa selesai, fungsional, tapi nanti masih ada sedikit-sedikit tambahan, mungkin untuk lanskapnya," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Kantor Presiden Jadi Ikon IKN

Kantor Presiden baru ini diharapkan menjadi ikon Ibu Kota Nusantara, terutama dengan adanya burung Garuda yang menjadi simbol infrastruktur di tengah Kota Nusantara.

"Burung Garuda di sini juga sayapnya lebar, ini berada di tengah-tengah Kota Nusantara dan ini nanti akan berada di tempat yang tertinggi, sehingga ini yang dinanti-nanti untuk ikon Ibu Kota Nusantara," tutur Diana.

Dalam peninjauan ini, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono.

Hadir juga Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

4 dari 4 halaman

Momen Jokowi Nikmati Udara Pagi di IKN Bareng AHY hingga Ridwan Kamil

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menikmati suasana pagi hari di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Jumat (1/3/2024). Dia bersama para menteri yang turut mendampingi tampak sarapan bersama di area mereka bermalam.

Sekitar pukul 07.05 WITA, Jokowi tampak keluar dari kabinnya. Dia langsung menyapa para menteri yang telah duduk berkeliling setengah lingkaran.

"Selamat pagi semua," ujar Jokowi, disambut ucapan serupa dari para menteri, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat.

Setelah Jokowi duduk, rebusan dan sukun goreng pun disajikan oleh pramusaji presiden. Tak ketinggalan, segelas teh hangat dihadirkan untuk melengkapi menu sarapan tersebut.

Jokowi tampak menikmati sarapan sambil berbincang hangat bersama para menteri. Obrolan menjadi makin hangat karena sesekali diselingi tawa ringan.

Usai sarapan, Jokowi menghampiri para penyedia makanan. Dia pun melayani permintaan foto bersama mereka.

"Terima kasih semuanya," kata dia.

Ibu Jumiatun, salah satu penyedia makanan, tak menyangka bisa berfoto dengan Presiden Jokowi. Ia mendoakan agar Jokowi sehat selalu. "Alhamdulillah, tadi bisa foto sama Pak Jokowi, luar biasa. Semoga Bapak sehat selalu," ujar Jumiatun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini