Sukses

Komitmen Cladtek Produksi Pipa Ramah Lingkungan Bagi Industri Energi

Cladtek menggunakan Corrosion-Resistant Alloy (CRA) untuk memproduksi pipa berlapis mekanis dan lapisan las (Cladding) sebagai solusi khusus untuk industri energi.

Liputan6.com, Jakarta Cladtek, perusahaan perpipaan, cladding CRA dan komponen aksesori bagi industri minyak dan gas (migas) menggunakan Corrosion-Resistant Alloy (CRA) untuk memproduksi pipa berlapis mekanis dan lapisan las (Cladding) sebagai solusi khusus untuk industri energi.

Perusahaan yang beroperasi di Batam, Kepulauan Riau, berkomitmen tinggi dalam inovasi dan keberlanjutan yang sudah diterapkan dalam pengembangan-pengembangan produk.

Karena itu, Cladtek konsisten menekankan pentingnya energi ramah lingkungan dan bersih dengan dampak lingkungan minimal.

Dengan secara aktif mengerjakan proyek transisi energi termasuk Panas Bumi, dan Penangkapan (capture) Karbon (Carbon Capture Utilization and Storage-CCUS).

“Seiring dengan komitmen banyak negara untuk mencapai netralitas karbon dan net-zero emission atau nol emisi karbon pada tahun 2050, Cladtek sangat mendukung upaya keberlanjutan ini, melakukan advokasi dan upaya kolaboratif untuk mendorong inovasi ramah lingkungan, dan solusi energi yang lebih ramah lingkungan di seluruh dunia,” ujar CEO Cladtek Group Lee Wilson, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Menurut Lee Wilson, pengalaman operasional selama dua dekade telah membekali Cladtek dengan standar tinggi dan keahlian manufaktur aditif dan pemeliharaan peralatan yang ekstensif yang dapat digunakan pada bauran energi yang terus berubah.

Pengalaman Cladtek di sektor Minyak & Gas dengan Produk CRA menunjukan bahwa perusahaan dapat berpartisipasi dalam perubahan bauran energi melalui dua cara.

Pertama adalah produksi Minyak & Gas yang lebih bersih, dengan menggunakan CRA lined pipe (MLP) untuk menangkap dan menyerap emisi Karbon.

Kemudian kedua dengan mengadaptasi solusi produk Minyak & Gas tradisional untuk sektor Panas Bumi, seperti Mechanically CRA Lined Tubulars (MLT).

"Komitmen kami untuk mengembangkan ekosistem yang ramah lingkungan dan akan membantu mengkonsolidasikan posisi kami Cladtek sebagai produsen dan pemasok terkemuka Corrosion- Solusi Resisten Alloy (CRA) mendunia. Kami sangat bangga hal ini dicapai dengan mengekspor talenta, teknologi, dan produk Indonesia dari rumah kami di Batam," ujar Lee Wilson.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komponen Lokal

Menyambut HUT ke-20, Cladtek mengangkat tema besar yakni “Building A Sustainability Future 20 Years of Additive Innovation”.

 

Walikota Batam-Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyatakan bangga dengan perjalanan 20 tahun Cladtek dan siap mendukung penuh Cladtek ke depan. Serta berterima kasih kepada Cladtek yang telah berkontribusi turut mengembangkan Batam hingga saat ini.

Kamaluddin, Direktur Eksekutif GUSPENMIGAS, mengatakan pihaknya mendukung agar Cladtek bisa mempertahankan Tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Dengan kapasitas produksi dan lokal konten bisa semakin solid dalam bisnis perpipaan Indonesia, semoga bisa mempersiapkan kapasitas ukuran yang diperlukan oleh industri migas.

"Produksi dari Cladtek bisa dipergunakan di industri minyak dan gas dalam negeri dan juga memuhi kebutuhan dunia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini