Sukses

AS Punya 45 Keluarga Miliarder, Ada yang Lebih Kaya dari Elon Musk

Ada banyak keluarga terkenal dalam daftar, dengan nama seperti Koch, Lauder, Hearst, dan Marriott.

Liputan6.com, Jakarta Amerika Serikat kini memiliki 45 keluarga miliarder dengan kekayaan bersih senilai USD 10 miliar atau sekitar Rp. 156,3 triliun.

Salah satu dari keluarga ini bahkan mengantongi kekayaan bersih yang lebih besar dari harta orang terkaya di dunia saat ini, Elon Musk, menurut Forbes.

Melansir Business Insider, Selasa (13/2/2024) ahli waris pendiri Walmart, Sam Walton, masih memiliki sekitar 45 persen saham raksasa ritel tersebut, atau setara kekayaan bersih gabungan sebesar USD 267 miliar (Rp. 4,1 kuadriliun) pada 16 Januari 2024, menurut peringkat keluarga decabillionaire Forbes yang baru.

Angka tersebut jauh melampaui kekayaan bersih CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk senilai USD 202 miliar atau Rp. 3,1 kuadriliun.

Forbes memperkirakan 45 keluarga super kaya ini secara kolektif memiliki kekayaan sekitar USD 1,3 triliun, atau sekitar 10 kali lipat kekayaan pribadi Warren Buffett.

Keluarga Mars berada di urutan kedua setelah keluarga Walton, dengan mengantongi kekayaan senilai USD 117 miliar atau Rp. 1,8 kuadriliun yang tersebar di perusahaan pembuat makanan manis itu.

Ada banyak keluarga terkenal lainnya dalam daftar, dengan nama seperti Koch, Lauder, Hearst, dan Marriott.

Nama-nama terkenal lainnya, termasuk Carnegie, Vanderbilt, dan Getty, tidak masuk dalam peringkat tersebut, karena berbagai alasan mulai dari kinerja harga saham dan perselisihan hukum yang mahal hingga pajak atas penjualan saham dan kegiatan amal.

Namun, keluarga John D. Rockefeller, orang terkaya di Amerika pada masa jayanya, nyaris tidak masuk dalam daftar Forbes dengan total kekayaan USD 10,3 miliar atau Rp 161 triliun.

Pada umumnya, keluarga terkaya di AS menghasilkan uang dengan membangun perusahaan swasta terbesar di negaranya.

Misalnya, keluarga Cargill-MacMillan memiliki kekayaan lebih dari UAD 60 miliar berkat kepemilikan mereka atas sekitar 88 persen saham di Cargill, raksasa bahan baku. Yang lain masih memegang saham di perusahaan publik yang mereka bantu bangun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluarga Miliarder Lainnya

Adapun keluarga Dorrance yang memiliki hampir 40 persen saham di Campbell Soup; keluarga Brown memiliki sekitar setengah dari Brown-Forman, pemilik Jack Daniel's; dan keluarga Pritzker adalah pemegang saham terbesar Hyatt Hotels.

Beberapa dari keluarga miliarder juga telah menjual saham mereka, seperti keluarga Busch, yang menjual sahamnya di Anheuser-Busch kepada InBev pada tahun 2008.

Selain itu, keluarga Haslam menjual seluruh sahamnya di jaringan pemberhentian truk bernama Pilot Travel Centers senilai sekitar USD 13 miliar atau Rp. 203,2 triliun kepada Berkshire Hathaway milik Warren Buffett selama beberapa tahun.

Daftar keluarga yang sangat kaya menunjukkan bahwa cara terbaik untuk membangun kekayaan generasi yang besar adalah dengan membangun bisnis yang besar dan bertahan lama; tampaknya tidak terlalu menjadi masalah apakah itu disimpan dalam keluarga, dijadikan milik pribadi, atau dijual.

3 dari 4 halaman

Mantan Petenis Rumania Ini Kini Jadi Miliarder, Kekayaannya Melebihi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Mantan atlet tenis asal Rumania, Ion Tiriac kini menjadi miliarder yang kekayaannya lebih dari gabungan yang dimiliki oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Berbeda dengan pemain seperti Rafa Nadal dan Roger Federer, penghasilan Ion Tiriac di lapangan sebenarnya tidaklah seberapa. Namun pencapaiannya sejak pensiun mengubah hidupnya yang kini menjadi seorang miliarder.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (9/2/2024) Ion Tiriac kini berusia 84 tahun dan memiliki kekayaan bersih sekitar USD 2 miliar atau setara Rp 31,3 triliun. Angka ini berdasarkan hitungan yang dilakukan oleh Forbes.

Tiriac semakin kaya setelah memulai sebuah perusahaan investasi besar yang bergerak di bidang real estat, jasa keuangan, maskapai penerbangan, dan sejumlah bisnis lainnya.

Karyanya dengan Tiriac Group telah menjadikannya miliarder pertama Rumania pada tahun 2007 dan mengumpulkan banyak koleksi mobil mewah lebih dari 400 model - termasuk Rolls-Royce Phantom IV.

Di situs web perusahaan, pernyataan misinya berbunyi: 'Dibuat atas prakarsa Ion Tiriac, Grup saat ini menyatukan lebih dari 40 perusahaan swasta lokal, yang beroperasi di sektor utama berikut: otomotif, real estate, jasa keuangan (asuransi) , transportasi udara dan energi.

"Tiriac Group terus mengembangkan portofolio operasional yang mencakup area luas layanan yang ditawarkan kepada pelanggannya dengan dukungan tim spesialis berkualifikasi dan pengusaha Rumania yang visioner dan perfeksionis," kata Ion Tiriac.

4 dari 4 halaman

Sepak Terjang di Dunia Tenis

Petenis Rumania ini aktif di dunia tenis sejak tahun 1958 hingga 1979, memenangkan France Open tahun 1970 di ganda putra sebagai pencapaian terbesarnya dalam olahraga tersebut, mengalahkan kemitraan yang mencakup Arthur Ashe.

Ia juga mencapai semifinal Wimbledon di nomor ganda dan meraih 22 gelar berpasangan, ditambah 34 gelar tunggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.