Sukses

Usai Debat Pamungkas, Prabowo Subianto Jadi Capres Paling Populer di Medsos

Prabowo Subianto dominasi yang tinggi di media sosial, salah satunya TikTok hingga mencapai hampir 60 persen, sementara perbincangan terkait capres urut 2 di YouTube dan Twitter cukup berimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) mengungkapkan bahwa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menjadi capres yang paling populer di media sosial, menyusul ajang debat terakhir pada Minggu malam (4/2/2024).

Data Analyst Continuum INDEF, Maisie Sagita memaparkan bahwa Prabowo Subianto menjadi capres yang paling populer di media sosial dengan dominasi perbincangan mencapai 45,2 persen.

“Sselanjutnya disusul oleh Anies (Baswedan) di sekitar 35 persen dan terakhir Ganjar (Pranowo) di 19,7 persen,” papar Maisie Sagita dalam Diskusi Publik INDEF yang disiarkan pada Senin (5/2/2024).

Maisie lebih lanjut mengatakan, Prabowo memang ada dominasi yang tinggi di medsos, salah satunya TikTok hingga mencapai hampir 60 persen, sementara perbincangan terkait capres urut 2 di YouTube dan Twitter cukup berimbang.

“Kemudian perbincangannya terkait Anies dan Prabowo di sekitar angka 40 persen,” bebernya.

Tak Semuanya Positif

Namun Maisie juga mencatat, dominasi perbincangan ini bukan berarti perbincangan it 100 persen mengandung konten yang positif.

“Bisa saja bisa saja dalam perbincangan ini juga ada kritik dari publik. Jadi belum tentu Prabowo mendominasi hingga 45,2 persen ini semuanya itu positif,” jelas dia.

Selain itu, Maisie juga mengungkapkan, debat capres semalam dianggap sebagai acara debat yang “paling adem” oleh publik di media sosial.

“Kalau misalnya kita lihat secara angka sebenarnya yang mendapat pujian paling tinggi itu Anies (Baswedan). (Pujian) terhafap beliau ada di angka positif yaitu di sekitar 86% persen, selanjutnya ada Ganjar (Pranowo) di 85,1 persen dengan Prabowo (Subianto) di 74,2 persen,” paparnya.

“Jadi secara keseluruhan ketiganya mendapatkan sentimen positif atau apresiasi dari internet,” lanjut Maisie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Pastikan Prabowo Lanjutkan Program Kerja Jokowi

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan, Debat Pilpres pamungkas malam ini akan dilakoni dengan baik oleh Prabowo Subianto selaku calon presiden nomor urut 2.

Menurut pria karib disapa Kang Emil ini, apa yang disampaikan Prabowo dalam debat adalah tentang bagaimana melanjutkan program kerja Presiden Jokowi yang sudah baik.

"Konsep kita tuh melanjutkan. Jadi, hal-hal baik dari pemerintahan Pak Jokowi itu yang akan dilanjutkan, terkait pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” kata Kang Emil di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (4/2/2024).

Meski hendak melanjutkan, namun Kang Emil tidak menutup kemungkinan untuk menambal kekurangan yang masih ada. Sebab diakui penyempurnaan ke arah yang lebih baik harus terus dilakukan.

“Ada kurang-kurangnya pasti kita sempurnakan," ujar mantan gubernur Jawa Barat ini.

Kang Emil berharap, apa yang disampaikan Prabowo malam ini bisa lebih memperkuat visi misi yang bisa meyakinkan pemilih yang saat ini elektabilitasnya sudah baik.

“Makin ke sini angka-angka untuk 02 kan makin bagus ya apalagi di Jawa Barat, Jawa Barat juga naik, mudah-mudahan konsisten bisa sampai di hari H," dia menandasi.

Sebagai informasi, pada malam hari ini adalah debat kelima Pilpres 2024. Debat ini adalah sajian pamungkas atau terakhir dari seluruh rangkaian debat yang terdiri dari tiga kali debat calon presiden dan dua kali debar calon wakil presiden. 

3 dari 3 halaman

Tema Debat Capres 2024

Selama dua jam penuh ketigan kandidat calon presiden akan saling beradu gagasan soal sejumlah tema yaitu Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Debat sendiri akan terbagi dalam enam segmen. Pertama yakni pembukaan yang berisi gagasan yang disampaikan bergantian oleh para kandidat. Segmen kedua dan ketiga adalah sesi tanya jawab terkait tema yang dikondisikan panelis. Segmen empat dan lima yakni tanya jawab bebas antar kandidat terkait tema debat. Segmen keenam atau terakhir adalah closing statement atau pernyataan penutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.