Sukses

Saat Debat Cawapres, Gibran Sebut Bakal Ada 5 Juta Green Jobs

Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka berkomitmen akan membuka 19 juta lapangan kerja seiring agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan hingga transisi energi terus didorong.

 

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyebutkan akan membuka 5 juta green jobs seiring agenda hilirisasi, transisi energi hijau, dan ekonomi kreatif terus ditingkatkan.

Gibran menuturkan, potensi energi baru terbarukan (EBT) luar biasa yang mencapai 3.600 mw berasal dari energi surya, angin, bioethanol, dan panas bumi. Untuk menggenjot potensi itu, menurut Gibran Rakabuming Raka perlu kerja sama pentahelix dan mendorong agenda hiliriasi, pemerataan pembangunan, transisi energi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, dan UMKM.

“Terbuka 19 juta lapangan kerja untuk generasi muda dan kaum perempuan. (Dari 19 juta lapangan kerja-red) ada 5 juta green jobs. Peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan tren masa kini dan masa depan,” kata Gibran.

Selain itu, untuk mensejahterakan petani, Gibran memastikan ketersediaan pupuk dan bibit. Sedangkan untuk kestabilan pangan, Gibran janji dengan optimalkan tingkat pengendalian inflasi daerah (TPID) hingga badan pangan.

Debat capres dan cawapres memasuki debat keempat atau debat kedua untuk cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat keempat yakni tema energi dan sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Tiga kandidat yakni Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar memaparkan visi misi dalam debat cawapres. Demikian dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

KPU menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini