Sukses

Tabrakan Kereta Bandung Raya Vs KA Turangga Memakan Korban, Erick Thohir Berduka Cita

Pesan bela sungkawa itu diunggah sebagai pernyataan bersama Kementerian BUMN dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara terkait insiden tabrakan kereta yang melibatkan Commuter Line Bandung Raya dan KA Turangga pada Jumat (5/1).

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Erick Thohir menyampaikan bela sungkawa kepada para korban terdampak akibat insiden tersebut.

Pesan bela sungkawa itu diunggah sebagai pernyataan bersama dengan Kementerian BUMN dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

"#SobatBUMN, segenap Keluarga Bear Kementerian BUMN dan PT Kereta Api Indonesia Persero turut prihatin dan berduka cita mendalam atas korban terdampak akibat insiden Kereta Api di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024," tulis Erick Thohir dalam pernyataan bersama tersebut, dikutip Jumat (5/1/2023).

Seperti diketahui, Tabrakan kereta terjadi antara kereta lokal Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga, pada Jumat (5/1/2024) pagi.

Terjadi Tadi Pagi

Kecelakaan itu terjadi di Petak Jalan Haurpugur - Cicalengka sekitar pukul 06.30 WIB.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kini tengah berfokus mengevakuasi korban yang terdampak kecelakaan dua kereta antara KA Turangga dengan kereta Commuterline Bandung Raya.

Petugas Polri di Jawa Barat mengkonfirmasi bahwa korban jiwa sementara ini sebanyak tiga orang, yakni Masinis, Asisten Masinis dan Pramugara KA Turangga.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, imbas kejadian ini jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui. Sementara itu, proses evakuasi terhadap penumpang di dua KA tengah dilakukan.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," terangnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

9 Perjalanan KA Batal

Imbas dari tabrakan kereta api Turangga dan KA Lokal Commuter line Bandung Raya, sejumlah perjalanan yang harus batal hingga pengalihan rute.

VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan, setidaknya ada 9 perjalanan kereta api yang harus dibatalkan.

Kemudian, ada 10 perjalanan KA lainnya yang dialihkan melalui jalur lain.

"Yang batal 9 KA, yang memutar 10 KA," ujar Joni dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

3 dari 3 halaman

Rincian 9 KA Batal Berangkat

Rincian 9 kereta api yang harus dibatalkan diantaranya, KA Lodaya (KA 92), KA Argo Wilis (KA 6), 2 KA Baturaden Expres (KA 181, KA 182), 4 KA Serayu (KA250, KA251, KA252, KA249), dan KA Pasundan (KA 240).

Sementara itu, 10 perjalanan KA yang harus memutar diantaranya PLB 92BK1 KA Lodaya, PLB 92BK KA Lodaya, PLB 6BK1 KA Argo Wilis, PLB 6BK KA Argo Wilis, dan PLB 182BK1 KA Baturraden Ekspress.

Selanjutnya, ada PLB 182BK KA Baturraden Ekspress, PLB 250BK1 KA Serayu, PLB 249BK2 KA Serayu, PLB 240BK1 KA Pasundan, serta PLB 240BK KA Pasundan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.