Sukses

Resolusi 2024 Ingin Keuangan Lebih Baik? Simak Tips Ini

Di kehidupan nyata, jika resolusi keuangan Anda pada 2024 hanya sebuah daftar panjang tugas keuangan yang Anda tahu “seharusnya” dilakukan tetapi belum dilakukan, kemungkinan besar Anda akan gagal.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin berpikir memperbaiki kehidupan keuangan hanya soal mengambil langkah-langkah yang tidak menyenangkan.

Akan tetapi, perlu langkah penting antara lain batasi pengeluaran, kurangi utang, hasilkan lebih banyak pendapatan dan lebih berhemat.

Dikutip dari CNN, Sabtu (30/12/2023), dalam kehidupan nyata, jika resolusi keuangan Anda pada 2024 hanya sebuah daftar panjang tugas keuangan yang Anda tahu “seharusnya” dilakukan tetapi belum dilakukan, kemungkinan besar Anda akan gagal.

Alasannya dalam mengelola keuangan, berapa pun kekayaan yang dimiliki, biasanya terdapat kesenjangan yang terus menerus terjadi pada sebagian besar dari diri sendiri. Kita tahu apa yang harus dilakukan tetapi kesulitan untuk benar-benar melakukannya.

"Jika Anda memiliki kunci untuk pergi ke gym, itu tidak membuat Anda bugar,” ujar President of the Financial Therapy Association and Director of Relationship Development Centerpoint Advisors, Ashley Agnew.

Sulit untuk mendapatkan motivasi untuk melakukan apa pun ketika Anda hanya melakukannya karena berpikir seharusnya. Dalam hal meningkatkan keuangan Anda, tetapi termotivasi akan jauh lebih mudah saat Anda jujur dengan menilai apa yang membuat merasa puas dan aman dalam hidup dan kemudian memakai cara menggunakan uang Anda untuk memupuk hal itu.

Jad buatlah satu resolusi 2024 terutama terkait keuangan. Mulai cari tahu apa arti kesejahteraan bagi Anda. Ini akan menjadi upaya yang sangat pribadi. Kemudian pilih satu dan dua langkah untuk memperbaikinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

7 Cara Perbaiki Keuangan

Berikut tujuh cara Anda untuk memperbaiki keuangan pada tahun baru seperti dikutip dari CNN:

1.Ciptakan rasa nyaman lebih besar

Uang membantu kurangi ketidakpastian antara lain kondisi darurat, kehilangan pekerjaan, kesehatan hingga kematian. Oleh karena itu, perlu dana darurat dan asuransi.

Berapa banyak yang diperlukan tergantung pada keadaan Anda.

"Untuk membantu mencari tahu apa yang tepat bagi Anda, biasakan dengan biaya hidup Anda saat ini, sehingga Anda tahu dasar apa yang digunakan,” saran Agnew.

Selain meninjau pengeluaran bulanan antara lain makanan, perumahan, utilitas, perawatan kesehatan, pembayaran utang, langganan, petakan kapan pengeluaran itu dan pengeluaran lain yang diantisipasi akan muncul.

Selain pengeluaran rutin, sisihkan juga pengeluaran khusus untuk ulang tahun, pernikahan dan liburan.

Dengan melakukan hal ini, Anda akan lebih mudah melihat berapa banyak yang sebenarnya dibelanjakan? Berapa banyak yang bisa dipotong jika diperlukan? Serta di mana Anda dapat sisihkan dana untuk hal tak terduga sehingga ke depan tidak menyusahkan.

3 dari 5 halaman

Belanja Sesuai dengan Diri Sendiri

2.Belanjakan dengan cara yang sesuai dengan diri Anda, bukan harapan orang lain

Selain menciptakan rasa aman yang lebih besar,  kesejahteraan keuangan adalah tentang memakai dana sesuai kebutuhan.

Jadi lihat kemana dana Anda pergi. Apakah itu mencerminkan apa yang sebenarnya diinginkan? Atau apakah Anda habiskan sebagian uang tersebut untuk memenuhi standar dan harapan yang ditetapkan oleh orangtua atau masyarakat Anda? Misalkan punya rumah lebih besar dan mahal dari pada apa yang dibutuhkan Anda. Di sisi lain, Anda rasakan tekanan untuk membeli merek yang lebih mahal. Atau habiskan terlalu banyak uang untuk anak-anak dengan cara yang tidak terlalu berarti.

"Kita hidup di dunia yang saling membandingkan. Sulit untuk memenuhi standar keuangan orang lain,” ujar Agnew.

3.Beri Diri Anda Waktu

Kesejahteraan keuangan juga berarti mengalokasikan kembali uang yang Anda miliki dengan cara yang dapat memberikan manfaat lebih baik bagi Anda.

“Terkadang ini bukan tentang menambahkan lebih banyak. Ini tentang pengurangan. Terkadang muncul pertanyaan, bagaimana saya bisa membelanjakan uang untuk melakukan lebih sedikit,” ujar Learning and Development Shaping Wealth, Meghaan Lurtz.

Lurtz mengacu pada fakta, waktu adalah sumber daya yang terbatas bagi setiap orang. Anda dapat memakai uang untuk mengulur waktu jika itu memungkinkan Anda fokus pada hal yang paling penting bagi Anda.

Ambil pekerjaan rumah dan memasak. Jika hal-hal tersebut menghabiskan sebagian besar waktu luang Anda di luar pekerjaan dan membuat tidak bisa hadir sepenuhnya bersama anak-anak yang masih kecil pada saat penting dalam sehari, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengeluarkan uang untuk membuat rencana makan dan memiliki pembantu untuk membersihkan rumah sekali-kali sementara waktu.

4 dari 5 halaman

Jangan Bingung

4.Ekspresikan nilai-nilai Anda

Kesejahteraan keuangan juga terjadi ketika Anda memakai uang untuk ekspresikan nilai-nilai di dunia melalui sumbangan atau memberikan hadiah bagi seseorang yang membutuhkan misalnya bantuan sekolah, melunasi tagihan medis dan pinjaman mahasiswa. Atau menyediakan waktu Anda bagi yang membutuhkan. Hal tersebut tidak perlu untuk menjadi orang terkaya.

"Orang bisa menjadi kaya karena mereka hidup sesuai kemampuan mereka dan hidup sesuai nilai-nilai mereka,” ujar Lurtz.

5.Jangan bingung antara apa yang dibeli dengan kegembiraan

Uang adalah alat yang dapat membebaskan Anda dari kesulitan antara harus selalu memilih antara membayar belanja dan tagihan listrik.

Namun, selain memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan dasar hidup, hal ini bukanlah tongkat ajaib yang dapat memberi Anda kebahagiaan yang mendalam.

Hal ini patut diingat saat membeli sesuatu. “Tanyakan pada diri Anda, apakah itu yang Anda inginkan atau perasaan dari hal yang Anda inginkan,” tutur Agnew.

5 dari 5 halaman

Fokus dan Cari Tahu Hubungan dengan Uang

6.Fokus pada apa yang membuat Anda puas

Luangkan waktu untuk membayangkan apa yang akan membuat Anda  merasa lebih puas dalam hidup Anda secara keseluruhan karena pada akhirnya uang akan membantu untuk mencapai hal tersebut.

"Apa yang Anda nikmati? Apa hal yang Anda suka lakukan saat kecil, tetapi tidak Anda lakukan sekarang? Setiap orang punya gambaran kepuasan masing-masing,” tutur Lurtz.

Ia mengingatkan untuk spesifik membayangkan sesuatu yang diinginkan. “Bayangkan apa yang akan terjadi, di mana Anda berada, bagaimana Anda habiskan waktu, siapa yang bersama Anda, dan bagaimana perasaan Anda?,” tutur dia.

Bandingkan visi itu dengan kondisi Anda saat ini. Kemudian buatlah beberapa tujuan kecil yang dapat dicapai untuk mendekatkan Anda pada visi tersebut. Misalnya, jika Anda suka bermain piano dan melukis ketika Anda masih muda, itu mungkin berarti meluangkan waktu untuk melakukan hal itu dan bahkan mungkin sejumlah dana untuk kembali belajar.

7.Cari tahu hubungan Anda dengan uang

Ada banyak cara lain untuk mendefinisikan sejahtera bagi diri sendiri.Anda dapat membantu menjaga resolusi tahun baru dengan mulai membaca buku yang membantu Anda berpikir secara berbeda tentang uang dan perannya dalam hidup.

Buku berjudul Mind over Money oleh Brad Klontz, the Psychology of Money karya Morgan Hounsel, dan the Geometry of Wealth karya Brian Portnoy.

Pada akhirnya, tujuannya untuk mengetahui peran apa yang Anda inginkan dari uang dalam hidup Anda. “Ia hanya melakukan apa yang Anda perintahkan,” ujar Agnew.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.