Sukses

1.947 Mobil Tangki Dikerahkan Jaga Pasokan BBM dan LPG Saat Nataru

Sebanyak 1.947 unit mobil tangki disiapkan untuk mendistribusikan BBM dan LPG ke penjuru negeri.

Liputan6.com, Jakarta PT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin), anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) Kembali mendapat amanah untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) PT Pertamina Patra Niaga. Satgas Nataru ini dimulai dari tanggal 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang.

Peran Satgas Nataru sangatlah penting dalam menjaga ketersediaan energi, diprediksikan sekitar 43% pergerakan masyarakat akan meningkat dalam rentang waktu tersebut bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam Satgas ini, Elnusa Petrofin turut serta menjadi bagian untuk mensupport Pertamina Patra Niaga dalam mendistribusikan energi ke seluruh penjuru Negeri demi menjaga ketahanan energi. 

Dalam menjalankan tugas Satgas Nataru 2023-2024, beberapa hal yang telah disiapkan PT Elnusa Petrofin untuk mendukung PT Pertamina Patra Niaga dalam menjaga ketahanan energi khususnya direntang waktu tersebut. Dalam Operational Excellence, Elnusa Petrofin mempersiapkan SDM dan kendaraan yang akan beroperasi di seluruh wilayah operasi.

Untuk kesiapan Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan mengoperasikan mobil, Elnusa Petrofin telah menyiapkan 5.984 AMT. Selain itu, Elnusa Petrofin juga mempersiapkan backup mobilisasi AMT dari lokasi lain ke lokasi yang terdampak satgas Nataru secara siginifikan.

“Satgas Nataru 2023-2024 menjadi prioritas setiap tahunnya oleh karena itu segala sesuatunya kami persiapkan dengan baik. Kami juga senantiasa melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal. Mengingat pada masa Nataru 2023-2024 aktivitas warga mulai meningkat dan kami harus memastikan pasokan energi tetap terjaga," ujar Manager Corporate Communication & Relations Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo dikutip Rabu (20/12/2023).

Dari segi kesiapan armada Mobil Tangki (MT), sebanyak 1.947 unit disiapkan untuk mendistribusikan energi kepenjuru negeri. Elnusa Petrofin pun memastikan seluruh sarana dan fasilitas serta unit kendaraan operasional telah dilakukan kalibrasi, upgrading, dalam kondisi baik. Selain Mobil Tangki (MT) Reguler, Elnusa Petrofin juga menyediakan MT Spot Charter sebanyak 222 MT yang tersebar di lokasi Satgas Nataru.

“Seluruh sarana dan fasilitas yang dimiliki Elnusa Petrofin pun dipastikan berjalan dengan baik. Unit kendaraan yang akan menjalankan tugas operasional telah dikalibrasi, upgrading, dan semuanya dipastikan dalam kondisi baik. Sarana penunjang seperti Bengkel kendaraan atau Workshop serta ratusan Rest Area bagi Awak Mobil Tangki juga dipastikan berfungsi dengan optimal," tambah Putiarsa.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satgas Nataru 2023-2024

Awak Mobil Tangki (AMT) yang bertugas dalam satgas Nataru 2023-2024 ini telah memiliki kompetensi serta sertifikasi terkait yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan. Pelatihan untuk AMT pun telah dilaksanakan sepanjang 2023.

Untuk memastikan pendistribusian BBM/BBK berjalan lancar dan aman saat Satgas, Tim Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) beroperasi 24 jam setiap hari untuk memantau pengiriman BBM/BBK dan perilaku mengemudi Awak Mobil Tangki (AMT) secara real-time. Tim PKDA tersebar di 6 daerah wilayah operasi seperti Medan (Region Sumbagut), Palembang (Region Sumbagsel), Surabaya (Region Jabalinus), Balikpapan (Region Kalimantan), Makassar (Region Sulawesi), dan Jayapura (Region Maluku Papua).

Sebagai pelengkap keamanan, Mobil Tangki dipasang CCTV berteknologi kecerdasan buatan (AI) dan GPS Two Ways Communication yang dapat mendeteksi kelelahan, menguap, merokok, dan melakukan panggilan telepon oleh AMT. Tim PKDA dapat segera mengintervensi ketika terjadi pelanggaran dalam perilaku mengemudi oleh AMT, dengan melakukan kontak langsung melalui GPS Two Ways Communication. 

Sementara itu, Direktur Operasi dan Marketing PT Elnusa Petrofin Bapak Nur Kholis menyampaikan “Segala hal yang telah disiapkan menjadi komitmen PT Elnusa Petrofin dalam mensupport Pertamina Patra Niaga untuk memastikan kelancaran pasokan dan penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.”ujar Nur Kholis.

 

3 dari 3 halaman

Pasokan LPG

Dari segi Pasokan LPG, Elnusa Petrofin juga memastikan menjaga kestabilan dan ketersediaan LPG di wilayah unit operasi Depot LPG Amurang yaitu di area Minahasa Selatan, Manado, Gorontalo dan Wilayah Unit Operasi SPBE dan SPPBE PT Elnusa Petrofin seperti di Bima Nusa Tenggara Barat, Plumpang DKI Jakarta, dan Gunungsitoli Sumatera Utara.

Nur Kholis menambahkan bahwa selain kesiapan yang telah dipaparkan, Elnusa Petrofin memastikan seluruh pihak yang terlibat menjalankan tugas dengan kaidah HSSE yang berlaku. Karena dengan HSSE menjadi hal utama agar seluruh operasional dapat berjalan dengan baik. Serta personil yang menjalankan tugas pun bisa menjaga kesehatan. Karena itu, dilakukan pengecekan kesehatan dan keselamatan seluruh personil yang bertugas. Baik Daily Fit To Work, Medical Check Up, Pemberian Vitamin, sampai Extra Fooding.

“Kami melakukan koordinasi secara internal baik di lingkup Elnusa Petrofin maupun di lingkup Pertamina Group. Selain itu, kami juga melibatkan Pihak eksternal termasuk Aparat guna mendukung kelancaran operasional pendistribusian Energi,” tambah Nur Kholis.

Dengan kesiapan armada serta SDM yang mumpuni, Elnusa Petrofin siap untuk menjalankan tugasnya dengan optimal demi mendukung Pertamina Patra Niaga menjaga ketahanan energi khususnya selama periode Natal dan Tahun Baru 2023-2024. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.