Sukses

Erick Thohir Jumpa Bos Freeport McMoran, Bahas Operasional Perdana Smelter Gresik

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap, rencananya Smelter Gresik Tahap I akan mulai dibuka pada pekan ini. Sementara, untuk Tahap II tetap dikejar untuk rampung pada Mei 2024, tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap telah menjalin pertemuan dengan dua petinggi Freeport McMoran. Bahasan utamanya soal hilirisasi dan operasional smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur, milik PT Freeport Indonesia (PTFI).

Melalui akun Instagram @erickthohir, diketahui kalau pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta. Dia menjamu Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport McMoran, Rhicard Adkerson dan President and a member of the Board of Directors of Freeport McMoran, Kathleen L. Quirk.

"(Membahas) hilirisasi, karena kan Freeport sudah puluhan tahun, baru pertama ini dibawah pemerintahan Pak Jokowi (Joko Widodo) mereka mulai berinvestasi di smelter untuk turunannya," kata Erick, ditemui di Grha Pertamina, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan, rencananya Smelter Gresik Tahap I akan mulai dibuka pada pekan ini. Sementara, untuk Tahap II tetap dikejar untuk rampung pada Mei 2024, tahun depan.

"Untuk tahap I, satu-dua hari ini kita akan tinjau, untuk nanti yang tahap dua InsyaaAllah Mei sudah bisa selesai. Tapi mulai beroperasinya biasa kalau pabrik perlu dua-tiga bulan," bebernya.

Erick memandang beroperasinya Smelter Gresik PTFI akan meningkatkan upaya hilirisasi Indonesia. Alhasil, ada nilai tambah yang bisa dikantongi negara dan segala aspek yang terlibat didalamnya.

"Ini kan luar biasa, artinya apa? Yang selama ini barang mentah dikirim ke banyaj negara sekarang kita lakukan hilirisasi disini. Jadi peningkatan value atau turunannya bisa ada di Indonesia sekarang, tidak dikirim ke negara lain terus. Sampe kapan kita mau begitu?," papar Erick Thohir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertemuan Jokowi dan Petinggi Freeport McMoran

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap isi pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama bos Freeport McMoran di Amerika Serikat. Erick Thohir menyinggung bahasan terkait smelter milik PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

"Agenda pertama dalam kunjungan kerja mendampingi Bapak Presiden @jokowi ke Washington D.C. adalah bertemu petinggi Freeport McMoran, Richard Adkerson dan Kathleen Quirk," ungkap dia melalui akun Instagram @erickthohir, Selasa (14/11/2023).

Erick mengungkap adanya peran dari Smelter PTFI di Gresik. Menurutnya, akhir tahun ini, smelter pengolahan tembaga itu akan rampung untuk tahap pertama.

"Desember nanti, Smelter Freeport tahap pertama di Gresik, Jawa Timur, akan dibuka dan akhir tahun depan untuk tahap kedua akan selesai. Freeport berkomitmen membangun Smelter lainnya di Fakfak, Papua," ujarnya.

Dia menerangkan, hadirnya Smelter Gresik dan smelter lainnya di Indonesia akan mendongkrak investasi di Tanah Air. Alhasil, akan terbuka lagi lapangan pekerjaan.

"Nah hal hal ini akan disampaikan sangat positif untuk terus meningkatkan investasi dari luar negeri untuk pembukaan lapangan pekerjaan di Indonesia seperti di cita-citakan Presiden," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim ini.

 

3 dari 5 halaman

Hubungan Perdagangan Indonesia-AS

Data yang dipegang Erick mencatat kondisi kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Menurutnya, angka yang dicapai sekarang menjadibyang terbesar sepanjang sejarah perdagangan kedua negara.

"Memang hubungan perdagangan Indonesia As terus meningkat skrg, apalagi surplus keuangan kita dengan Amerika sudah hampir USD 16 miliar. Investasi AS di Indonesia nomor 4 terbesar yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Erick.

"Itulah kenapa presiden mendorong investasi untuk Indonesia dari negara Amerika Serikat juga dan salah satunya PT Freeport (Indonesia) karena kita BUMN sudah menguasai 51 persen, dan ini investasi yang kita hilirisasi yang tadinya murni emas dan tembaga sekarang sudah mulai diturunkan menjadi industrialisasinya," pungkas Erick Thohir.

 

4 dari 5 halaman

Kemendag Siap Dukung

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya siap mendukung kebutuhan operasi PT Freeport Indonesia (PTFI) menjelang dioperasikannya Smelter kedua di Gresik, Jawa Timur.

"Kami berikan dukungan yang diperlukan, termasuk kemarin perpanjangan untuk peraturan izin ekspor (tembaga)," kata Mendag saat kunjungan kerja ke proyek pembangunan smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (28/11/2023).

Mendag juga mengapresiasi perkembangan pembangunan smelter kedua PTFI yang diharapkan segera beroperasi penuh sehingga mampu mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitar smelter.

"Saya bahagia, senang, perkembangan pembangunan smelter sudah mencapai 80% lebih. Saya kira ini membanggakan karena dipimpin anak-anak negeri. Konsentrat tembaga dikelola di sini secara bertahap dan kita punya saham mayoritas," katanya.

 

5 dari 5 halaman

Smelter Beroperasi Mei 2024

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas saat mendampingi kunjungan Mendag optimistis smelter kedua PTFI akan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024 dan secara bertahap ramp-up produksi penuh hingga Desember 2024.

"Progres smelter saat ini diperkirakan mencapai 83%. PTFI terus menyelesaikan beberapa pekerjaan guna penyelesaian konstruksi fisik pada akhir Desember 2023," kata Tony.

Pada awal 2024, lanjutnya, akan dilakukan pre-commissioning dan commissioning untuk memastikan seluruh peralatan dan fasilitas berfungsi. "Kami optimistis proyek pembangunan smelter akan selesai sesuai jadwal," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.