Sukses

Blackpink Perbarui Kontrak, Begini Gerak Saham YG Entertainment

YG Entertainment pada 6 Desember 2023 merilis pernyataan singkat mengenai keempat anggota Blackpink yang tandatangani kontrak eksklusif, tetapi ada ketidakpastian mengenai kontrak individu.

Liputan6.com, Jakarta - Saham YG Entertainment bergerak di zona merah pada perdagangan Kamis, (7/12/2023). Hal ini setelah harga saham YG Entertainment melonjak signifikan pada Rabu, 6 Desember 2023 usai kabar Blackpink telah menandatangani kontrak eksklusif dengan YG Entertainment.

Pada perdagangan Kamis, 7 Desember 2023, saham YG Entertainment Inc melemah 1,99 persen ke posisi 59.100 won per saham, berdasarkan data Google. Saham YG Entertaiment dibuka turun ke posisi 59.000 won per saham dari penutupan perdagangan terakhir 60.300 won. Saham YG Entertainment sempat berada di posisi tertinggi 61.000 dan terendah 58.100. Kapitalisasi pasar sekitar 1,1 triliun won.

Saham YG Entertainment melemah seiring tanggapan YG Entertainment mengenai masa kontrak Blackpink dan kontrak individu.

Mengutip Soompi,YG Entertainment telah merilis pernyataan singkat mengenai perpanjangan kontrak anggota Blackpink. Sebelumnya pada 6 Desember 2023, YG Entertainment resmi mengumumkan keempat anggota Blackpink telah menandatangani kontrak eksklusif untuk aktivitas grup dengan agensi tersebut.

Namun, ketidakpastian tetap ada mengenai kontrak eksklusif individu untuk anggota di luar aktivitas grup, dan rincian jadwal comeback mendatang serta durasi kontrak terus menjadi perhatian.

Pada hari yang sama, perwakilan dari YG Entertaiment menyebutkan sulit untuk memberikan rincian tentang jadwal comeback dan durasi kontrak. "Untuk saat ini, silakan merujuk pada pernyataan resmi saja.

Mengenai kontrak individu, perwakilan YG sempat menyatakan diskusi masih berlangsung. Kontrak Blackpink sebelumnya dengan YG Entertainment berakhir pada awal Agustus.

Saham YG Entertainment Melonjak pada 6 Desember 2023

Mengutip Yahoo Finance pada 6 Desember 2023, YG Entertainment Inc telah konfirmasi keempat anggota grup K-Pop Blackpink telah perbarui kontraknya dengan agensi tersebut di tengah kekhawatiran tentang perpecahan grup.

Kontrak baru ini diyakini sebagai salah satu kontrak paling menguntungkan yang ditandatangani oleh grup musik manapun.

Saham YG Entertainment melonjak 25,62 persen ke posisi 60.300 pada 6 Desember 2023 karena berita tersebut. Lonjakan harian terbesar sejak perusahaan itu go public pada 2011.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan YG Entertainment

Agensi menyebutkan, Blackpink yang beranggotakan empat orang yang debut pada 2016 merencanakan album baru dan tur dunia bersama YG.

Blackpink menjadi girl band terpopuler di dunia dengan lagu yang mencetak rekor tangga lagu Billboard dengan hits shut down dan pink venom. Blackpink juga menjadi grup K-pop pertama yang menjadi penampil utama di Coachella.

“Kami sangat senang akhirnya membuat pernyataan resmi YG akan melanjutkan hubungan intim dengan Blackpink,” ujar pendiri YG Entertainment Yang Hyun-Suk dalam pernyataannya.

“Karena grup ini mewakilii YG dan K-pop itu sendiri, mereka pasti akan berusaha untuk bersinar cemerlang di pasar musik global,”

3 dari 4 halaman

YG Entertainment Resmi Perpanjang Kontrak BLACKPINK

Sebelumnya diberitakan, girl band asal Korea Selatan BLACKPINK telah resmi memperbarui kontraknya dengan agensi mereka YG Entertainment. Informasi tersebut dibagikan secara langsung oleh YG Entertainment pada Rabu (6/12/2023).

“Setelah diskusi yang dilakukan secara hati-hati dengan BLACKPINK, kami menandatangani kontrak eksklusif untuk aktivitas grup berdasarkan kepercayaan yang mendalam,” ujar perwakilan YG Entertainment mengutip dari Soompi.

CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk juga turut memberikan suara terkait perpanjangan kontrak eksklusif BLACKPINK. Pihaknya menyebutkan jika di masa depan BLACKPINK akan lebih bersinar terang di pasar musik global.

“Saya senang bisa melanjutkan hubungan saya dengan BLACKPINK. Di masa depan, BLACKPINK akan melanjutkan yang terbaik untuk bersinar lebih terang di pasar musik global dan sebagai artis K-Pop. Saya akan memberi mereka dukungan penuh dan kepercayaan pada apa yang mereka lakukan,” ujarnya.

Saat ini, seluruh personel BLACKPINK juga memutuskan untuk memperpanjang kontrak mereka khusus untuk aktivitas grup. Sebelumnya, penggemar grup tersebut sempat dipenuhi dengan rasa penasaran akan kelanjutan dari grup idolanya.

Bahkan beberapa bulan terakhir muncul sejumlah rumor terkait nasib kontrak personel BLACKPINK. Di antaranya rumor Rose yang akan bertahan di YG, Jennie dan Jisoo yang mendirikan agensi sendiri, hingga Lisa yang berkarier solo.

Sementara itu, Yonhap News memberitakan bahwa YG Entertainment sendiri masih bernegosiasi dengan para personel untuk aktivitas individual mereka. Rumor juga menceritakan bahwa para personel BLACKPINK setuju menandatangani kontrak non-eksklusif.

Sehingga, para anggota dirumorkan akan melanjutkan promosi grup dengan label tersebut namun mereka bebas menandatangani kontrak dengan agensi lain untuk promosi dan aktivitas individunya.

 

4 dari 4 halaman

Profil Singkat BLACKPINK

BLACKPINK merupakan idol group asal Korea Selatan yang terdiri dari empat personel yaitu Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. Keempat personel tersebut debut pertama kali pada 8 Agustus 2016.

Saat itu BLACKPINK debut dengan single album bertajuk “Square One” di bawah naungan agensi YG Entertainment. Sementara itu untuk kontrak di AS grup ini menandatangani kontrak dengan Interscope Records pada 23 Oktober 2018.

Para penggemar BLACKPINK mempunyai julukan BLINK dan identik dengan warna penggemar hitam dan putih. Meskipun warna tersebut belum resmi diumumkan namun logo dan merchandise BLACKPINK identik dengan warna tersebut.

BLACKPINK saat ini telah berkarier bersama di industri hiburan selama 7 tahun dan sudah berkarya tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di mancanegara. Grup tersebut bahkan pernah tampil di festival musik terbesar yaitu Coachella.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.