Sukses

Gandeng ADB, Nusantara jadi Kota Pertama di Indonesia Susun Dokumen Penanganan Perubahan Iklim

Penyusunan dokumen Penanganan Perubahan Iklim dibantu oleh sejumlah organisasi dan institusi internasional, salah satunya Asian Development Bank (ADB).

Liputan6.com, Jakarta Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) akan meluncurkan sebuah dokumen tentang peja jalan menangani perubahan iklim.

Laporan berjudul Regional-Locally Determined Contribution (RLDC) : Nusantara Roadmap to Achieve Net Zero ini nantinya akan diluncurkan dalam kepesertaan OIKN di pergelaran COP28 di Uni Emirat Arab pada Desember mendatang.

Penyusunan dokumen ini dibantu oleh sejumlah organisasi dan institusi internasional, salah satunya Asian Development Bank (ADB).

“Asian Development Bank (ADB) sejak awal pembentukan IKN Nusantara sudah mengulurkan tangan khususnya pembuatan RLDC. Institusi ini membantu kami baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkap Ketua OIKN, Bambang Susantono dalam konferensi pers pada Jumat (24/11/2023).

“(dalam laporan ini dibahas) adaptasi, mitigasi, climate proofing, dan lain sebagainya,” katanya.

OIKN mengungkapkan, Nusantara menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki dokumen RLDC.

“Saya kira ini merupakan tonggak yang penting, cukup sejarah, tidak hanya bagi Nusantara tetapi juga Indonesia, bahwa dalam hal perubahan iklim bagaimana kita nanti akan mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul,” beber Bambang.

Bambang lebih lanjut mengatakan, laporan ini diharapkan agar Nusantara tidak hanya memberikan model di Indonesia tetapi juga memberikan kontribusi kepada dunia dalam aksi global terhadap perubahan iklim.

Target Iklim IKN Untuk 2045

Selain itu, Bambang juga mengungkapkan bahwa IKN telah menetapkan target pencapaian emisi bersih atau net zero di tahun 2045.

“Ini sejalan dengan target emisi nasional,” katanya.

“Kita juga ingin membalikkan tren-tren yang kurang baik sebelumnya, seperti deforestasi. Jadi dari deforestasi kita ingin melakukan reforestasi,” lanjut Bambang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

OIKN akan Luncurkan Laporan Peta Jalan Penanganan Perubahan Iklim di COP28

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) akan meluncurkan sebuah dokumen tentang peja jalan menangani perubahan iklim.

Ketua Otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan, laporan berjudul RLDC: Nusantara Roadmap to Achieve Net Zero ini nantinya akan diluncurkan dalam kepesertaan OIKN di pergelaran COP28 di Uni Emirat Arab pada Desember mendatang.

“Ini (COP28) adalah salah satu rangkaian di mana Otorita Ibu Kota Nusantara akan meluncurkan dokumen cetak biru dan juga roadmap untuk bagaimana kita menangani hal-hal yang berhubungan dengan perubahan iklim,” ungkap Bambang dalam konferensi pers pada Jumat (24/11/2023).

“(dalam laporan ini dibahas) adaptasi, mitigasi, climate proofing, dan lain sebagainya,” bebernya.

Selain itu, Bambang juga mengungkapkan bahwa IKN telah menetapkan target pencapaian emisi bersih atau net zero di tahun 2045. “Ini sejalan dengan target emisi nasional,” katanya.

“Kita juga ingin membalikkan tren-tren yang kurang baik sebelumnya, seperti deforestasi. Jadi dari deforestasi kita ingin melakukan reforestasi,” lanjut Bambang.

 

3 dari 3 halaman

5 Karakter

Bambang pun membeberkan 5 karakter IKN sebagai kota masa depan. Karakter pertama adalah green, yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Karakter kedua adalah smart, di mana IKN nantinya akan dipenuhi oleh berbagai teknologi digital untuk mendukung aktivitas masyarakat yang lebih efisien.

Ketiga, adalah resilient, bagaimana IKN memiliki ketahanan terhadap guncangan, dari sisi finansial, ekonomi, dan perubahan iklim.

Karakter keempat, adalah sustainable (berkelanjutan). “Saya juga ingin menggaribawahi iklusifitas, karena kota ini (IKN) untuk semua lapisan masyarakat dan stakeholder di mana kota ini merupakan suatu ekosistem yang menyeluruh,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini