Sukses

Pak Bas Jamin Istana Presiden di IKN 100 Persen Pakai Produk Lokal

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) mendahului produk dalam negeri

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) mendahului produk dalam negeri. Bahkan dia menjamin seluruh interiornya menggunakan produk dalam negeri.

Basuki mengatakan langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan serapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Istana presiden, kantor presiden 100 persen interiornya akan gunakan produk dalam negeri," ujarnya dalam Malam Penggargaan Konstruksi Indonesia 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Basuki mengatakan, dia berada pada posisi pengawas lapangan pembangunan Istana Presiden di IKN. Dia pun turut merinci sejumlah produk yang didapat dari berbagai daerah di Indonesia.

"Lampu-lampu didesain khusus di Lombok, handle-handle-nya, pintunya, semua didesain khusus, semua diharapkan TKDN. Tegel kunci (ubin) dari Jogja dan didesain sendiri," paparnya.

"Semua diushakana produk dalam negeri saya sekali lagi sampaikan ke penyedia jasa konstruksi dan PU untuk desain, upayakan semua produk dalam negeri," sambung Menteri PUPR.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

85 Paket Konstruksi Pembangunan IKN

Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencatat ada 85 paket konstruksi di IKN tahun ini. Hampir separuhnya tercatat menggunakan konsep yang lebih efisien.

Ketua Bidang Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN, Tri Sasongko Widianto mengatakan 85 paket konstruksi itu dibagi dalam 2 kelompok. Yakni, yang terkontrak sebelum Maret 2023, dan yang terkontrak setelah Maret 2023.

Tri mengatakan, pengerjaan konstruksi itu dibagi dalam 2 jenis. Yakni, kontrak desain bangunan yang terpisah dengan kontrak pengerjaan atau konstruksi konvensional. Serta konsep design and build yang menggabungkan kontrak desain bangunan dan pengerjaaan.

"Kalau kita lihat, untuk batch 1 pekerjaan konstruksi ini yang konvensional ini ada 27 paket dan design and build-nya sebanyak 13. Kemudian untuk Batch 2 yang kontrak sesudah Maret 2023 untuk yang konvensionalnya sebanyak 26 dan design and build-nya sebanyak 19," urainya dalam Seminar Konstruksi Indonesia 2023, di JIExpo Jakarta, Kamis (2/11/2023).

 

3 dari 3 halaman

Rincian

Dengan begitu, ada sekitar 53 konstruksi dengan konsep konvensional. Serta ada 32 paket pengerjaan bangunan dengan konsep design and build.

"Jadi bapak ibu ini ada 32 paket design and build dari total 85 paket yang kita kerjakan di IKN ini adalah design and build, jadi hampir separuhnya," kata Tri.

Dia merinci, konsep yang dinilai bisa jadi langkah efisiensi ini diterapkan pada pembangunan Istana Presiden dan lapangan upacara, Gedung kantor Presiden, Gedung dan Kawasan Kementerian Koordinator 1-3, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1-3. "Kemudian pengolahan sampah dan WTP atau IPA 300 liter per detik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini