Sukses

Pelamar Tembus 2,4 Juta, CPNS 2023 dan PPPK Dijamin Tak Ada Titip Menitip

Menpan RB Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi CPNS 2023 dan PPPK ini sangat transparan dan tidak memungkinkan adanya celah kecurangan.

Liputan6.com, Jakarta Usai pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) ditutup, total pelamar mencapai lebih dari 2,4 juta atau tepatnya 2.409.882 pelamar. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi CPNS 2023 dan PPPK ini sangat transparan dan tidak memungkinkan adanya celah kecurangan.

Seleksi ini tetap berbasis Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan sistem ini, nilai langsung terlihat di monitor yang berada di luar ruang seleksi CPNS 2023. Sehingga pengunjung atau pengantar peserta bisa langsung melihat nilainya.

"Kami memastikan seleksi ini tidak ada celah kecurangan, transparan, dan akuntabel. Penggunaan CAT ini salah satu bentuk digitalisasi seleksi calon ASN," ujar Anas, Selasa (17/10/2023).

Berdasarkan data BKN, sebanyak 945.404 peserta melamar melalui jalur calon pegawai negeri sipil, atau CPNS 2023. Sementara pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru mencapai 439.020 pelamar.

Pelamar PPPK Tenaga Kesehatan

Pelamar PPPK tenaga kesehatan pada seleksi tahun ini mencapai 388.145 orang. Sedangkan PPPK teknis sebanyak 637.313 pelamar.

Pendaftaran seleksi CASN 2023 telah ditutup pada 12 Oktober lalu. Peserta bisa melihat pengumuman hasil seleksi administrasi mulai 16 Oktober 2023 pada kanal resmi masing-masing instansi.

Pemerintah memberikan waktu masa sanggah hingga 23 Oktober 2023. Masa sanggah CPNS dan PPPK  ini bukan berarti peserta bisa melengkapi berkas, tetapi kesempatan untuk menyatakan bahwa berkas dan data sudah benar namun terlewat oleh verifikator instansi yang dilamar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Titip Menitip

Anas mengingatkan kepada seluruh pihak, seleksi CASN kini tidak lagi bisa ada titip menitip. Semua tahap dilaksanakan secara terbuka dan akuntabel. Anggapan bahwa menjadi ASN harus membayar sejumlah uang pun sudah tak lagi ada.

"Satu-satunya yang bisa meloloskan peserta adalah kemampuan masing-masing. Jika ada pihak yang berjanji bisa membantu kelulusan, sudah pasti itu adalah penipuan. Kalau ditemukan adanya indikasi kecurangan dari pihak mana pun, kami akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

"Kementerian PANRB menegaskan tidak terafiliasi dengan tempat pelatihan atau bimbingan belajar mana pun. Segala informasi mengrnai CASN, hanya bisa dilihat pada situs resmi dan media sosial Kementerian PANRB, BKN, serta instansi terkait lainnya," pungkas Anas.

3 dari 4 halaman

Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2023, Ini Link Cek dan Jadwal Masa Sanggah

Sejumlah kementerian mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS 2023, salah satunya yaitu Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Para pelamar CPNS Kemenkumham 2023 bisa mengecek hasil seleksi administrasi CPNS melalui link sscasn.bkn.go.id atau https://casn.kemenkumham.go.id/.

Sementara untuk jadwal masa sanggah CPNS 2023 berlangsung pada 19-21 Oktober 2023.

Sebagai informasi, pengumuman seleksi administrasi CPNS 2023 dan PPPK berlangsung mulai hari ini 16 Oktober 2023. Hal ini usai masa pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK usai beberapa hari lalu.

"Pengumuman seleksi administrasi CASN 2023 mulai hari ini 16 Oktober 2023," dikutip dari postingan BKN @bkngoidofficial.

Pengumuman seleksi administrasi CPNS 2023 dan PPPK bisa diakses melalui dua cara, yaitu

  • Akun SSCASN
  • Laman Pengumuman Instansi

Sedangkan hasil administrasi juga akan diikuti dengan masa sanggah dan jawab sanggah yang akan berlangsung hingga 23 Oktober. Terkait masa sanggah, pelamar akan diberikan kesempatan menyanggah selama tiga hari dan akan dijawab oleh masing-masing verifikator instansi melalui portal.

"Perlu diketahui juga kalau masa sanggah bukan kesempatan memperbaiki berkas atau data yang salah diinput oleh pelamar, tetapi kesempatan untuk menyatakan bahwa data yang diinput sudah benar tetapi ada yang terlewat oleh verifikator instansi mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen.

 

4 dari 4 halaman

Cara Cek Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2023 dan PPPK 2023

  • Berikut cara cek hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK:
  • Kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/
  • Klik 'Masuk'
  • Login akun menggunakan NIK dan Password yang telah digunakan untuk mendaftar.
  • Halaman akan memunculkan tampilan Resume Pendaftaran
  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus atau memenuhi syarat seleksi administrasi, akan muncul pemberitahuan "Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas" pada bagian bawah halaman .
  • Apabila peserta dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi, maka akan muncul pemberitahuan "Mohon Maaf. Anda tidak lolos tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar".
  • Selanjutnya pelamar akan diberi alasan mengapa tidak lolos seleksi administrasi.
  • Dokumen atau persyararatan yang membuat pelamar tidak lolos seleksi administrasi akan tertera keterangan "tidak memenuhi syarat (TMS)".
  • Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus, akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan sanggah terhadap hasil seleksi CPNS 2023 dan PPPK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.