Sukses

Mentan Syahrul Yasin Limpo Bakal ke Istana, Jokowi Malah Belum Tahu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya sudah mendapatkan informasi bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sudah berada di Indonesia sejak Rabu malam (4/10)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya sudah mendapatkan informasi bahwa Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo sudah berada di Indonesia sejak Rabu malam (4/10).

"Ya, saya diberi tahu tadi pagi dari Setneg," kata Jokowi usai menghadiri perayaan HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta, Kamis.

Soal kabar bahwa Syahrul Yasin Limpo akan menghadap dirinya pada Kamis siang di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jokowi mengaku belum menerima informasi tersebut. Dia lagi-lagi meminta wartawan untuk menanyakan langsung ke pihak Sekretariat Negara apakah ada jadwal pertemuan itu.

"Belum tahu, belum tahu. Belum tahu, belum tahu. Belum tahu. Tanyakan Setneg apakah diatur jamnya, (apakah) sudah diatur jamnya. Kalau saya belum, belum, belum (tahu)," kata Jokowi.

Jokowi pun kembali meminta awak media untuk tidak berandai-andai soal kabar bahwa Syahrul Yasin Limpo akan menghadap Jokowi untuk mengundurkan diri dari jabatan menteri.

"Jangan berandai-andai, dong," ujarnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo akan Menghadapi Jokowi

Sebelumnya, kuasa hukum Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah, mengatakan kliennya akan menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

"Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok (Kamis), Pak Mentan akan ke Istana menghadap Bapak Presiden (Jokowi)," kata Febri Diansyah di Jakarta, Rabu.

Febri mengatakan informasi itu setelah dirinya bertemu dengan kliennya, Syahrul Yasin Limpo, di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu malam. Syahrul berada di NasDem Tower dengan didampingi pengacaranya, Rabu malam, menghadap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Febri, yang merupakan mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, enggan menjawab pertanyaan wartawan apakah jadwal pertemuan Syahrul Yasin Limpo dan Jokowi terkait rencana pengunduran diri dari jabatan mentan. Febri memastikan Syahrul, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi di Kementan, akan menghadapi dan kooperatif dalam menjalani proses hukum di KPK.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mentan Syahrul Yasin Limpo: Pada Saatnya Saya Akan Beri Penjelasan

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih irit bicara. Ia memilih tidak berkomentar lebih lanjut di tengah isu penetapan tersangka dirinya atas kasus dugaan korupsi oleh KPK.

Saat ditemui usai pertemuan di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta Selatan, SYL hanya berucap akan menjelaskan semua masalah hukum ini pada waktu yang tepat.

"Pada saat saya akan beri penjelasan," kata SYL saat ditemui wartawan, Kamis (5/10).

Sebab, akui SYL, saat ini dirinya masih fokus untuk menyelesaikan segala urusannya. Meskipun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait urusan yang dimaksud.

"Saya akan menyelesaikan semua proses-prosesnya," kata SYL.

Sementara terkait kepergiannya usai melangsungkan pertemuan di Gedung Kementan, SYL pun enggan berkomentar. Termasuk rencananya yang akan datang ke Polda Metro Jaya, terkait kasus dugaan pemerasaan terhadap sopirnya oleh Pimpinan KPK.

3 dari 4 halaman

Bertemu Presiden

Pada hari ini, SYL telah diagendakan hendak menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Pertemuan itu diduga akan membahas dirinya selaku menteri atas kasus dugaan korupsi yang saat ditangani KPK.

"Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok Pak Mentan akan ke Istana menghadap bapak presiden," kata pengacara SYL, Febri Diansyah di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (4/10) kemarin malam.

Namun, Febri belum bisa menyampaikan apa kepentingan SYL menemui Jokowi di Istana. Pihak kuasa hukum masih mendapatkan informasi terbatas.

"Tadi yang disampaikan ke kami, besok akan menghadap ke presiden ke istana. Jadi itu yang baru kami konfirmasi dan kami sampaikan hari ini yang pasti tim hukum akan mendampingi dalam proses hukum berjalan yg ke depan di tahapan penyidikan," ujarnya.

Sementara, Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni mengaku belum tahu apakah Mentan SYL akan menyampaikan pengunduran diri kepada Jokowi. Ia hanya mendapatkan laporan dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh bahwa SYL akan menyampaikan sesuatu kepada Presiden Jokowi.

"I don't now. Tadi Babe (Surya Paloh) cuma bilang besok akan disampaikan secara langsung tapi belum tahu jam berapa."

4 dari 4 halaman

Terseret Kasus Korupsi

Perlu diketahui KPK kabarnya telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi, hal itu telah dibenarkan sumber Liputan6.com.

"Benar (SYL sudah tersangka)," ujar sumber dikutip Jumat (29/9).

Penetapan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka ini ramai usai tim penyidik KPK menggeledah rumah dinasnya dan kantornya. Setelah proses hukum ditingkatkan ke tahap penyidikan atas temuan unsur pidana.

Hanya saja KPK belum bersedia membeberkannya secara resmi. Pengumuman tersangka biasa dilakukan saat upaya paksa penangkapan dan penahanan.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.