Sukses

Miliarder Jeff Bezos Tunjuk Bos Amazon jadi CEO Blue Origin

Perusahaan pariwisata luar angkasa dan roket milik miliarder Jeff Bezos, mengganti CEO-nya dengan eksekutif lama Amazon.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan pariwisata luar angkasa dan roket milik miliarder Jeff Bezos, mengganti CEO-nya dengan eksekutif lama Amazon.

Dikutip dari CNN Business, Rabu (27/9/2023) CEO Blue Origin saat ini, Bob Smith – mantan eksekutif Honeywell yang mengambil alih peran tersebut pada tahun 2017 – akan mengundurkan diri dan digantikan oleh Dave Limp, wakil presiden senior perangkat dan layanan di Amazon.

Dalam pernyataannya, Blue Origin mengatakan bahwa Limp dikenal sebagai sosok “inovator yang terbukti dengan pola pikir yang mengutamakan pelanggan.

Dia memiliki pengalaman luas dalam industri teknologi tinggi dan mengembangkan organisasi yang sangat kompleks, termasuk bisnis satelit Amazon, Project Kuiper.

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa Smith telah memimpin transformasi Blue Origin dari “perusahaan yang berfokus pada penelitian dan pengembangan menjadi bisnis luar angkasa dengan banyak aspek yang mendekati USD 10 miliar dalam pesanan pelanggan dan lebih dari 10,000 karyawan.

Limp akan menjalankan tugasnya sebagai CEO Blue Origin mulai 4 Desember mendatang.

Namun, Smith akan tetap bertugas hingga 2 Januari untuk memastikan transisi yang lancar, demikian menurut keterangan perusahaan.

Blue Origin telah bekerja selama lebih dari satu dekade untuk mengembangkan roket dan pesawat ruang angkasa suborbital, yang disebut New Shepard, yang mampu membawa pelanggan berbayar dan eksperimen ilmiah ke luar angkasa.

Penerbangan luar angkasa berawak itu sukses membawa Bezos sebagai salah satu penumpangnya pada tahun 2021.

New Shepard telah menyelesaikan lima misi tambahan dengan orang-orang di dalamnya.

Namun pesawat luar angkasa tersebut belum kembali terbang sejak misi sains tanpa awak pada September 2022 berakhir dengan kegagalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biografi CEO Tesla Elon Musk, Latar Belakang hingga Daftar Perusahaan yang Dimilikinya

Elon Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ibunya, Maye Musk, adalah seorang ahli diet profesional dan model, yang tampil di kotak sereal Special K dan sampul majalah TIME. Maye Musk pada tahun lalu di usia 74 tahun masih tampil di sampul majalah Sport Illustrated edisi pakaian renang.

Maye dan ayah Musk, Errol, menikah selama hampir satu dekade sebelum akhirnya mereka memutuskan bercerai. Maye mengatakan dalam bukunya bahwa ia ingin mengakhiri pernikahannya lebih awal, tetapi Undang-Undang Perceraian, yang melegalkan penghentian pernikahan di Afrika Selatan, baru disahkan pada 1979.

Akhirnya pasangan ini bercerai pada tahun yang sama ketika undang-undang tersebut disahkan.

Memilih AyahSetelah orang tua mereka bercerai, Elon Musk yang berusia 9 tahun dan adik laki-lakinya, Kimbal, memutuskan untuk tinggal bersama ayah mereka. Baru setelah kepindahan itu dilakukan, hubungannya yang terkenal bermasalah dengan ayahnya mulai muncul.

"Itu bukan ide yang bagus," kata Elon Musk tentang kepindahannya dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

Pada tahun 1983 saat berusia 12 tahun, Elon Musk menjual sebuah game sederhana yang disebut "Blastar" ke sebuah majalah komputer seharga USD 500 atau kurang lebih Rp 7,6 juta, menurut laporan WaitButWhy dari jurnalis Tim Urban.

Musk menggambarkannya sebagai:

"permainan yang sepele ... tapi lebih baik dari Flappy Bird."

3 dari 4 halaman

Pendidikan

Dikutip dari Insider, Senin (11/9/2023), masa sekolah Elon Musk tidaklah mudah. Ia pernah dirawat di rumah sakit setelah dipukuli oleh para pengganggu. Para pengganggu itu melempar Musk ke bawah tangga dan memukulinya hingga pingsan, seperti yang dijelaskan dalam buku Ashlee Vance, "Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future."

Ayah Musk mengatakan kepada Insider bahwa insiden itu terjadi setelah Elon Musk membuat komentar yang sebenarnya tidak terlalu sensitif kepada teman sekelasnya.

CEO Tesla ini mengatakan bahwa ia tidak selalu merasa berada di gelombang yang sama dengan teman sekelasnya.

"Petunjuk sosial itu tidak intuitif," kata Musk dalam konferensi TED tahun lalu.

Pada 2021, miliarder ini mengatakan dalam penampilannya di "Saturday Night Live" bahwa ia mengidap sindrom Asperger.

Sering Bergadang

Musk mengatakan bahwa ia menghabiskan banyak waktu di masa kecilnya untuk membaca dan membuat kode hingga larut malam dan hal itu membuahkan hasil.

Pada usia 17 tahun, dia mengikuti tes bakat tingkat universitas untuk kemampuan pemrograman komputer. Para penguji menyuruhnya mengulang tes tersebut karena mereka belum pernah melihat nilai setinggi itu, kata ibunya dalam sebuah tweet.

Setelah lulus SMA, Elon Musk pindah ke Kanada bersama Maye ibunya, saudara perempuannya, Tosca, dan saudara laki-lakinya, Kimbal, dan menghabiskan dua tahun belajar di Queen's University di Kingston, Ontario, menurut pihak sekolah.

Dia kemudian menyelesaikan studinya di University of Pennsylvania, mendapatkan gelar di bidang fisika dan ekonomi.

 

4 dari 4 halaman

Eksperimen Wirausaha

Saat belajar di University of Pennsylvania, Musk dan seorang teman sekelasnya menyewakan sebuah rumah asrama dengan 10 kamar tidur dan mengubahnya menjadi klub malam. Langkah yang dilakukan Musk bersama Adeo Ressi ini merupakan salah satu eksperimen wirausaha pertamanya, demikian dilaporkan Vogue.

Setelah lulus, Musk pergi ke Universitas Stanford untuk belajar meraih gelar Ph.D.-nya. Namun, ia baru saja memulai program tersebut sebelum meninggalkannya. Dia menunda penerimaannya setelah hanya dua hari di California, memutuskan untuk menguji peruntungannya dalam ledakan dot-com yang baru saja terjadi. Dia tidak pernah kembali untuk menyelesaikan studinya di Stanford.

Pacar kuliah Musk, Jennifer Gwynne, kemudian melelang satu set foto Musk dari masa kuliahnya di University of Pennsylvania.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.